Sponsors Link

Aneka Jenis Bahan Dasi untuk Segala Acara

Sponsors Link

Saat ingin berpenampilan formal, kemeja berdasi lengkap dengan jasnya akan memberi kesan elegan dan dewasa pada pria. Tidak hanya itu, laki-laki bisa tampak lebih profesional sekaligus fashionable saat mengenakan dasi. Maka, tidak heran jika bagi seorang laki-laki, dasi merupakan must have item untuk bisa tampil keren dan profesional di segala kesempatan, terlepas jenis bahan untuk dasi apapun yang mereka gunakan. (Baca juga: Cara Memadukan Dasi dengan Kemeja Bermotif)

ads

Jika seorang laki-laki ingin mengenakan pakaian formal dan profesional, misalnya untuk menghadiri rapat penting, memakai dasi merupakan sebuah kewajiban. Penampilan ini akan sangat cocok dikenakan bersama jas. Selama bertahun-tahun, dasi merupakan item pokok untuk dikenakan bersama pakaian resmi atau formal. Seiring berjalannya waktu, kini dasi telah dibuat dengan berbagai model dan berasal dari bermacam-macam bahan. Penggunaan dasi pun saat ini tidak terbatas pada pakaian formal. Saat Anda ingin tampil sedikit santai pun, dasi bisa digunakan. Tentu dengan menyesuaikan model dan bahan dasi yang dikenakan.

Jenis Bahan untuk Dasi secara Umum

Sama halnya dengan pakaian yang dibuat dari berbagai jenis bahan, dasi juga bisa dibuat dari berbagai jenis bahan. Jika kamu tidak akan memakai pakaian berbahan satin untuk ke pantai, maka kamu pun tidak akan memakai dasi satin ke mall. Hal ini dikarenakan jenis bahan yang digunakan untuk membuat dasi akan memberi kesan tertentu pada penampilan Anda. Jenis bahan yang berbeda pada dasi akan menciptakan efek penampilan yang berbeda pula pada Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda bisa mengetahui dan memilih dasi seperti apa yang paling tepat untuk menemani Anda menghadiri acara penting Anda.

Berikut ini akan dibahas lengkap bahan-bahan dasi yang perlu Anda ketahui. Bahan-bahan inilah yang paling sering ditemukan di toko dasi dan paling sering dikenakan oleh para pria berdasi:

  1. Polyester

Bahan polyester adalah bahan sintetis yang memiliki bahan dasar petroleum. Bahan ini lebih murah dan tampilannya pun menyerupai sutera. Hal yang membedakannya dengan dasi dari sutera adalah dasi berbahan polyester akan terlihat sedikit kaku, tidak selembut dasi sutera. Namun, karena harganya yang lebih murah, tidak heran kini banyak dasi yang terbuat dari bahan ini.

Dasi berbahan polyester tergolong tidak akan menyerap air dan akan lebih mudah dibersihkan jika terkena noda, misalnya noda makanan ataupun minuman. Namun, dasi berbahan polyester tidak tahan terhadap suhu yang terlalu panas. Oleh karena itu, jika Anda memiliki dasi dengan material ini, sebaiknya Anda berhati-hati saat menyetrikanya. Jangan sampai dasi kesayanganmu rusak saat disetrika.

  1. Sutera/Silk

Bahan sutera merupakan bahan pakaian yang paling banyak digunakan oleh para produsen kain sepanjang sejarah. Jika dibandingkan dengan jenis kain berbahan natural lainnya, kain sutera merupakan bahan yang paling kuat dan nyaman untuk dikenakan.

Tentu saja, dasi berbahan sutera akan memiliki harga lebih mahal. Bahan ini sering dianggap sebagai bahan pakaian mewah. Bagaimana tidak, selain lembut dan tahan lama, bahan sutera tidak akan mudah kusut. Jika Anda mengenakan dasi berbahan sutera, Anda akan selalu tampak rapi dan profesional. (Baca juga: Cara Memilih Dasi agar Serasi dengan Kemeja)

Tidak hanya itu, bahan sutera atau silk ini akan memberi kesan mewah dan klasik pada penampilan Anda. Dasi berbahan silk akan sangat cocok saat Anda ingin berpenampilan elegan. Bahan silk memiliki tekstur kain yang halus dan lembut. Pakaian formal dengan dasi silk merupakan gaya pakaian yang timeless sehingga memiliki dasi dari bahan ini merupakan sebuah keharusan untuk Anda.

  1. Satin

Satin merupakan bahan dasi berikutnya yang cukup sering dikenakan oleh para pria. Bahan ini akan memberi kesan mengkilap atau glossy di salah satu sisinya, sementara sisi lainnya lebih matte. Satin akan sangat cocok untuk dikenakan bersama dengan jas karena kesan mengkilapnya akan menjauhkan dari kesan membosankan. Dasi dari bahan satin ini akan sangat cocok untuk dikenakan dalam segala acara formal.

  1. Wool

Bahan selanjutnya adalah wool. Dasi berbahan wool akan sangat cocok untuk dikenakan pada musim hujan. Hal ini dikarenakan dasi jenis ini akan memberi kesan hangat pada musim hujan yang dingin.  Namun, perlu diketahui bahwa ada dua jenis dasi wol yang berbeda, yaitu dasi berbahan woven wool dan wool rajut.

Dasi berbahan wool rajut cenderung lebih ‘jatuh’ sehingga sedikit sulit untuk dibentuk. Berbeda dengan dasi wool rajut, dasi berbahan woven wool lebih kaku dan tidak mudah berubah bentuk. Namun, dasi berbahan woven wool sebaiknya dihindari oleh seseorang yang berwajah lebar, karena dasi tersebut tebal dan akan memberi kesan wajah yang semakin lebar.

  1. Katun

Bahan dasi selanjutnya adalah katun. Dasi berbahan katun bersifat kasual dan akan cocok dikenakan sehari-hari karena bahannya yang ringan dan tidak panas. Dengan mengenakan dasi berbahan katun, Anda tidak akan tampak berlebihan dan menunjukkan jiwa Anda yang bebas dan terbuka.

Namun, dasi berbahan katun akan kurang baik ketika dikenakan karena bahannya yang mudah kusut dan menjadikan penampilan Anda tampak tidak rapi. Maka, jika ingin mengenakan dasi berbahan katun, bahan yang digunakan haruslah tebal agar mengurangi kusut.

Setelah mengetahui aneka jenis bahan untuk dasi di atas, kini Anda akan mengetahui sifat dari setiap bahan yang digunakan untuk dasi. Dengan hal ini, Anda pun akan lebih mudah untuk memilih dasi yang paling tepat dan nyaman untuk Anda gunakan. Tidak hanya pertimbangan harga, namun Anda juga harus mempertimbangkan impression dan kenyamanan saat mengenakan dasi tersebut.

Sponsors Link

Namun, apakah Anda masih bingung memilih dasi yang cocok untuk Anda gunakan di acara-acara tertentu? Tidak hanya model, warna dan motif dasi, bahan untuk dasi pun akan harus Anda sesuaikan dengan acara yang akan Anda hadiri.

Jenis Bahan untuk Dasi untuk Segala Kesempatan

Apakah Anda pernah pergi berbelanja dasi dan melihat label yang dijahitkan di bagian belakang dasi? Label dasi, seperti label lain yang dijahit di pakaian, biasanya akan memberi informasi mengenai komposisi bahan pembuatan dasi tersebut. Maka, jika selama ini Anda berpikir bahwa semua dasi adalah sama, atau beranggapan bahwa semua dasi terbuat dari sutera, maka lihat kembali koleksi dasi Anda. Periksa labelnya dan Anda akan terkejut menemukan bahwa dasi-dasi tersebut memiliki komposisi bahan yang beraneka ragam.

Jika bahan-bahan dasar untuk dasi sudah dibahas di atas, maka sekarang saatnya untuk membahas bahan untuk dasi berdasarkan penggunaannya. Artinya, di sini kita akan belajar bahan-bahan dasi apakah yang akan cocok untuk acara tertentu. Berikut pembahasannya:

  • Dasi untuk segala acara, segala musim

Untuk jenis pertama, kita akan membahas dasi yang tidak kenal musim. Artinya, dengan dasi ini Anda bisa tampil aksi kapan pun dan dasi yang Anda kenakan tidak akan tampak ‘salah’. Dalam hal ini, dasi yang paling cocok untuk disebut ‘tidak kenal musim’ adalah dasi sutera.

Dasi sutera yang telah dikenal lebih dari 5000 tahun ini tidak pernah berubah dan masih menjadi tren untuk dikenakan sebagai dasi. Untuk mendapat dasi dari bahan sutera, Anda mungkin perlu membayar lebih mahal. Bagaimana tidak, untuk membuat 1 dasi berbahan sutera, dibutuhkan kerja keras dari ribuan ulat sutera. Oleh karena itu, dasi ini mungkin tidak akan cocok jika Anda adalah seseorang yang penyayang binatang.

Kekurangan lainnya adalah dasi sutera akan sangat sulit untuk dibersihkan. Meski dasi sutera pasti akan membuat Anda menjadi penarik perhatian, sedikit saja noda menempel pada dasi sutera maka berakhirlah keindahan dasi sutera tersebut. Maka, tidak heran jika banyak orang hanya mengenakan dasi sutera untuk acara-acara yang sangat penting.

Jika Anda merasa membeli dasi sutera terlalu berlebihan dan jahat pada binatang, mungkin Anda perlu mencari alternatif bahan lainnya. Pada zaman sekarang, teknologi telah mampu membuat serat buatan yang lebih ‘ramah’ lingkungan. Bahkan telah ada serat buatan yang memiliki tekstur sangat mirip dengan sutera asli.

Maka, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada bahan polyester dan microfiber. Kedua bahan ini lebih murah, tersedia dalam banyak warna dan biasanya tidak akan mudah kusut. Lebih jauh lagi, bahan ini juga anti noda dan mudah dibersihkan. Untuk dasi berbahan polyester, biasanya lebih murah. Sayangnya, tampilannya pun lebih murah sehingga akan kurang bagus untuk dikenakan di acara yang sangat penting.

Jika Anda ingin mendapat dasi yang lebih berkualitas daripada polyester namun harga yang lebih murah dari sutera, pilihan terbaik mungkin jatuh pada bahan microfiber. Bahan microfiber yang berkualitas akan terlihat sangat mirip dengan bahan sutera, dengan harga kurang dari setengahnya. Menarik, bukan?

  • Dasi untuk cuaca panas

Di Indonesia yang memiliki iklim tropis, Anda akan sering dihadapkan pada cuaca yang terik dan udara yang panas. Di udara seperti ini Anda mungkin membutuhkan dasi yang nyaman dikenakan dan tidak menambah rasa panas di leher Anda. Sama seperti pakaian yang sejuk untuk dikenakan di musim panas, dasi pun juga tersedia untuk disesuaikan dengan cuaca yang ada.

Jenis bahan untuk dasi yang bisa Anda pilih untuk dikenakan saat cuaca panas adalah dasi berbahan linen dan katun. Dua jenis bahan dasi ini biasanya disediakan dengan berbagai warna pastel dan corak yang ‘ramai’ seperti kotak-kotak, garis-garis, hingga polkadot. Saat mengenakan dasi ini, pastikan Anda memadukannya dengan kemeja berbahan ringan dan sejuk. Jas pun harus disesuaikan yang berbahan sejuk dan nyaman. Misalnya, Anda memadukan dasi ini dengan jas berbahan linen atau katun dalam warna cerah.

Dasi jenis ini juga akan cocok untuk dikenakan dalam acara yang tidak terlalu formal, seperti kegiatan Anda sehari-hari di kantor. Bahan dasi dari linen atau katun memberi efek kasual dan santai sehingga cocok untuk Anda yang ingin mengenakan dasi di kantor tanpa terlihat terlalu serius.

Sponsors Link

  • Dasi untuk cuaca dingin

Tidak hanya cuaca panas, di Indonesia juga sering mengalami musim hujan yang membuat cuaca menjadi dingin dan lembab. Di cuaca yang cenderung dingin seperti ini, bahan dasi yang cocok untuk dikenakan adalah bahan wool atau bahan rajut/ tenunan lainnya. Pilihan dasi yang tersedia untuk cuaca dingin, seperti dari benang wool, cashmere, tweed atau perpaduan bahan wool lainnya akan tampak hangat di cuaca yang dingin.

Bahan wool mungkin akan sedikit terasa tidak nyaman untuk dikenakan. Namun, saat ini wool bisa dipadukan dengan sutera ataupun bahan sintetis lainnya, bahan wool akan menjadi lebih nyaman untuk dikenakan sehari-hari. Untuk memilih dasi berbahan wool, sebaiknya Anda memilih yang berukuran sedikit kecil dan tidak terlalu lebar, yaitu sekita 2,5 hingga 3 inch. Hal ini akan tampak lebih proporsional dan elegan untuk bahan wool yang tebal dan sedikit kaku. Dasi dengan bahan wool juga akan cocok untuk tampil klasik di acara formal maupun informal.

  • Dasi untuk tampil trendy dan beda

Selanjutnya adalah dasi yang mungkin ingin Anda pilih untuk dikenakan di saat-saat tertentu. Dasi ini mungkin tidak akan cocok untuk Anda kenakan di hari-hari biasa karena bahannya yang juga tidak biasa. Misalnya saja dasi berbahan kulit yang pernah menjadi tren pada awal tahun 80-an. Dasi jenis ini mungkin sekarang sudah bukan menjadi mode dan agak sulit ditemukan. (Baca juga: Tips Tampil Modis dengan Dasi Kupu-Kupu)

Tidak hanya dasi berbahan kulit, saat ini juga ada dasi yang terbuat dari bahan serat bamboo. Dasi berbahan serat bamboo ini akan terlihat dan terasa seperti dasi berbahan katun, namun lebih bersahabat dengan lingkungan dan lebih awet.

Jenis Bahan Dasi sesuai Kepribadian

Tidak hanya disesuaikan dengan acara dan suasana, ternyata jenis bahan dasi yang Anda kenakan bisa memberi gambaran tentang kepribadian Anda. Fungsi dasar dari memakai dasi tidak hanya untuk bisa tampil menarik dan profesional, namun juga untuk menonjolkan kepribadian Anda melalui dasi tersebut. Bukan hanya warna dan motifnya saja yang akan berbicara, bahan dari dasi itu sendiri pun akan bisa menggambarkan kepribadian dan karakter Anda. (Baca juga: Cara Memakai Dasi Segitiga)

Jika di masa lalu memilih dasi merupakan hal yang mudah, tidak demikian halnya di masa sekarang. Pada zaman dahulu, ketika dasi lebih banyak terbuat dari sutera dan polyester, maka kesimpulannya akan sangat mudah. Memakai dasi sutera akan menunjukkan Anda orang kaya, sementara memilih dasi polyester akan menunjukkan sebaliknya.

Namun, di zaman sekarang bahan dasi telah menjadi semakin bervariasi. Mulai dari bahan wool, rajutan, cashmere, linen hingga aneka jenis bahan sintetis. Tentu masing-masing akan memberi kesan yang berbeda bagi pemakainya.

Pada zaman sekarang, Anda akan dipandang sebagai seseorang yang elegan dan mementingkan kenyamanan ketika Anda memakai dasi berbahan sutera. Dasi sutera yang mahal dan lembut membuat Anda tampil sebagai pribadi yang berkelas dan memiliki selera tinggi.

Berbeda dengan dasi sutera, dasi berbahan polyester akan menunjukkan bahwa Anda lebih mementingkan fungsi dan berpikir praktis. Anda merupakan pribadi yang low profile dan tidak terlalu mementingkan penilaian orang lain. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih mudah berbaur dengan orang lain di sekitar Anda.

Lalu, bagaimana jika Anda lebih suka mengenakan dasi berbahan linen atau katun? Bahan linen dan katun yang kasual menunjukkan kepribadian Anda yang menyukai kebebasan. Anda suka menyampaikan pemikiran-pemikiran Anda kepada orang lain dan cenderung menyebarkan kegembiraan pada lingkungan di sekitar Anda. Maka, jika Anda lebih suka mengenakan dasi berbahan linen daripada dasi sutera, Anda tidak akan bisa terlalu lama bersikap serius dan jaim.

Tampil Percaya Diri dengan Dasi

Nah, setelah Anda mengetahui bahan dasi akan menggambarkan kepribadian Anda, apakah Anda telah siap tampil aksi dengan dasi pilihan Anda? Jika ya, maka jangan lupa untuk menyesuaikan kemeja dan jas yang Anda kenakan dengan bahan dasi yang Anda pilih. Anda perlu menyesuaikannya agar penampilan Anda secara keseluruhan tampak seimbang.

Misalnya, dasi berbahan wol yang tebal tentu akan tampak terlalu menonjol jika dipasangkan dengan kemeja berbahan tipis dan ringan. Atau, dasi berbahan katun tipis tentu akan kurang menonjol jika dipadukan dengan sweater rajut yang tebal. Lihat dan cek penampilan Anda di kaca untuk memastikan keseluruhan pakaian Anda, mulai dari kemeja, dasi, jas hingga celana memiliki proporsi yang pas dan tidak berebut perhatian.

Langkah berikutnya adalah memastikan Anda merasa nyaman dan percaya diri dengan dasi yang Anda kenakan. Bagaimanapun, kepercayaan diri adalah kunci dari penampilan yang keren. Seberapa keren dan mahal pakaian yang Anda kenakan, tidak akan ada artinya jika Anda tidak merasa nyaman dan percaya diri di dalamnya. (Baca juga: Tips Memilih Dasi untuk Pernikahan)

Kini Anda telah siap tampil keren dengan dasi pilihan Anda. Sukses, ya!

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 12th, February 2017 / 13:18 Oleh :
Kategori : Panduan