Sponsors Link

Cara Memakai Scarf Pramugari yang Elegan

Sponsors Link

Pramugari. Sebuah profesi yang mungkin didambakan oleh banyak wanita. Penampilan yang cantik dan menarik, elegan, hingga kesempatan untuk selalu traveling ke banyak destinasi. Seorang pramugari dituntut untuk tampil menarik di segala kesempatan, menjaga postur dan manner kapanpun dan dimanapun. Jika kita memperhatikan, para pramugari seringkali terlihat elegan dan rapi, bahkan setelah mereka melalui perjalanan panjang. Bagaimana bisa demikian? Salah satu rahasianya mungkin terletak pada pakaian seragam pramugari yang dibuat sedemikian rupa sehingga memberi kesan rapi setiap saat.

ads

Apakah kamu pernah memperhatikan item andalan para pramugari yang sering ditemui di banyak penerbangan? Ya, item tersebut ada scarf yang melingkar di lehernya. Terkadang scarf tersebut berbentuk seperti scarf pada umumnya dan di saat yang lain scarf tersebut berupa kerah pakaian seragam yang dibuat memanjang dan bisa dibentuk pita. Dua hal ini tidak berbeda karena pada akhirnya mereka akan terlihat cantik di leher pramugari dan menciptakan kesan elegan secara instan.

Scarf sebagai ‘Ciri Khas’ Pramugari

Jika kamu melihat foto-foto pramugari dari beragam maskapai penerbangan, kamu akan menemukan bahwa scarf memang menjadi item fashion yang banyak dipakai sebagai pelengkap pakaian seragam mereka. Hal ini ternyata memang sudah menjadi semacam ‘ciri khas’ para pramugari sejak zaman dahulu.

Pada awal mula dunia penerbangan, pilot mengenakan scarf berbahan katun yang berat untuk menjaga pernapasan mereka dari udara yang dikeluarkan knalpot mesin. Lalu, seiring berjalannya waktu, para pilot pesawat tempur mengadopsi gaya ini dengan memakai scarf berbahan sutera untuk menjaga leher agar tidak terluka, mengingat saat mereka bertempur mereka harus sering menoleh dan membuat leher mereka banyak bergesekan dengan kerah pakaian. Bahkan hingga saat ini, scarf masih banyak dipakai di dunia militer, seperti scarf yang dipakai oleh para sniper dan masih banyak lagi contoh penggunaan scarf di pakaian seragam yang lebih diperuntukkan sebagai tanda pengenal. Baca : Cara Memakai Scarf Pramuka

Kini, dunia penerbangan masih sering memanfaatkan scarf sebagai ciri khas mereka. Para pramugari yang cantik sering terlihat dengan scarf terikat di leher mereka. Jika kamu ingin tampil elegan dan terlihat profesional seperti pramugari, segera ambil selembar scarf dan ikatkan di lehermu. Dan, voila, kini kamu bisa meniru penampilan ala pramugari.

Ternyata, scarf yang dipakai oleh para pramugari tidak hanya berfungsi sebagai pemanis penampilan saja. Dengan pemilihan warna scarf yang tepat dan paduan make up yang pas, scarf bisa membantu pramugari untuk memperoleh perhatian para penumpang, khususnya pada saat pramugari sedang melakukan peragaan keselamatan.

Memilih Scarf yang Cocok

Untuk bisa tampil elegan dengan scarf seperti layaknya yang dipakai oleh para pramugari, tentu langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih scarf yang cocok. Kamu tidak bisa memilih scarf secara asal-asalan karena tentu saja akan mempengaruhi kesan yang akan dihasilkan oleh pemakaian scarf tersebut. Maka, kamu harus tahu terlebih dahulu scarf seperti apa sih yang cocok untuk mendapatkan penampilan cantik seperti pramugari. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba saat akan memilih scarf seperti pramugari:

  • Perhatikan bahan

Bahan scarf yang tersedia di pasaran sangat beragam. Ada scarf yang berbahan katun, wol, satin hingga bahan sutera. Setiap bahan tentu akan memberi kesan penampilan yang berbeda, karena masing-masing memiliki ketebalan yang berbeda pula. Tidak hanya itu, bahan scarf juga akan menentukan kenyamanan dirimu saat memakai scarf tersebut. Baca : Aneka Jenis Bahan Dasi

Jika kamu ingin memperoleh kesan penampilan yang chic, elegan dan menarik seperti seorang pramugari, sebaiknya kamu menjatuhkan pilihan kepada scarf sutera atau satin. Kedua bahan ini cenderung tipis dan ringan, serta memiliki sedikit kilau yang menimbulkan kesan ‘mahal’. Bahan sutera atau silk juga kuat akan kesan feminin dan manis, dengan tetap terlihat elegan sehingga sangat cocok untuk dipakai bergaya ala pramugari.

  • Pilih motif

Langkah kedua, kamu perlu memilih motif yang cocok untuk menonjolkan kesan elegan dan profesional. Sebaiknya kamu memilih scarf yang bermotif jika ingin tampil ala pramugari. Hal ini dikarenakan kamu ingin menjadikan scarf tersebut sebagai highlight penampilanmu secara keseluruhan.

Lalu, motif seperti apa yang cocok? Pada dasarnya, kamu bisa memilih scarf dengan motif apapun yang cukup eye catching jika dipadankan dengan pakaian yang kamu kenakan. Motif scarf yang memiliki komposisi warna bold mungkin akan lebih bagus untuk dipilih karena dengan paduan warna ini, scarf akan terlihat sangat menonjol dan menarik. Bukan berarti kamu tidak boleh memilih scarf polos tanpa motif. Kamu tetap bisa, kok, memilih scarf polos selama scarf tersebut memiliki warna bold atau cukup kontras dengan pakaian yang kamu kenakan. Baca : Cara Menggunakan Scarf untuk ke Kantor – Arti dari Motif dan Corak Dasi – Perbedaan Scarf dan Syal – Cara Memakai Scarf di Kepala

  • Ukuran menentukan kesan

Selanjutnya, kamu pun perlu memperhatikan ukuran scarf yang kamu pakai. Ukuran scarf yang terlalu panjang dan lebar mungkin akan kurang cocok jika kamu ingin tampil layaknya seorang pramugari. Scarf yang terlalu besar akan menutup terlalu banyak bagian atas tubuhmu dan terlihat kurang manis ataupun elegan. Selain itu, jika kamu ‘memaksa’ untuk melingkarkan scarf berukuran besar di leher, scarf akan terlihat terlalu bertumpuk dan akan justru membuatmu terlihat sedang tidak enak badan.

Sebaiknya kamu memilih scarf berukuran kecil, namun cukup panjang untuk bisa diikat di lehermu. Kamu juga bisa memilih scarf berukuran medium, dengan bahan yang tipis, untuk bisa mencoba kreasi simpul yang lebih beragam tanpa membuat lehermu terlalu ‘penuh’. Baca : Ukuran Dasi yang Ideal

Sponsors Link

Aneka Gaya Memakai Scarf Pramugari

Nah, setelah kamu berhasil memilih scarf yang tepat, kini kamu bisa memulai untuk mencoba memakai scarf ala pramugari. Cara memakai scarf pramugari tidaklah sulit. Kamu hanya membutuhkan scarf dan kepercayaan diri untuk memakainya. Apakah kamu siap untuk mencoba? Yuk, simak beberapa cara memakai scarf pramugari yang mudah untuk kamu coba berikut ini:

  1. Pan Am Neck Knot

Pan Am NeckGaya ini sangatlah mudah untuk kamu coba. Kamu hanya membutuhkan scarf berukuran segi empat kecil dengan motif cerah untuk menjadikannya cukup eye catching. Untuk menegaskan kesan feminin dengan gaya ini, kamu bisa memilih scarf berbahan satin atau sutera.

Langkah pertama, kamu cukup melipat scarf tersebut secara diagonal dan letakkan di lehermu dengan kedua ujung scarf berada di depan. Buat simpul dengan kedua ujung scarf tersebut sebanyak dua kali. Jangan terlalu kencang mengikatnya untuk menciptakan kesan sedikit menggembung dan bergaya.

  1. Double Wrap French Knot

Double Wrap FrenchGaya yang kedua ini tidak kalah nge-tren dibandingkan gaya sebelumnya jika kita berbicara gaya scarf yang dipakai oleh para pramugari. Kesan anggun, feminin dan profesional sudah jelas bisa didapatkan sekaligus dengan cara memakai scarf pramugari yang satu ini. Yang kamu butuhkan adalah scarf dengan ukuran medium berbahan silk atau sutera.

Pertama-tama, kamu harus melipat scarf segi empat tersebut menjadi bentuk tipis dan memanjang. Lalu, temukan bagian tengah scarf tersebut dan letakkan di bagian depan leher kamu sehingga kedua ujung scarf berada di punggung belakang. Bawa kedua ujung scarf di belakang it uke depan secara menyilang, sehingga kini kedua ujungnya berada di depan dada. Ikat kedua ujung scarf tersebut di salah satu sisi lehermu dan rapikan hingga kamu merasa nyaman.

  1. Simple Triangle

Simple TriangleBerikutnya adalah gaya yang tidak kalah mudah jika dibandingkan gaya-gaya sebelumnya. Kamu juga hanya membutuhkan selembar scarf berukuran kecil dan bermotif cerah. Kamu bisa memilih scarf berbahan satin untuk memperkuat kesan glamor dan menjadikan perhatian terpusat pada scarfmu. Baca : Cara Memakai Dasi Segitiga

Untuk membuat gaya ini, kamu cukup melipat scarf menjadi segitiga, lalu posisikan ujung bagian segitiga di depan leher. Ikat kedua ujung scarf di belakang leher. Gaya ini akan lebih cocok jika kamu padukan dengan kemeja berkerah dan kamu meletakkan scarf ini di bawah kerah kemejamu.

  1. Bow Tie Scarf

Bow Tie ScarfAgak berbeda dengan beberapa cara memakai scarf pramugari sebelumnya yang menggunakan scarf segi empat, kali ini kamu akan memilih scarf berukuran panjang namun tidak besar. Scarf ini akan sangat mudah untuk kamu ikat dan bentuk menjadi bentuk pita.

Kamu hanya perlu melingkarkan scarf tersebut di lehermu. Lalu pertemukan kedua ujung scarf tersebut dan ikat menjadi bentuk pita. Usahakan kamu mengikatnya dengan rapi karena ikatan inilah yang akan menjadi highlight di penampilanmu secara keseluruhan. Kamu bisa memilih scarf berwarna terang untuk membuat penampilanmu semakin mempesona.

  1. Pleated Bow Knot

Pleated Bow KnotJika kamu bosan dengan gaya scarf yang itu-itu saja, gaya yang satu ini juga bisa kamu coba lho! Namun, untuk mencobanya kamu tidak hanya membutuhkan sehelai scarf panjang, tapi juga sebuah ring scarf, yang disebut Horn Scarf Ring. Ring ini memiliki dua lubang yang akan membantumu membentuk ikatan scarf yang kamu inginkan. Baca : Tips Tampil Modis dengan Dasi Kupu-Kupu

Pertama-tama, lingkarkan scarf panjang di lehermu. Lalu, masukkan ke dua ujung-nya di masing-masing lubang ring. Buat simpul sederhana dengan kedua ujung scarf tersebut lalu sedikit gembungkan simpul yang terbuat untuk menonjolkan tekstur ikatan yang kamu buat.

  1. Classy Style

Classy StyleUntuk gaya yang satu ini, lagi-lagi kamu hanya akan membutuhkan scarf berukuran panjang dengan bahan yang tipis. Mengapa harus tipis? Karena kamu akan mengikatnya pas di lehermu, sehingga bahan yang tipis akan lebih mudah dan nyaman untuk kamu pakai. Baca : Cara Memakai Syal agar Terkesan Elegan

Pertama, kamu akan melipat scarfmu hingga dia tidak terlalu lebar dan cukup nyaman untuk kamu lingkarkan di leher. Pegang kedua sisi scarf tersebut dan bawalah menyilang melalui belakang lehermu. Bawa kembali kedua ujung scarf tersebut ke depan dan buatlah simpul sederhana. Silangkan kedua ujung scarf sekali lagi dan buat ikatan sederhana sekali atau dua kali di salah satu sisi lehermu.

  1. Side Bow

Side BowKali ini, kamu akan tampil dengan scarf ala pramugari, namun tetap terlihat effortless. Maka, kamu tidak perlu khawatir terlihat terlalu berlebihan jika memilih cara memakai scarf pramugari yang satu ini.

Caranya, cukup lipat scarf seperti yang kamu lakukan di gaya classy sebelumnya. Letakkan scarf tersebut agar melingkar di lehermu dan kedua ujungnya menjuntai di depan dada. Kemudian, buatlah ikatan sederhana dengan kedua ujungnya sekali saja. Ikat kembali dengan bentuk ikatan pita, namun biarkan salah satu ujungnya lepas seiring kamu mengencangkan ikatan tersebut.

Gaya ini akan cukup cocok untuk kamu padukan dengan kemeja, blazer ataupun cardigan. Kamu akan tetap terlihat elegan namun tidak berlebihan dengan gaya side bow ini.

Sponsors Link

Tips dan Trik Memakai Scarf Pramugari

Kalau kamu sudah mengetahu aneka cara memakai scarf ala pramugari, mungkin kamu bertanya-tanya apa yang membedakan cara memakai scarf pramugari dengan cara memakai scarf lainnya. Jika dipikir-pikir, terlihat seakan tidak ada yang spesial dengan cara memakai scarf pramugari ini. Lalu, apa ya yang membuat scarf pramugari terlihat spesial?

Tidak lain dan tidak bukan, yang membuat scarf pramugari terkesan spesial, adalah gayanya yang sangat minimal namun efek yang dibawanya begitu special. Para pramugari sangat pandai memadu-padankan gaya scarf sehingga tidak tampak berlebihan namun tetap elegan. Berikut ini akan dibahas beberapa tips dan trik lainnya untuk memaksimalkan tampilan scarf yang kamu pakai agar terlihat profesional seperti pramugari:

  • Pilih scarf yang sesuai – Telah dibahas sebelumnya tentang beberapa cara memilih scarf yang cocok untuk dipakai ala pramugari. Warna dan corak yang eye catching, bahan yang lembut dan glamour, tentu akan memberi kesan yang berbeda pada penampilan. Scarf yang sesuai akan menonjolkan keprofesionalan kamu dalam memilih scarf sesuai tema yang diinginkan. Dengan scarf yang sesuai pula, kamu bisa menjadikan scarf tersebut pusat dari gaya penampilan kamu saat itu.
  • Kombinasi warna – Perpaduan warna tentu sangat penting dalam memilih gaya berbusana. Jangan sampai kamu memilih warna scarf yang tidak cocok dengan warna kemeja atau pakaian yang kamu kenakan. Alih-alih terlihat cantik dan modis, kamu bisa terlihat seperti korban ‘tabrak lari’. Pilihlah perpaduan warna yang cukup mencolok, namun masih senada. Kamu bisa menggunakan ‘roda warna’ sebagai panduan jika kamu merasa kesulitan memilih kombinasi warna-warna yang cocok. Tidak hanya warna scarf dan pakaian, kamu juga harus jeli memilih corak scarf yang kamu pakai. Sedikit saran, scarf pramugari identik dengan corak yang berani dan sophisticated. Baca : Warna Dasi Menunjukkan Karakter Pemakainya – Warna Dasi yang Cocok untuk Kemeja Biru Tua – Cara Memadukan Scarf dengan Kemeja Pria
  • Less is more – Pramugari dituntut untuk selalu tampil elegan, namun tangkas dalam pekerjaannya. Tugasnya sebagai garda terdepan dalam pelayanan perjalanan udara menuntutnya untuk tampil siap setiap saat. Maka, gaya scarf yang ribet dan banyak menjuntai tampaknya tidak cocok untuk dipakai sebagai gaya ala pramugari. Jika kamu ingin memakai scarf pramugari, maka kamu pun harus memegang hal ini sebagai prinsip utama. Jangan memakai scarf yang terlalu panjang atau terlalu tebal. Scarf yang terlalu panjang dan terlalu tebal akan membuatnya menjuntai kemana-mana dan sulit untuk diikat rapi di leher. Pilihlah scarf yang kecil atau medium, dengan bahan yang tipis agar mudah kamu ikat di leher dan tidak terlalu bertumpuk. Cara ini juga akan membuatmu lebih nyaman memakai scarf seharian.
  • Make up yang minimalis – Tidak bisa kita pungkiri bahwa make up pramugari merupakan salah satu pusat dari penampilan mereka. Pramugari terlihat berwajah cerah dan selalu ‘on’ meskipun telah melalui jam kerja yang panjang. Maka, kamu pun harus meniru hal ini jika ingin memakai scarf ala pramugari. Meskipun scarf yang kamu pakai akan membantumu terlihat lebih elegan, kamu tetap harus memastikan wajahmu pun tidak kuyu dan lelah. Gunakan make up yang minimalis, tidak berlebihan namun segar. Make up yang berlebihan dan terlalu tebal akan terlalu mudah cakey dan rusak setelah beberapa jam. Sebaliknya, jika kamu memakai make up minimalis kamu tidak perlu terlalu khawatir make up yang kamu pakai luntur dan harus touch up terlalu sering.
  • Padukan dengan blazer atau pakaian pas badan – Hal lain yang kamu perhatikan pada pramugari adalah pakaian mereka yang rapi dan pas badan. Sangat jarang, jika hampir tidak pernah, kita temui pramugari dengan pakaian terlalu besar untuk badannya. Blazer atau pakaian yang pas badan akan membuat postur tubuhmu terlihat lebih jelas sehingga memaksamu menjaga postur tubuh lebih tegap. Baca : Mengkombinasikan Warna Jas, Kemeja dan Dasi

Kini, kamu sudah mengetahui aneka cara memakai scarf pramugari yang mudah untuk kamu coba. Tidak hanya itu, telah dibahas pula beberapa tips tambahan yang bisa mempertegas gaya scarf kamu agar tampak seperti pramugari profesional. Selamat mencoba, ya!

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Monday 06th, November 2017 / 14:27 Oleh :
Kategori : Panduan