Sponsors Link

8 Cara Memadukan Dasi dengan Kemeja Ungu

Sponsors Link

Warna ungu termasuk salah satu warna yang cukup unik untuk dikenakan sebagai kemeja, terutama kemeja pria. Warnanya yang cukup cerah dan cenderung berani membuat tidak semua pria berani memakai kemeja yang berwarna ungu. Jika dibandingkan dengan warna-warna lain yang cenderung leih macho, seperti putih, hitam, atau biru, warna ungu cukup jarang untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan. Namun, tahukah kamu bahwa justru karena keunikannya inilah kamu bisa tampil maksimal dan menarik dengan kemeja ungu? Dengan aneka tips dan trik yang tepat, tentu saja!

ads

Kepribadian Penyuka Warna Ungu

Mungkin kamu sering dengar ocehan atau kepercayaan umum orang-orang bahwa warna ungu adalah warna janda. Mengapa demikian? Sebenarnya tidak ada alasan pasti mengapa warna ungu bisa identik dengan warna janda. Akan tetapi, alasan ini tentu saja cukup menciutkan nyali para pria untuk berani memakai kemeja berwarna ungu. Mereka tentu takut akan menjadi bahan ledekan oleh teman-teman di sekitarnya yang mengakaitkan warna ungu sebagai warna janda.

Warna ungu merupakan hasil perpaduan dari warna biru dan warna merah. Meski diidentikkan dengan konotasi yang kurang baik, ternyata warna ungu memiliki arti yang bagus, lho! Jika dilihat dari sisi psikologis warna, warna ungu memiliki arti yang bagus, seperti kesejukan, kemewahan, ambisi, spiritualitas, dan lain-lain. Meski begitu, di balik arti-arti yang bagus tersebut, ada juga arti yang kurang baik dari warna ungu. Arti-arti negatif yang dimiliki warna ungu diantaranya adalah kegaiban dan kemurungan.

Dengan sedikit penggambaran arti warna di atas, mungkin kita bertanya-tanya apakah benar jika warna tertentu bisa menggambarkan kepribadian seseorang? Khususnya untuk warna ungu, berikut ini beberapa karakteristik kepribadian yang digambarkan oleh warna ungu:

  • Sensitif dan penyayang – sifat ini dipercaya dimiliki oleh kamu yang menyukai warna ungu. Kamu cenderung mudah tersentuh dan merasa iba dengan keadaan orang lain. Ini mungkin berarti kamu memiliki rasa empati yang tinggi!
  • Pengertian dan supportive – kamu adalah tipikal orang yang mau mengerti orang lain. Kamu tidak mudah menghakimi dan selalu berusaha untuk memahami alasan di balik sikap atau keputusan seseorang. Bahkan, kamu kerap mendukung orang lain menjalani apapun yang menjadi pilihan hati mereka, terlepas kamu berpendapat sama atau tidak.
  • Cinta damai – kamu tidak menyukai keributan dan lebih suka mengalah demi ketenangan bersama.
  • Introvert – kamu kurang suka mengungkapkan apa yang kamu rasa sehingga tidak jarang orang-orang di sekitarmu menganggap kamu adalah orang yang pemalu.
  • Kreatif – kamu tidak suka sesuatu yang terlalu mainstream dan kuno karena kamu selalu ingin mengungkapkan kreativitasmu.
  • Memiliki spiritualitas yang tinggi – artinya kamu menganggap bahwa kehidupan spiritual atau rohani sama pentingnya dengan kehidupan duniawi atau jasmani. Maka, kamu cenderung taat dalam beragama untuk mencari ketenangan hidup.

Terlepas dari semua kepribadian yang baik di atas, ternyata ada juga lho sifat buruk yang biasanya dimiliki oleh penyuka warna ungu. Penasaran? Yuk, simak pembahasan singkat berikut!

  • Tidak menyukai tanggung jawab – mungkin karena kamu yang memiliki kreativitas tinggi dan menyukai kebebasan, maka kamu cenderung menghindari tanggung jawab. Hal ini membuatmu selalu menolak untuk menjadi pemimpin atau ketua di suatu kelompok.
  • Kesulitan menghadapi masalahmu sendiri – karena kamu terlalu mudah iba dan memikirkan orang lain, kamu cenderung kesulitan untuk mengambil langkah atau keputusan untuk dirimu sendiri.
  • Sulit fokus – kamu kesulitan dalam ber-multitasking karena kamu banyak memikirkan hal lain sehingga seringkali urusanmu sendiri berantakan dan membuatmu stress.

Nah, banyak juga ya arti dari warna ungu? Melihat arti warna ungu di atas, tidak ada satupun yang mengkaitkan dengan janda atau konotasi lainnya. Maka, kamu yang menyukai warna ungu, tidak perlu lagi merasa malu untuk memakai kemeja ungu.

Untuk itu, kamu bisa mulai memilih kemeja ungu yang cocok untuk kegiatanmu sehari-hari. Hal ini dikarenakan ternyata ada cukup banyak gradasi warna ungu yang mungkin hanya akan cocok dengan warna kulit tertentu.

Pilihan Gradasi Warna Ungu

Dalam teori warna, terdapat sebuah alat yang memudahkan kita untuk mengenal warna yaitu dengan color wheel atau roda warna. Dengan mengenalnya, maka kita bisa tahu bahwa warna-warna yang ada di dunia ini merupakan perpaduan dari warna dasar biru, kuning dan merah. Salah satu hasil perpaduan dari warna dasar tersebut adalah warna ungu, yang merupakan hasil perpaduan biru dan merah.

Tidak hanya warna dasar, percampuran warna turunan dengan warna hitam dan putih juga akan bisa menghasilkan warna yang lain. Sebenarnya bukan warna yang sepenuhnya berbeda, tapi hanya berbeda gradasi warna saja. Misalnya dengan mencampurkan warna dengan putih, maka akan menciptakan warna yang lebih muda atau pastel. Sebaliknya, dengan mencampurkan suatu warna dengan hitam, maka warna tersebut akan terlihat lebih gelap atau tua.

Demikian halnya dengan warna ungu. Terdapat banyak gradasi warna ungu, mulai dari warna ungu muda hingga ungu tua. Untuk itu, mari kenali gradasi warna ungu yang ada, yang mungkin akan membantumu memilih gradasi warna yang paling cocok dengan warna kulitmu.

Sponsors Link

  1. Warna ungu muda

Ungu MudaDi Indonesia, kita mungkin hanya mengenal warna ungu, ungu muda atau ungu tua. Padahal, ternyata ada banyak istilah warna ungu yang masing-masing memiliki gradasi warna yang berbeda.

Seperti gambar di samping, untuk kelompok warna ungu muda sendiri terdapat tujuh gradasi warna ungu. Warna ungu muda seperti ini cenderung sulit dikenali sebagai ungu dan seringkali orang-orang rancu dengan menyebutnya sebagai ungu muda atau merah muda. Memang, keduanya cukup mirip dan sering menimbulkan perdebatan. Namun ternyata, warna-warna ini masih termasuk warna dengan dasar ungu.

Warnanya yang cukup cerah, akan membuatmu menonjol dan bersemangat. Warna-warna cerah ini akan cukup cocok dipakai oleh kamu yang berkulit gelap agar terlihat lebih cerah. Namun, untuk warna Thistle dan warna Plum tampaknya agak terlalu pastel dan pucat untuk kulit gelapmu.

  1. Ungu medium

Ungu mediumUntuk kelompok warna ungu yang kedua adalah warna ungu yang cenderung mudah dikenali. Lima warna ungu ini cenderung tidak akan salah dipersepsikan oleh orang dan mayoritas orang akan menyebutnya ungu meski ada beberapa yang sedikit terlihat sebagai warna biru. Warna-warna ini cenderung agak gelap dan cukup cocok dikenakan oleh kamu yang memiliki warna kulit putih hingga sawo matang. Kelompok warna ungu ini memberikan kesan lebih menarik dan cerah untuk mereka yang berkulit putih bersih, karena warna ungu dalam kelompok ini lebih sedikit soft kecerahaannya dibandingkan kelompok ungu muda.

  1. Ungu tua

Ungu tuaSelanjutnya adalah kelompok warna ungu tua yang tidak ada keraguan bahwa ini adalah warna ungu. Warna Dark Magenta dan warna ungu termasuk warna ungu yang gelap. Warna ini akan lebih cocok untuk dipakai olehmu yang berkulit putih atau terang. Jika kulitmu gelap dan memaksa memakai warna ungu tua ini, maka kamu akan terlihat terlalu gelap dan ini tidak berdampak bagus pada penampilanmu.

  1. Ungu kebiruan

Ungu KebiruanKelompok warna keempat ini cenderung terlihat sebagai warna biru, padahal ternyata masuk ke dalam kelompok warna dasar ungu. Sebenarnya ini tidak mengherankan, karena warna ungu memang merupakan hasil perpaduan warna biru dan merah. Maka, dalam kasus ini mungkin komposisi warna birunya lebih banyak daripada warna merah, sehingga menghasilkan warna yang kebiruan.

Untuk warna Indigo yang agak gelap, akan sangat cocok untuk dikenakan olehmu yang berkulit putih. Sementara itu untuk warna Slate Blue dan Dark Slate Blue, cukup matching juga jika dipakai oleh kamu berkulit sawo matang ataupun gelap.

Paduan Dasi dengan Kemeja Ungu

Jika sebelumnya kita sudah membahas aneka gradasi warna kemeja ungu, maka kamu bisa mengetahui kemeja ungu seperti apa yang akan cocok dengan penampilanmu. Setelah kamu memilih kemeja yang kamu suka, sekarang saatnya kamu menentukan dasi seperti apa yang akan cocok dengan warna kemeja pilihanmu. Berikut ini akan dibahas lengkap cara memadukan dasi dengan kemeja ungu:

  1. Kemeja Ungu Lavender

Untuk warna dasar ungu yang pertama, yaitu warna lavender. Warna ini cenderung sangat muda dan nyaris biru muda agak putih. Dengan warna ini, maka kamu akan memiliki keuntungan berupa kemudahannya memadankan dengan dasi warna apapun.

Kemeja ungu lavender ini termasuk warna yang cukup netral dan warna mudanya akan membuat dasi warna apapun yang dipasangkan tampak menonjol. Akan lebih bagus jika kamu memilih dasi yang bermotif untuk warna ini supaya penampilanmu terlihat lebih stylish.

ads
  1. Kemeja Ungu Thistle dan Plum

Warna selanjutnya adalah warna ungu thistle dan plum. Dua warna ini termasuk warna ungu pucat dan cenderung pastel. Untuk itu, memadukan dasi berwarna lebih bold dan berani akan sangat cocok. Kamu bisa memilih warna ungu tua bahkan pink akan terlihat eye catching!

  1. Kemeja Ungu Violet dan Orchid

Kemeja yang berwarna ungu violet dan orchid masih termasuk ke dalam kemeja yang berwarna pastel dan lembut. Untuk itu, kamu memerlukan dasi yang berwarna menarik untuk membuat penampilanmu jauh dari kesan plain atau polos. Dasi berwarna silver metalik akan sangat memikat untuk penampilanmu dengan kemeja ungu violet dan orchid ini.

Namun, jika kamu ingin tampak lebih bold, paduan warna ungu muda ini dengan dasi biru tua ataupun abu-abu tua akan tampak oke. Jika bisa, pilihlah dasi dengan motif garis untuk membuatnya lebih menonjol dan keren.

  1. Kemeja Ungu Fuschia dan Magenta

Dua warna ini termasuk warna ungu yang cerah dan hampir sama dengan warna merah muda yang cerah. Warnanya yang cukup menonjol akan membutuhkan dasi yang lebih ‘kalem’ agar penampilanmu secara keseluruhan tampak lebih seimbang. Untuk itu, warna abu-abu muda, warna thistle, ataupun warna pink lembut akan bisa cooling down warna fuschia dan magenta yang cerah. Untuk gaya yang maksimal namun tetap simple, kamu bisa memilih dasi polos dengan bahan kain yang bertekstur untuk menimbulkan kesan elegan dan fashionable.

  1. Kemeja Ungu Medium Orchid dan Medium Purple

Warna medium orchid dan medium purple ini juga termasuk dua warna ungu pastel atau lembut. Warnanya yang cenderung lembut membutuhkan dasi yang lebih gelap untuk membuat paduan warna yang kontras. Maka, kamu bisa memadukan kemeja warna ini dengan dasi berwarna biru tua atau biru navy. Untuk tampilan yang lebih bervariasi, kamu bisa juga memilih dasi bermotif garis, kotak-kotak ataupun motif lainnya agar kamu mendapatkan penampilan yang lebih segar.

  1. Kemeja Ungu Blue Violet, Dark Violet dan Dark Orchid

Warna ungu ini adalah warna yang paling umum dikenakan sebagai warna kemeja para pria. Warna ungu yang agak gelap dan tidak terlalu pastel ini lebih tampak manly jika dibandingkan gradasi warna ungu yang sebelumnya dibahas. Untuk memasangkannya dengan dasi pun tidak terlalu sulit karena warnanya yang cenderung agak gelap akan membuatnya cocok dipadukan dengan dasi-asi berwarna muda.

Kamu bisa mencoba warna ungu muda, misalnya, sebagai paduan yang paling mudah dan aman. Warna pink muda atau pun abu-abu muda juga akan cocok dipadukan dengan warna dasi ini. Jika kamu bosan dengan warna itu-itu saja, sepertinya kamu juga bisa berkreasi dengan memadukan warna kemeja ini dengan dasi warna merah marun atau merah gelap. Meski sama-sama gelap, warna merah marun pada dasi akan tetap tampak menonjol dan cocok dipadukan dengan kemeja warna ungu tua ini.

  1. Kemeja Ungu Dark Magenta dan Ungu

Nah, dua warna ini termasuk gradasi warna yang gelap untuk warna dasar ungu. Kamu yang berkulit putih akan tampak sangat cocok dengan gradasi warna ini. Jika kamu memilih warna ungu yang sangat tua ini, kamu perlu dasi berwarna muda dan cerah sebagai pasangannya.

Warna abu muda, putih, pink mungkin akan menjadi pilihan yang cocok. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin memadukannya dengan dasi berwarna hitam untuk kesan lebih misterius. Namun, jika kamu memang memilih untuk memadukan warna ungu tua ini dengan dasi berwarna gelap juga, pastikan dasi tersebut memiliki motif yang cerah untuk membuat penampilanmu lebih sempurna.

  1. Kemeja Ungu Indigo, Slate Blue, dan Dark Slate Blue

Pilihan kemeja dengan warna ungu berikutnya adalah warna indigo, slate blue dan dark slate blue yang merupakan gradasi sedikit kebiruan. Untuk pilihan warna ini, kamu bisa memilih dasi berwarna biru muda ataupun abu-abu yang akan tampak sangat harmonis dengan warna kemeja yang kamu kenakan. Jika kamu ingin menciptakan kontras warna yang lebih berani, kamu juga bisa memasangkan dasi berwarna merah tua ataupun merah yang sangat gelap. Tidak hanya itu, kalau kamu ingin penampilan yang terkesan lebih fresh, warna jingga cerah tampaknya juga bisa kamu pilih sebagai padanan kemeja ungu yang kamu kenakan.

Sponsors Link

Dasi yang Harus Dimiliki untuk Pecinta Ungu

Setelah kita sudah membahas secara lengkap warna-warna dasi yang bisa dipadukan dengan kemeja warna ungu seperti di atas, maka kita bisa mengetahui dasi seperti apa saja yang akan cocok sebagai paduannya. Sebagai kesimpulan, untuk kamu pecinta warna ungu, berikut ini warna dasi yang wajib dimiliki untuk membuat penampilanmu tetap fresh dan tidak membosankan setiap harinya:

  • Dasi berwarna abu-abu – Dalam pembahasan di atas, tampak sekali ternyata dasi abu-abu bisa menjadi ‘senjata’ untuk kemeja berwarna ungu dengan gradasi apapun. Maka, sepertinya dasi berwarna abu-abu ini merupakan must have item untuk kamu pecinta warna ungu. Agar penampilanmu lebih stylish dan mencolok, dasi berwarna abu-abu silver dan berbahan kain satin maupun sutera bisa menjadi pilihan.
  • Dasi berwarna merah – Warna merah merupakan salah satu warna dasar yang membentuk warna ungu. Maka, tidak heran jika warna ini akan cukup cocok dipadukan dengan kemeja berwarna ungu. Dengan kamu memilih dasi berwarna merah sebagai padanan, tidak hanya dasi tersebut akan tampak kontras di atas kemejamu, tapi juga akan menimbulkan kesan elegan untuk penampilanmu secara keseluruhan.
  • Dasi merah muda – Dasi merah muda, apalagi merah muda lembut mungkin akan cukup jarang dijadikan pilihan oleh kamu yang ingin tampil macho. Tapi, siapa sangka jika warna merah muda ini akan cukup serasi dengan kemejamu yang berwarna ungu? Untuk menjauhkannya dari kesan feminine, kamu bisa memilih warna pink yang tidak terlalu lembut dan girly.
  • Dasi jingga cerah – Jingga atau warna orange merupakan warna segar yang akan memberimu penampilan baru secara instan. Warna jingga ini juga wajib untuk kamu miliki jika kamu menyukai kemeja berwarna ungu. Dasi berwarna jingga akan sangat cocok untuk kamu pasangkan dengan kemeja ungu tua maupun ungu kebiruan yang cenderung gelap. Tidak hanya akan tampak kontras, penampilanmu akan tampak lebih cerah di balutan kemeja ungu gelap yang kamu pakai.

Selamat mencoba, ya!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 29th, May 2017 / 14:56 Oleh :
Kategori : Panduan