Sponsors Link

Aneka Arti dari Motif dan Corak Dasi Unik

Sponsors Link

Dasi merupakan salah satu aksesoris yang paling umum untuk dikenakan oleh para pria. Selain sebagai aksesoris, dasi juga bisa membantu agar penampilan seorang pria tampak semakin sempurna dan menarik. Dengan memakai dasi, kemeja dan setelan sehingga apa yang dipakai tidak akan terlihat terlalu polos.

ads

Biasanya, dasi dipakai oleh para pria bersama dengan kemeja serta jas. Seringkali dasi menjadi  aksesoris wajib saat seorang pria menghadiri acara yang sifatnya formal, seperti pertemuan bisnis, undangan pernikahan atau acara-acara penting lainnya. Meski begitu, juga banyak pria yang suka memakai dasi untuk penampilannya sehari-hari, apalagi jika memang dasi tersebut merupakan item wajib untuk pekerjaannya. Misalnya, jika seorang pria bekerja di perbankan, hotel atau tempat lain yang bersifat formal, maka dasi akan menjadi temannya sehari-hari.

Maka dari itu, tidak heran jika kamu wajib sekali mengetahui dasi seperti apa yang akan cocok dengan kepribadianmu. Tidak hanya itu, kamu juga harus bisa memilih dasi yang tepat untuk digunakan menghadiri acara-acara tertentu. Bagaimana tidak, dasi yang kamu pakailah yang akan menjadi item pertama yang akan diperhatikan oleh orang-orang di sekitarmu.

Lalu, apakah kamu termasuk orang yang dituntut untuk memakai dasi dalam kehidupan sehari-hari? Atau kamu sering dituntut untuk tampil bersama dasi saat menghadiri acara-acara tertentu? Jika demikian, maka kamu wajib menyimak pembahasan kali ini untuk menambah pengetahuanmu tentang arti dari motif dan corak dasi yang harus kamu ketahui.

Arti Warna Dasi

Mungkin selama ini kamu memperhatikan bahwa ada warna-warna atau corak tertentu yang cenderung sering muncul dalam pilihan dasimu. Kamu merasa memakai warna, corak atau motif tersebut merupakan pilihan yang paling tepat dan paling aman untukmu. Jika demikian, maka secara tidak sadar kamu sudah bisa mengetahui bahwa ada arti tertentu di balik pilihan motif dan corak dasi yang kamu pilih. Hanya saja kamu mungkin belum menyadarinya.

Ya, warna, motif dan corak yang ada pada pakaian, termasuk dasi, memiliki arti tersendiri. Warna dan motif tersebut bisa menggambarkan kepribadianmu, bahkan mood yang sedang kamu alami. oleh karena itu, memilih warna dan motif yang tepat adalah hal yang sangat penting, terutama saat kamu akan memilih dasi. Dasi yang akan menjadi central dari penampilanmu akan membantumu menonjolkan kepribadian hingga bisa menyampaikan pesan tertentu tanpa harus menyampaikannya secara lisan.

Salah satu pilihan dasi yang paling umum dipakai oleh para pria adalah dasi polos. Dasi polos tidak memiliki corak ataupun motif apapun, tapi tersedia dengan banyak sekali warna yang bisa kamu pilih. Warna-warna dasi tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan warna kemeja yang sedang kamu pakai saat itu. Namun, bukan tidak mungkin kamu menentukan terlebih dahulu warna dasi yang ingin kamu pakai baru kemudian kamu menyesuaikan warna kemeja yang cocok. Berikut ini beberapa makna dan arti dari warna dasi yang biasa kamu pakai:

  1. Dasi berwarna biru

Dasi berwarna biru merupakan warna dasi yang paling umum dan paling sering digunakan oleh para pria. Bagaimana tidak jika dasi warna biru merupakan dasi yang sangat netral dan cukup mudah untuk dipasangkan dengan warna kemeja apapun. Namun, tahukah kamu arti dari dasi berwarna biru yang sering kamu pakai itu?

Warna biru menunjukkan ketulusan hati, rasa tenang dan kesempurnaan. Tidak hanya itu, dasi warna biru juga bisa menggambarkan kejujuran, pekerja keras dan rasa rendah hati. Maka, dasi ini sangat cocok untuk kamu pakai saat ingin tampil tenang, berwibawa dan menonjolkan sisi kesederhanaanmu.

  1. Dasi berwarna merah

Warna merah merupakan warna yang sangat mencolok dan berani. Tidak heran jika tidak terlalu banyak orang yang memilih dasi berwarna merah di kegiatannya sehari-hari. Dasi berwarna merah menggambarkan keberanian, berani mengambil resiko dan kepercayaan diri yang tinggi. Hanya orang-orang kalangan tertentu yang berani dan percaya diri memakai dasi berwarna merah.

Jika kamu memperhatikan, kebanyakan para politisi akan memakai dasi berwarna merah. Hal ini menunjukkan dasi warna merah akan membawa pesan ‘berani’ dan bisa diandalkan. Dasi berwarna merah akan sangat menonjol dan membantu pemakainya memperoleh kepercayaan dari orang-orang di sekitarnya, sebagaimana dia mempercayai dirinya sendiri.

  1. Dasi berwarna jingga

Dasi berwarna jingga atau orange merupakan dasi yang sangat jarang dipakai oleh orang-orang. Warnanya yang cerah dan terlalu mencolok mungkin menjadi alasan mengapa tidak banyak orang menjadikan warna ini sebagai warna favorit. Namun, tahukah kamu bahwa warna jingga cenderung menggambarkan tanda bahaya? Selain itu, dasi berwarna jingga dianggap terlalu kasual dan tidak akan cocok dipakai bahkan untuk pergi ke kantor di hari biasa.

  1. Dasi berwarna hitam

Dasi warna hitam merupakan dasi yang paling basic dan harus dimiliki oleh semua pria. Dasi berwarna hitam bisa menjadi solusi mudah saat kamu tidak taahu harus memakai dasi warna apa. Meski dasi berwarna hitam dianggap sangat basic, tidak menarik, hingga erat berkaitan dengan suasana duka, dasi warna hitam juga bisa memberi kesan elegan.

Warna hitam pada dasi bisa memberi kesan misterius, anggun, dan simple. Kesan ini akan semakin kuat jika kamu memadukan dasi hitam tersebut dengan tuksedo hitam yang bersifat formal. Karena hal ini pula, dasi berwarna hitam masih menjadi dasi andalan oleh kebanyakan pria.

  1. Dasi berwarna abu-abu

Dasi berwarna abu-abu termasuk salah satu warna dasi yang cukup sering dipilih oleh banyak pria. Warna ini cukup netral dan mudah untuk dipadukan dengan aneka warna kemeja. Selain warna abu-abu biasa, warna abu-abu metalik juga sering menjadi favorit banyak orang.

Warna abu-abu menggambarkan ambisi dan keinginan yang kuat. Maka, jika kamu memakai dasi berwarna abu-abu, kamu bisa saja dianggap sedang fokus pada satu tujuan dan bertekad ingin mencapai tujuanmu tersebut. Oleh karena itu, dasi abu-abu ini mungkin akan cocok jika digunakan saat kamu menghadiri suatu negosiasi atau presentasi tertentu untuk menonjolkan tekadmu yang kuat.

  1. Dasi berwarna hijau

Dasi berwarna hijau membuat pemakainya tampak seperti seseorang yang pandai, berwawasan luas dan jujur. Namun, dasi berwarna hijau ini cukup jarang dipilih karena padu padannya yang tidak terlu dinamis sehingga tidak banyak orang yang memilih dasi berwarna hijau sebagai koleksi.

Apakah dari warna-warna di atas ada warna dasi yang paling sering kamu pakai? Pastikan pilihan warna dasi yang kamu pakai sesuai, ya, dengan karaktermu!

Sponsors Link

Arti Motif dan Corak Dasi

Tidak hanya dasi polos aneka warna, pilihan lainnya adalah dasi dengan motif dan corak yang bermacam-macam. Dasi bermotif ini mungkin akan lebih tricky dalam padu padannya. Kamu akan merasa lebih aman jika memadukan dasi bermotif dengan pakaian kemeja polos. Tentu saja cara ini akan membuat dasi bermotif yang kamu pakai tampak sangat menonjol.

Motif pada dasi mungkin akan tampak keren dan menarik. Namun, butuh keahlian khusus untuk bisa memadukannya. Akan lebih baik jika sebelumnya kamu juga mengetahui arti dari motif dan corak dasi yang kamu pakai. Dengan demikian tentu dasi yang kamu pakai akan tampak lebih efektif menonjolkan karakter dirimu.

  1. Dasi bermotif garis

Dasi bermotif garis akan memberi kesan fresh dan muda. Biasanya, seseorang yang gemar memakai dasi bermotif garis memiliki selera yag konservatif, rapi, ramah dan pandai menghibur. Maka, jika kamu memakai dasi dengan motif garis, besar kemungkinan kamu akan memberi kesan menyenangkan pada orang lain. Tentu saja, hal ini harus dibarengi dengan sifat yang baik dan menyenangkan juga, ya! Memakai dasi bergaris dengan wajah murung akan tetap tampak tidak menyenangkan, lho!

Tapi sisi buruknya, motif garis yang kaku pada dasi akan menggambarkan karakter yang monoton dan menyukai rutinitas. Maka, jika kamu sering memakai dasi bermotif garis, bisa jadi kamu dianggap sebagai seseorang yang membosankan.

  1. Dasi bermotif polkadot

Hampir sama dengan dasi bermotif garis, dasi bermotif polkadot juga memberi kesan muda pada penggunanya. Namun, berbeda dengan motif garis yang membosankan, motif poolkadot justru memberi kesan ceria dan playful. Motif ini sangat unik maka sangat jarang orang yang memakainya dalam keseharian. Seringkali kita melihat dasi bermotif polkadot ini digunakan oleh para pelawak, badut atau profesi menghibur lainnya, apalagi jika motif bulatan polkadotnya berukuran besar.

Namun, dengan ukuran polkadot yang sesuai dan padu padan kemeja yang cocok, dasi polkadot akan tampak sangat keren untuk dikenakan. Selain bisa menonjolkan sisi kepribadianmu yang percaya diri, dasi bermotif polkadot kecil akan bisa menimbulkan kesan profesional pada penampilanmu.

  1. Dasi bermotif gelombang

Motif lain yang sering terlihat pada dasi adalah motif gelombang. Motif ini menunjukkan kesan bebas dan rileks. Seseorang yang memakai dasi bermotif gelombang juga akan memberi kesan kreatif dan memiliki sifat yang dinamis atau mudah menyesuaikan diri.

Namun, kamu juga perlu hati-hati jika sering memakai dasi bermotif gelombang. Dasi bermotif gelombang juga bisa menggambarkan sifat yang sangat ambisius dan individual. Tentu hal ini akan kurang baik untuk kehidupan bersosial kamu.

  1. Dasi bermotif kotak

Dasi bermotif kotak merupakan dasi yang cukup unik dan eye catching saat digunakan. Kamu bisa memadukan dasi bermotif kotak ini dengan kemeja polos atau kemeja bermotif kecil yang tidak terlalu ramai.

Jika kamu sangat menyukai dasi bermotif kotak-kotak, maka bisa jadi kamu merupakan orang yang easy going dan menyukai perubahan. Tidak hanya itu, bisa jadi dasi bermotif kotak ini menunjukkan dirimu yang memiliki banyak kepribadian dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

  1. Dasi bermotif batik

Tidak hanya motif-motif konvensional di atas, ternyata ada juga lho motif dasi yang tergolong unik, yaitu dasi bermotif batik. Dasi bermotif batik ini mungkin cukup jarang untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, jika suatu hari kamu ingin tampil beda dan etnik, dasi bermotif batik mungkin bisa menjadi pilihan.

Mungkin tidak semua orang akan cocok dengan dasi bermotif batik. Dasi bermotif batik akan bisa memberi kesan tua dan kuno pada penampilanmu. Namun, dengan padu padan yang pas, bukan tidak mungkin juga kamu tampil aksi dengan dasi bermotif batik.

Sponsors Link

  1. Dasi bermotif symbol/logo

Saat ini sudah banyak beredar di pasaran dasi yang bermotif logo atau symbol merek pakaian. Dasi semacam ini sering dipakai oleh para eksekutif muda, lho!

Jika kamu termasuk orang yang menyukai dasi bermotif logo, bisa berarti kamu adalah seseorang yang melek fashion dan berani tampil beda! Kamu ingin tampil sophisticated dan mengikuti tren yang ada.

  1. Dasi Polos

Dari banyaknya motif dasi yang ada, apakah kamu masih nyaman memilih dasi polos tanpa motif? Dasi bermotif polos memang merupakan pilihan paling mudah dan bisa dipadukan dengan jenis kemeja apapun, baik kemeja bermotif maupun kemeja polos. Kamu hanya perlu memilih gradasi warna yang cocok dan, voila, penampilanmu akan tampak keren.

Namun, jika memang kamu lebih memilih untuk selalu memakai dasi polos, itu berarti kamu merupakan seseorang yang menyukai comfort zone dan tidak suka pada tantangan. Hal ini boleh saja jika dilakukan sekali-sekali, namun tidak ada salahnya jika di lain kesempatan kamu menantang dirimu sendiri untuk memakai dasi bermotif, bukan?

Tips Memilih Motif Dasi yang Cocok

Ternyata memilih motif dasi tidak hanya dilihat dari kecocokan corak dan kesan yang dibawa oleh corak itu saja, lho! Memilih motif dasi juga harus disesuaikan dengan bentuk tubuh pemakainya. Jika kamu tidak berhati-hati memilih motif, bukan tidak mungkin kamu akan ‘tenggelam’ dalam motif dasi tersebut, atau bahkan motifnya terlalu kecil dibanding tubuhmu. Berikut ini beberapa tips memilih motif dasi menurut ukuran tubuh:

  • Dasi bergaris miring akan cocok untuk dipakai oleh semua pria. Jika kamu tidak yakin apakah ukuran tubuhmu besar, kecil, tinggi, atau kurus, motif garis miring bisa menjadi pilihan.
  • Dasi bermotif kotak-kotak kecil akan lebih cocok jika dipakai olehmu yang berbadan besar.
  • Warna dasi yang kamu pakai, meski bercorak, akan lebih baik jika memiliki gradasi lebih gelap dibandingkan warna kemeja yang kamu pakai.
  • Warna utama motif dasi yang kamu pilih sebaiknya melengkapi dan serasi dengan warna kemeja yang kamu pakai
  • Sebaiknya kamu memilih motif dasi yang melengkapi kemeja yang kamu pakai. Misalnya jika kemeja yang kamu pakai sudah memiliki motif yang ramai dan tegas, sebaiknya kamu memilih dasi polos dan tidak bermotif. Cara ini akan menjaga dasi yang kamu pakai tetap menonjol dan terlihat di atas kemejamu yang bermotif. Jangan sampai motif dasi yang kamu pakai bertabrakan dengan motif kemeja yang kamu pakai.
  • Motif garis diagonal merupakan salah satu motif dasi yang tampak profesional. Maka, motif ini akan sangat cocok untuk kamu pakai saat menghadiri acara penting seperti meeting, presentasi atau acara penting lainnya. Ada baiknya jika kamu memilih motif garis yang tipis dengan warna yang netral.
  • Motif polkadot kecil juga bisa menimbulka kesan profesional. Semakin kecil ukuran bulatan polkadotnya, semakin profesional pula kesan yang dimunculkan untuk penampilanmu.

Motif Unik pada Dasi

Tahukah kamu bahwa motif pada dasi ternyata tidak sebatas motif garis, polkadot atau motif-motif mainstream lainnya? Ternyata di luar sana ada juga motif unik yang sangat jarang ditemukan, lho! Bahkan untuk memakainya saja kamu mungkin akan berpikir dua kali. Motif apa saja, sih? Yuk, simak pembahasan berikut!

  1. Motif game tetris

Dasi TetrisMotif unik pertama adalah dasi bermotif game tetris. Bagi kamu penggemar game tetris yang sempat hit di zaman dulu, dasi bermotif game tetris ini mungkin bisa menjadi statement kamu saat ingin tampil berdasi. Bukan hanya unik, dasi ini pasti akan merebut perhatian orang-orang di sekitarmu. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan dasi ini? Walaupun mungkin tidak mudah ditemukan di toko-toko dasi biasa, kamu mungkin bisa memperolehnya di toko-toko online.

  1. Motif teka-teki silang

Dasi TTSTidak hanya motif game tetris, ternyata ada juga dasi dengan motif teka-teki silang. Tentu motif ini akan sangay eye catching, ya, ketika digunakan. Kamu bisa memadukan dasi ini dengan kemeja polos berwarna hitam untuk memastikan dasi ini menjadi center dari penampilanmu.

Tidak hanya membuat penampilanmu menjadi keren, ada kegunaan lain dari dasi ini. Kamu mungkin bisa mencoba memakai dasi ini dan saat sedang bosan kamu bisa mencoba mengisi kolom TTS di dasimu. Asyik, kan?

  1. Motif keyboard computer

Dasi KeyboardMotif dasi yang unik lainnya adalah dasi bermotif keyboard computer. Bagi kamu penggemar hal-hal yang berbau teknologi, mungkin wajib memiliki dasi motif ini sebagai koleksi. Selain unik, motif ini mungkin cukup ‘aman’ untuk dikenakan dan tidak terlalu mencolok. Hal ini dikarenakan perpaduan warna abu-abu dan putih yang masih cukup netral jika dipadukan dengan kemeja polos.

Maka, kamu pun bisa memakainya sekali-sekali untuk hang out atau pergi ke kantor. Dengan dasi ini, kamu bisa mendapatkan perhatian orang-orang di sekitarmu secara instan!

  1. Motif makanan

Dasi makananTidak hanya dasi untuk pecinta teknologi, untuk kamu pecinta kuliner juga wajib mengkoleksi dasi bermotif hotdog ini. Selain bisa menjadikan kamu sebagai pusat perhatian, dasi bermotif hotdog ini sangat unik dan akan menonjolkan sisi humoris dan percaya diri kamu.

Selain itu dasi-dasi yang bermotif unik ini masih jarang atau belum dipakai untuk menemani aktifitas kantoran. Jadi, apakah kamu sudah siap memakai dasi bermotif makanan? Dijamin bakal bikin teman-temanmu ngiler deh!

Nah, setelah pembahasan kali ini, apakah kamu sudah mengetahui dasi bermotif apa yang paling cocok dengan kepribadian kamu? Selamat bereksperimen, ya!

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 14th, July 2017 / 14:30 Oleh :
Kategori : Info Dasi