Sponsors Link

15 Cara Memakai Scarf di Kepala

Sponsors Link

Scarf adalah selembar kain berbentuk persegi yang biasa digunakan sebagai aksesoris pakaian. Scarf tersedia ddalam berbagai warna dan motif. Bahannya pun bisa terbuat dari berbagai jenis serat kain, seperti katun, sifon, satin, atau bahan-bahan lainnya. Bagi wanita, scarf bisa menjadi aksesoris yang cukup mudah untuk digunakan dan dipadu-padankan. Bahkan, bagi banyak wanita muslim, scarf bisa menjadi hal wajib yang digunakan sebagai penutup kepala. (Baca juga: Dasi untuk Wanita Berhijab)

ads

Ya, scarf ternyata memiliki banyak fungsi. Tidak hanya bisa kamu gunakan di leher sebagai pengganti dasi, scarf juga bisa, lho, kamu pakai di kepala. Bagi para wanita muslim, scarf sering digunakan sebagai hijab atau kerudung. Tapi ternyata, untuk kamu yang bukan hijaber, scarf juga bisa kamu manfaatkan sebagai hiasan kepala dan membuatmu tampil gaya. (Baca juga: Perbedaan Scarf dan Syal)

Untuk kamu yang tertarik untuk mencoba bergaya dengan scarf di kepala, kali ini akan dibahas lengkap cara memakai scarf di kepala hingga tips dan trik lainnya agar kamu bisa tampil keren dan menarik. Sebelumnya, mungkin kamu perlu tahu terlebih dahulu scarf seperti apa yang cocok untuk dipakai di kepala.

Memilih Scarf untuk Kepala

Memilih bahan dan ukuran scarf yang tepat untuk dipakai di kepala merupakan hal yang sangat penting jika kamu tertarik memakai scarf di kepala. Selain akan memudahkan kamu saat memakainya, memilih ukuran dan bahan yang tepat akan membuat scarf terlihat lebih pas saat dipakai di kepala. Berikut ini akan dibahas beberapa cara saat kamu harus memilih scarf untuk dipakai di kepala.

  1. Pilih bahan yang menyerap keringat

Hal ini merupakan hal yang paling penting, karena bagian kepala termasuk bagian yang mudah berkeringat. Jika kamu memilih bahan scarf yang tidak menyerap keringat, kamu akan merasa tidak nyaman dan gerah sehingga scarf yang kamu pakai justru akan terasa mengganggu. Terlebih jika kamu memakai scarf sebagai hijab, memilih bahan yang menyerap keringat adalah sebuah keharusan. (Baca juga: Cara Menggunakan Scarf)

  1. Bahan yang halus dan lembut supaya nyaman

Scarf yang kamu pakai di kepala, jika kamu pakai sebagai aksesoris, akan banyak bergesekan dengan leher bagian belakang dan juga kulit di sekitar telinga. Maka, pilihlah bahan scarf yang halus dan lembut untuk meminimalisir gesekan yang menyebabkan iritasi kulit. Bahan yang halus dan lembut juga akan membuatmu merasa nyaman seharian bergaya dengan scarf di kepala. (Baca juga: Aneka Jenis Bahan Dasi)

  1. Scarf tipis lebih mudah dibentuk

Selain bahan yang lembut, scarf dengan material yang tipis akan lebih bagus untuk dipakai di kepala dibandingkan scarf berbahan tebal. Bahan yang tipis, selain lebih sejuk, juga akan lebih mudah dibentuk dan dilipat dengan berbagai model. Jika kamu memilih scarf yang berbahan tebal dan kaku, scarf akan cenderung sulit dibentuk dan sulit mengikuti bentuk kepala. Akibatnya, gaya scarf yang kamu pakai di kepala juga bisa kurang maksimal. (Baca juga: Cara Memakai Syal)

  1. Scarf berukuran kecil untuk gaya simple

Scarf tersedia dengan banyak ukuran, dari yang kecil sampai yang besar. Scarf berukuran kecil seringkali digunakan sebagai sapu tangan atau hiasan saku dan terkadang bisa diikatkan di pegangan tas atau pergelangan tangan sebagai hiasan. Scarf berukuran kecil ini juga lebih cocok jika kamu akan memakai hiasan kepala simple, misalnya mengikatnya sebagai pengganti bando. (Baca juga: Ukuran Dasi yang Ideal)

  1. Ukuran scarf medium untuk model yang sedikit rumit

Jika kamu ingin gaya yang lebih challenging sebagai hiasan kepalamu, maka kamu bisa memilih scarf berukuran medium. Kamu bisa lebih banyak berkreasi dengan aneka simpul dan ikatan dengan scarf berukuran medium. (Baca juga: Memadukan Scarf dengan Kemeja Pria)

Setelah kamu mengetahui beberapa tips memilih scarf yang tepat untuk dipakai di kepala, apakah kamu sudah siap untuk belajar cara memakai scarf di kepala? Yuk, kita simak bersama cara memakai scarf di kepala yang cukup mudah kamu coba dan bisa membuatmu tampil unik dan stylish setiap hari.

Cara Memakai Scarf di Kepala

Nah, kini saatnya kita mulai belajar aneka cara memakai scarf di kepala yang bisa membuatmu tampil gaya dan fashionable. Gaya ini bisa kamu pakai sehari-hari untuk jalan-jalan, ke kampus, hingga ke kantor. Kamu cukup menyesuaikan gaya scarf ini dengan tema berpakaian yang sedang kamu kenakan, apakah kasual, feminin, atau bold. Simak terus, ya!

  1. Twisted Turban

Twisted TurbanGaya ini akan terlihat sangat elegan dan cukup cocok untuk kamu pakai untuk ke kantor tanpa terlihat berlebihan. Gaya ini juga sangat mudah untuk kamu coba dan tidak terlalu banyak menyita waktumu. Maka, jika kamu tergolong orang yang malas berlama-lama menata rambut, gaya ini akan sangat cocok untukmu.

Baca juga:

Kamu cukup meletakkan scarf di belakang lehermu dan kedua ujung scarf tersebut di bagian depan. Lalu, bawa kedua ujungnya ke atas membungkus kepalamu dan silangkan keduanya satu sama lain. Bawa kembali kedua ujung scarf tersebut ke belakang, kembali ke belakang lehermu. Ikat kuat dan pastikan ikatan tersebut tidak mudah terlepas. Rapikan. Kamu bisa memadukan gaya memakai scarf satu ini dengan rambut yang dibiarkan terurai natural, atau kamu juga bisa menggelung rambutmu ke atas untuk gaya yang lebih formal.

  1. Bouffant Beauty

Bouffant BeautyUntuk gaya yang satu ini, mungkin lebih cocok jika kamu memakainya untuk acara yang lebih santai atau kasual. Mungkin tidak masalah jika kamu memakai gaya ini untuk ke kantor, namun besar kemungkinan kamu akan terlihat sedikit berlebihan. (Baca juga: Memadukan Dasi dengan Kemeja Kotak-Kotak)

Memakai scarf di kepala dengan gaya bouffant beauty akan lebih cantik jika kamu memilih scarf bermotif dengan bahan yang halus dan sedikit mengkilap, misalnya bahan sutera atau satin. Untuk membuatnya pun, kamu tinggal menggulung scarf agar menjadi panjang, dan ikatkan di kepala. Biarkan ujung scarf menjuntai natural di salah satu sisi kepalamu.

Sponsors Link

  1. Bold Style

Bold StyleGaya yang satu ini bisa dibilang merupakan perpaduan antara gaya twisted turban dan bouffant beauty. Jika gaya twisted turban menggunakan scarf berukuran medium, agar ujungny berakhir tepat di leher, untuk gaya bold style ini kamu akan memilih scarf dengan ukuran cukup besar hingga ada sisa scarf yang cukup untuk menjuntai di bahumu. (Baca juga: Cara Mengikat Syal menjadi Dasi)

Sama seperti membuat twisted turban, kamu cukup menyilangkan scarf di kepalamu dan mengikat kedua ujungnya di salah satu sisi bagian kepalamu. Biarkan ujung scarf menjuntai natural di bahumu. Gaya ini akan sangat cocok sebagai temanmu menghabiskan akhir pekan yang santai. Kamu pun tidak perlu membuat hair do yang rumit karena scarf yang kamu pakai bisa menutupi rambutmu yang berantakan.

  1. Retro Twist

Retro TwistJika kamu selalu mengikuti tren fashion dari waktu ke waktu, mungkin kamu menyadari bahwa tren fashion selalu berputar dan terkadang tren di masa lalu kembali hits di zaman sekarang. Misalnya saja gaya retro, yang sepertinya tidak pernah ‘mati’ dan sering kembali dipakai di zaman sekarang. Gaya ini retro juga bisa lho, kamu bawa dengan memakai scarf di kepala.

Caranya, kamu memilih scarf berukuran kecil namun cukup lebar untuk kamu ikatkan di kepala. Gulung scarf tersebut secara diagonal untuk membuatnya menjadi lebih panjang. Ikatkan di kepalamu dengan meletakkan ikatan di atas kepala sehingga ada sedikit sisa scarf yang terlihat di atas kepala. Kamu bisa memperkuat kesan retro dengan memilih scarf bermotif polkadot dan berwarna terang, seperti yang digunakan oleh Taylor Swift. (Baca juga: Arti dari Motif dan Corak Dasi)

  1. Embrace Texture

Embrace TextureKali ini kita akan mencoba gaya headscarf yang lebih rumit dariada gaya-gaya sebelumnya. Meski membuatnya cukup rumit, gaya ini akan sangat cocok jika kamu sedang mengalami bad hair day dan ingin menutupi sebagian besar rambutmu dengan tetap tampil gaya.

Kamu bisa melipat scarf menjadi segitiga dan letakkan bagian segitiga tersebut di belakang kepala. Pilin ujung scarf sambil kamu melingkarkannya ke sekitar kepalamu dari belakang dan bawa ke atas kepala untuk membuat simpul. Biarkan sedikit rambut keluar dari headscarf untuk menciptakan kesan natural membingkai wajah kamu. Maka, tertutup sudah masalah rambut lepek atau rambut berantakan seketika!

  1. Vintage Darling

Vintage DarlingVintage Darling mungkin merupakan pilihan jika kamu ingin tampak lebih tertutup dengan memakai scarf. Untuk membuat gaya ini, kamu akan memerlukan scarf dengan ukuran besar karena scarf ini akan kamu lingkarkan hampir menutupi seluruh kepala hingga lehermu.

Kamu bisa memulai membuat gaya ini dengan melipat scarf menjadi segitiga, lalu letakkan di atas kepalamu. Lingkarkan secara menyilang kedua ujung scarf tersebut ke belakang dan kembali ke depan lagi dan ikatkan di leher. Gaya ini akan cocok untuk kamu pakai saat cuaca sedang dingin atau hujan. Scarf yang menutup hingga leher akan membantu menghangatkan tubuhmu. Kamu pengguna hijab juga bisa menggunakan gaya ini, lho!

  1. Bohemian Style

BohemianGaya bohemian ini sekilas hampir mirip dengan gaya bold style yang dibahas sebelumnya. Satu hal yang menjadi kunci pembedanya adalah jenis scarf yang dipakai dan gaya rambut yang menyertainya. Kamu bisa memilih scarf dengan bahan tipis dan ukurannya panjang, dan padankan dengan gaya rambut terurai natural. Untuk mempertegas kesan bohemian yang kamu bawa, kamu bisa memilih scarf dengan motif floral dan berwarna cerah. Kamu pun tidak perlu melipat scarf dengan rapi dan biarkan scarf tersebut menjuntai alami di bahumu. (Baca juga: Cara Memadukan Dasi dengan Kemeja Bermotif)

Dengan gaya bohemian ini, selain terlihat santai, kamu juga akan mudah mengaplikasikannya. Gaya ini akan sangat cocok dipadukan dengan kaus atau blouse yang santai dan tidak terlalu formal.

  1. Bow Tie

Bow TieMemakai scarf dengan model pita atau bow tie mungkin tidak bisa dibawakan oleh semua orang. Kamu mungkin takut terlihat terlalu kekanak-kanakan, alih-alih feminin dan manis. Namun, sebenarnya kamu bisa memilih motif dan warna scarf yang tepat untuk bisa tampil cantik dengan scarf model bow tie.

Baca juga:

Headscarf dengan model pita bisa memberi kesan playful dan retro. Cara memakainya pun mudah, cukup lilitkan scarf di kepala dan sisakan ujungnya untuk membuat simpul pita. Pastikan kamu mengikatnya dengan rapi agar tidak terlihat berantakan. Kamu bisa menjadikan headscarf model pita atau bow tie ini sebagai bandana dengan rambut diurai atau meniru gaya Rihanna yang memadukannya dengan rambut digelung ikal. Selain itu, untuk menghindari kesan kekanakan, pilihlah scarf dengan motif dan warna yang simple. Sebagai tips, kamu bisa menyesuaikannya dengan warna make up yang sedang kamu gunakan.

Sponsors Link

  1. Classic Turban

Classic TurbanTidak banyak orang yang bisa percaya diri dengan gaya turban klasik. Gaya ini memang akan menarik semua mata ke arahmu, saking mencoloknya gaya turban klasik ini. Namun, dengan pemilihan scarf yang tepat dan paduan make up yang pas, kamu bisa tampil keren dan sophisticated dengan gaya turban klasik ini.

Cara memakai scarf di kepala dengan gaya turban klasik juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membungkus rambut dan kepalamu seperti saat kamu membungkus kepala dengan handuk setelah keramas. Jadi, kamu hanya perlu memastikan ukuran scarf yang kamu pakai cukup lebar agar panjang scarf bisa cukup untuk kamu selipkan di bagian leher belakang.

  1. Tied Up

Tied UpMemakai scarf di kepala ternyata tidak melulu membawa gaya feminin dan elegan. Kamu bisa memakai scarf di kepala dengan kesan boyish dan keren. Untuk membuatnya, kamu juga hanya perlu sebuah scarf berukuran kecil. Lipat menjadi segitiga scarf itu dan lipat sekali lagi supaya ukurannya tidak terlalu lebar. Lalu, ikatkan scarf di kepala dan buat simpul di atas kepala sebagai penegas aksen boyish dan elemen street style. (Baca juga: Warna Dasi Menunjukkan Karakter Pemakainya)

Gaya ini akan sangat cocok jika kamu memilih scarf berwarna terang dan bermotif bold. padukan dengan kemeja atau blazer yang juga berwarna bold dan kamu pun akan siap tampil aksi dengan scarf di kepalamu.

  1. Fountain

FountainGaya selanjutnya adalah fountain yang merupakan gaya memakai scarf di kepala sebagai bandana. Dengan gaya ini, kamu akan memberi kesan simple dan tetap manis karena tidak banyak untaian scarf yang terlihat. Sebelum memakai scarf gaya fountain ini, kamu harus mempersiapkan scarf yang cukup besar, lalu lipat menjadi segitiga. Lalu, lipat kembali ujung segitiga di bawah, tidak terlalu banyak, dan lanjutnya lipatan agar scarf menjadi panjang, namun tidak terlalu lebar.

Letakkan scarf di bagian bawah kepala lalu bawa kedua ujung scarf ke atas menutupi atas kepala. Buat simpul sebanyak dua kali untuk memastikan ikatannya cukup kuat. Setelah itu, masukkan kedua ujung scarf tersebut ke bawah scarf agar ujung scarf tidak menjuntai dan tersembunyi.

  1. Tuck and Cover

Tuck and CoverBagi kamu penggemar gaya feminin dan manis, gaya ini mungkin akan sangat cocok untukmu. Namun, untuk mendapatkan gaya Tuck and Cover, sepertinya kamu memerlukan rambut yang panjang karena gaya headscarf ini tidak hanya akan menjadi hiasan kepala, namun sekaligus mengikat rambutmu ke atas. Maka, kamu tidak perlu lagi membuat hair do tertentu sebagai paduan headscarf yang satu ini.

Pertama-tama, kamu perlu mengikat rambut panjangmu di ujung bawah untuk memastikannya muudah digulung dan tidak berantakan. Lalu, menggunakan scarf yang sudah digulung memanjang, gulung rambutmu dari bawah ke atas hingga leher dan bawa kedua ujung scarf ke atas untuk diikat.

  1. Tuck and Cover Half

Tuck and Cover HalfKalau kamu ingin memakai gaya Tuck and Cover tapi rambutmu tidak cukup panjang, kamu juga bisa mencoba gaya tuck and cover half yang tetap mengusung gaya manis dan feminin. Untuk membuatnya hampir sama dengan gaya Tuck and Cover, tetapi karena rambutmu tidak terlalu panjang, kamu bisa mengikatkan terlebih dahulu scarf di kepala lalu lilitkan sedikit demi sedikit sebagian dari rambutmu.

  1. Big High Bun

Cara memakai scarf di kepala yang satu ini mungkin merupakan cara yang paling simple dari semuanya. Di sini, kamu hanya akan menjadikan scarf sebagai hiasan dari rambut yang sudah kamu buat cepol atau gelungan. Kamu cukup lilitkan scarf di sekitar ikatan rambut untuk menutupi karet rambut biasa yang kamu pakai.

  1. Braid

BraidSelanjutnya kamu akan memakai scarf sebagai bagian dari rambutmu. Gaya ini akan memberi kesan manis dan cukup playful untuk kamu gunakan sehari-hari. Tidak hanya mudah, penampilanmu pun akan terlihat ‘beda’ dibandingkan dengan gaya rambut biasa yang kamu pakai. (Baca juga: Cara Memakai Dasi Segitiga)

Untuk itu, kamu cukup mengikat scarf di sebagian rambutmu. Lalu, saat kamu membuat kepangan di rambut, sertakan scarf tersebut ke dalam ikatan. Kepangan rambutmu yang biasa pun akan segera tampak beda dari biasanya.

Ternyata banyak juga, ya, cara memakai scarf di kepala yang bisa dicoba! Dari semua cara memakai scarf di kepala yang sudah dibahas di atas, kira-kira gaya mana yang paling menarik untukmu? Selamat mencoba, ya!

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 08th, October 2017 / 14:36 Oleh :
Kategori : Panduan