Sponsors Link

8 Cara Memakai Syal agar Terkesan Elegan

Sponsors Link

Syal adalah salah satu fashion item yang cukup universal dan bisa dipakai oleh pria dan wanita. Syal juga bisa digunakan di acara apapun dengan cuaca apapun. Kita cukup memilih bahan dan ukuran syal yang sesuai agar cocok dengan acara yang kita hadiri sekaligus menjaga kenyamanan kita memakainya. Oleh karena itu, jangan heran kalau syal menjadi salah satu aksesoris yang banyak dipilih sebagai pelengkap busana.

ads

Di luar negeri, syal mungkin juga sangat berguna untuk membantu menghangatkan badan pada musim dingin. Namun, di Indonesia yang memiliki iklim tropis, syal lebih berfungsi sebagai aksesoris semata, meski terkadang juga bisa digunakan sebagai penghangat tubuh saat musim hujan. Lalu, apakah kamu merasa memakai syal hanya akan membuatmu terlihat sedang sakit flu? Eits, jangan khawatir dulu. Kamu bisa lho memakai syal dengan tetap tampil stylish dan keren.

Tips Memilih Syal di Cuaca Panas

Di Indonesia yang beriklim tropis, cuaca panas adalah cuaca yang mendominasi sehari-harinya. Ditambah kelembaban udara yang cukup tinggi, membuat kita lebih mudah merasa gerah dan berkeringat. Seringkali kita memilih untuk memakai pakaian berbahan kaos atau kemeja katun tipis untuk menjaga tubuh kita merasa sejuk. Tapi, apakah tidak bosan tampil dengan gaya itu-itu saja?

Kamu bisa lho tampil beda dengan memakai syal sebagai pelengkap kaos atau kemejamu. Tentu saja untuk tetap membuatmu nyaman, kamu perlu memilih syal dengan bahan yang sesuai untuk cuaca panas dan lembab seperti di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tips memilih syal yang cocok untuk dikenakan saat musim panas:

  1. Pilih bahan yang menyerap keringat

Hal yang paling pertama untuk kamu pertimbangkan adalah bahan dari syal itu sendiri. Bahan syal akan menentukan sifat syal, apakah untuk menghangatkan, menyerap keringat dan lain-lain. Untuk cuaca panas, tentu sangat disarankan untuk kamu memilih syal yang menyerap keringat. Bahan seperti ini akan membantumu merasa tetap sejuk dan nyaman saat menggunakan syal di cuaca yang panas. (Baca juga: Aneka Jenis Bahan Dasi)

  1. Syal yang tipis akan lebih nyaman

Tidak mungkin, bukan, kamu memakai syal berbahan wol tebal saat cuaca sedang panas? Cara ini hanya akan membuatmu banjir keringat dan terlihat salah kostum saat cuaca sedang panas. Maka, kamu dianjurkan untuk memilih syal dengan bahan yang tipis. Bahan syal yang tipis membantu jalannya sirkulasi udara ke kulitmu, sehingga kamu tidak akan merasa kepanasan memakainya. (Baca juga: Dasi untuk Wanita Berhijab)

  1. Pilih bahan yang halus dan ringan

Kain yang kasar, meskipun tipis, akan membuat kulit kamu merasa tidak nyaman. Apalagi saat cuaca sedang panas, kulitmu akan mengeluarkan keringat dan bahan kain yang kasar hanya akan membuat kulitmu lebih mudah iritasi akibat gesekan kain ke kulitmu. Oleh karena itu, pada saat cuaca sedang panas, sangat dianjurkan untuk kamu memilih pakaian dengan bahan yang halus dan ringan. Termasuk jika kamu memilih syal, pastikan syal yang akan kamu pakai terbuat dari kain yang halus sehingga tidak membuat kulit lehermu iritasi di tengah teriknya panas matahari.

  1. Gunakan syal berwarna cerah

Warna gelap dikenal menyerap cahaya dan menyerap panas. Maka, jika kamu memilih syal yang berwarna gelap, seperti hitam, abu-abu gelap atau biru dongker, kamu akan semakin merasa kepanasan karena syal tersebut menyerap panas matahari yang diterimanya. Syal berwarna gelap ini lebih cocok untuk digunakan saat cuaca sedang dingin.

Baca juga:

Sebaliknya, syal berwarna terang cenderung memantulkan panas yang diterimanya. Dengan demikian, kamu akan tetap merasa nyaman saat memakainya, sekaligus kulitmu terlindung dari sengatan matahari. Kamu pun bisa tampil lebih eye catching dengan syal berwarna cerah saat cuaca sedang terik. Multi fungsi, bukan?

Sponsors Link

Bahan Syal untuk Cuaca Panas

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa bahan yang menyerap keringat adalah bahan yang paling sesuai untuk digunakan untuk cuca panas, maka hal yang sama juga berlaku saat kita memilih bahan syal yang sesuai. Berikut ini adalah bahan syal yang paling cocok untuk digunakan saat cuaca sedang panas:

  • Bahan Katun – Kain katun adalah kain yang paling umum untuk dipilih dan dipakai saat cuaca sedang panas. Bahkan, menurut Rimzim Dadu, seorang fashion designer asal India, bahan katun merupakan bahan yang paling bagus sepanjang masa. Katun merupakan kain yang memiliki karakter lembut dan berpori-pori sehingga membuat kulit pemakainya lebih mudah ‘bernapas’. Kain katun terbuat dari buah tumbuhan kapas dan menjadi bahan yang paling banyak digunakan di industri tekstil.
  • Bahan Linen – Hampir sama dengan kain katun, kain linen juga membuat tubuh pemakainya merasa sejuk pada saat cuaca sedang panas. Bahkan, menurut Rimzim lagi, kain linen merupakan bahan yang idela untuk dikenakan saat musim panas atau cuaca sedang terik. Kain linen adalah bahan tekstil alami yang terbuat dari serat rami. Namun, ada kekurangan dari kain linen jika dibandingkan dengan kain katun. Kain linen lebih mudah kusut sehingga akan membuatmu tampak sedikit ‘berantakan’ jika dipakai sehari-hari.
  • Bahan Viscose – Bahan viscose adalah bahan yang terbuat dari serat selulosa. Di Amerika, bahan ini dikenal sebagai bahan rayon, yaitu bahan yang terbuat dari sutra buatan atau sintetis. Kain berbahan viscose cocok untuk dikenakan baik di musim panas maupun musim dingin. Namun, bahan viscose ini paling ideal untuk dipakai saat kelembaban udara tinggi, seperti udara di Indonesia pada umumnya.
  • Bahan Sutera – Selanjutnya adalah bahan sutera yang sangat ideal untuk dikenakan saat udara sedang panas. Bahan sutera terbuat dari serat alami yang berasal dari kepompong ulat sutera. Namun, untuk memastikan bahan sutera nyaman di cuaca panas, pilihlah bahan sutera yang paling ringan. Saran dari Rimzim Dadu, “Beberapa kain sutera seperti chiffon yang ringan bagus dipakai di malam hari, tapi hindari bahan sutera yang berat”. Oleh karena itu, pastikan kamu pun memilih syal berbahan sutera yang ringan, ya!
  • Bahan Jersey – Katun jersey juga merupakan pilihan yang tepat untuk dipakai saat cuaca sedang panas. Hal ini dikarenakan katun jersey terbuat dari wool yang mudah menyerap keringat dan sejuk di kulit. Namun, dengan kemajuan dunia industri tekstil, katun jersey saat ini terbuat dari campuran wol, katun dan bahan sintetis. Katun jersey ini lebih umum untuk dijadikan bahan pakaian, jadi mungkin kamu akan sangat jarang menemukan syal berbahan katun jersey, ya.

Cara Memakai Syal agar Terkesan Elegan

Jika kamu sudah tahu bahan-bahan apa saja yang paling cocok untuk dipakai saat cuaca panas, maka sudahkah kamu siap untuk tampil elegan dengan scarf? Asal kamu tahu saja, tampil elegan tidak melulu berbicara soal style atau gaya berpakaianmu, tapi juga dari kenyamanan yang kamu rasakan sehingga kamu bisa percaya diri dengan gaya yang kamu pilih. Nah, kini saatnya untuk mengetahui cara memakai syal agar terkesan elegan. Yuk, kita simak!

  1. Long Tie

Cara ini merupakan cara yang sangat mudah untuk memakai syal dengan tetap mempertahankan sisi feminine dan elegan kamu. Pilih syal dengan bahan tipis dan ringan, serta berukuran cukup panjang. Kamu cukup mengikatnya di lehermu dan biarkan syal tersebut menjuntai seperti dasi. Jangan lupa untuk menjaga agar ikatan syal di lehermu cukup longgar untuk menimbulkan kesan effortless. (Baca juga: Cara Mengikat Syal menjadi Dasi)

  1. Maddox style

Maddox1Gaya berikutnya adalah Maddox style, yang akan cocok untuk menggantikan jaketmu yang membosankan. Hal ini dikarenakan gaya Maddox ini cukup bisa melindungi bagian dadamu dari angin atau udara dingin. Kamu cukup melipat kain supaya menjadi bentuk segitiga, lalu letakkan bagian yang berbentuk segitiganya di bagian depan lehermu. Kemudian, tarik ke dua ujung kain ke belakang lalu silangkan dan letakkan di bahu depan. Kamu tidak perlu membuat simpul untuk gaya ini, cukup biarkan kedua ujung kain berada di kedua bahumu dengan bebas. Untuk model maddox ini kita dapat bebas berkreasi memadukan corak atau motif dan warna syal maupun corak dan warna pakaian.

  1. Napoleon style

Napoleon1Napoleon syle merupakan gaya yang cukup mudah dan eye catching yang bisa kamu coba untuk tampil elegan saat menggunakan syal. Kamu hanya membutuhkan syal yang cukup panjang dengan motif yang cerah dan menarik. Caranya, lipat kain menjadi bentuk segitiga lalu gulung memanjang sehingga syal akan berbentuk panjang serta mudah diikat. Kalungkan syal tersebut di lehermu dan ikat dengan simpul ganda di leher bagian samping. Buat simpul ganda tersebut tidak terlalu kencang. Kamu bisa memakai gaya ini untuk ke kantor ataupun saat menghadiri acara-acara lain yang lebih formal. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi memakai kalung atau aksesoris lain yang membosankan.

  1. Allure style

Allure1Tidak kalah cantik dengan gaya-gaya sebelumnya, memakai syal dengan gaya Allure ini akan membuatmu tampil anggun dan elegan, bahkan ketika kamu memakai kaos. Untuk membuatnya pun sangat mudah. Kamu cukup mengalungkan syal ke arah belakang lalu silangkan dan bawa kembali kedua ujung syal ke depan. Selanjutnya, kamu cukup merapikan bagian leher depan agar lebih longgar dan tidak terlalu erat mengikat lehermu. Kemudian pertemukan kedua ujung syal dan ikat pinggirannya sedikit dan atur syal tersebut agar terlihat lebih rapi. Allure style ini juga dapat dikreasikan dari syal yang bermotif atau bercorak untuk memberi kesan lebih hidup.

  1. Fake Knot

Fake-Knot-Scarf1Gaya selanjutnya adalah memakai syal dengan simpul palsu. Kamu hanya membutuhkan syal panjang dan tidak terlalu tebal untuk mencoba gaya ini. Caranya adalah letakkan syal di leher dengan kedua sisinya berada di bahumu, boleh sama panjang ataupun dengan salah satu sedikit lebih pendek. Lalu, buatlah simpul longgar di salah satu sisi syalmu. Bawa sisi lain syal dan masukkan ujungnya ke simpul longgar yang kamu buat sebelumnya di sisi lainnya. Tarik simpul tersebut ke atas untuk mengencangkannya. Sesuaikan kedua sisinya agar sama panjang dan kamu tinggal mengaturnya untuk membuat ikatan lebih nyaman. Dan, voila, tampilanmu pun jadi aksi dengan syal! (Baca juga: Memadukan Scarf dengan Kemeja Pria)

  1. Looper Style

looper1Gaya memakai syal yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk berdandan, namun tetap dapat tampil modis dan elegan. Caranya yang simple sangat mudah untuk kamu aplikasikan sehari-hari. Kamu cukup mengalungkan syal di bagian tengah lalu ikat kedua ujungnya. Kemudian, silangkan dan kalungkan ke arah belakang. Kamu pun siap untuk berangkat dan tampil elegan dengan syal looper style ini. Modelnya yang cukup sederhana juga akan cocok untuk kamu padukan dengan pakaian yang polos atau pakaian yang  tidak memiliki banyak motif. Atau bisa juga kreasikan ide mu dengan syal yang bermotif atau bercorak bintik kecil atau garis sehingga memberi kesan lebih ramping.

  1. France Style

france1Syal gaya Prancis ini akan membuat penampilanmu sangat manis dan elegan. Maka tidak heran jika gaya ini sering menjadi pilihan gaya syal yang dipakai para pramugari. Untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit. Kamu cukup melipat syal sedikit demi sedikit untuk membentuknya menjadi panjang dan tipis. Lalu, letakkan syal di depan lehermu dan gulung melingkari leher sehingga berujung di bagian bahu kanan atau kiri. Buat simpul tunggal lalu putar syal tersebut sehingga simpul berada di bagian depan leher.

Gaya ini akan sangat cocok untuk kamu padukan bersama coat, blazer ataupun jaket. Pastikan kamu memilih bahan scarf yang cukup tipis dan mudah dibentuk agar ikatan yang kamu buat tidak terlalu menumpuk dan memenuhi lehermu.

  1. Vest Shawl

vest1Siapa bilang kalau syal hanya bisa untuk gaya kasual dan santai? Kamu juga bisa memakai syal untuk acara-acara yang lebih formal, bahkan untuk menghadiri pesta sekalipun. Kamu hanya memerlukan syal dengan bahan sutera atau bahan yang sedikit mengkilap untuk menimbulkan kesan mewah. Sampirkan syal panjang menutupi bahu hingga lenganmu dan biarkan kedua ujungnya menjuntai di kedua sisi tubuhmu. Kamu bisa melengkapi dengan belt kecil dan simple untuk memastikan kedua ujung syal tetap berada di tempatnya, atau biarkan dia menjuntai bebas dan natural. Gaya ini akan tetap tampak cantik bahkan jika kamu memadukannya dengan dress tanpa lengan sekalipun.

Tips Lainnya untuk Tampil Elegan dengan Syal

Jika kamu sudah memilih gaya syal seperti apa yang ingin kamu pakai, mungkin kamu juga perlu mengetahui beberapa tips lainnya untuk tampil elegan dengan syal. Tips-tips ini juga akan membantumu untuk memadu padankan syal dengan aksesoris lainnya agar kesan elegan makin terpancar dari dirimu.

Sponsors Link

  • Pastikan syal cukup panjang – Tips pertama adalah pastikan syal yang kamu pilih cukup panjang. Hal ini akan membuatmu lebih mudah untuk berkreasi dengannya. Syal yang pendek akan membuat kamu lebih sulit membuat simpul dan menjadikan pilihan model yang lebih terbatas. Maka, syal yang panjang lebih menyediakan pilihan gaya yang lebih banyak atau bervariasi. Syal dengan ukuran 1 m x 0,5 m biasanya sudah cukup panjang dan ideal untuk digunakan berkreasi. (Baca juga: Ukuran Dasi yang Ideal)
  • Pakai di luar kaos atau kemeja – Letakkan syal di atas kaos atau kemeja. Jika syal berukuran kecil dan tipis, kamu bisa meletakkannya di bawah kerah kemeja. Namun, jika syal sedikit lebih lebar bisa kamu pakai bertumpuk menutupi kerah kemeja. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna dan motif syal yang kamu pilih dengan kemeja atau kaos yang kamu kenakan. Warna dan motif yang serasi akan menambah kesan harmonis dan anggun. (Baca juga: Arti dari Motif dan Corak Dasi)
  • Letakkan syal tepat di tengkuk – Pastikan kamu meletakkan syal yang kamu pakai tepat di tengkukmu atau satu inchi di atas kerah baju. Cara ini untuk memastikan syal terlihat longgar dan tidak terlalu mencekik lehermu. Jika kamu melakukan sebaliknya, bukan tidak mungkin kamu terlihat ‘tenggelam’ di dalam syal yang kamu pakai.
  • Keep it natural – Jangan memakai syal terlalu erat di leher. Biarkan lingkaran syal longgar di sekeliling lehermu. Jika kamu membuat simpul, jangan juga membuat simpul yang kaku atau sangat kuat. Buat sedikit loose untuk menciptakan kesan elegan. Semakin santai ikatan yang kamu buat, semakin elegan pula kesan yang kamu bawa. Tidak hanya itu, sebisa mungkin biarkan syal yang kamu pakai menjuntai di tubuhmu secara natural. Terkadang sesuatu yang minimal bisa memberi hasil yang maksimal, bukan?
  • Jas atau jaket bisa menambah kesan elegan – Kamu bisa menambah jas atau jaket di atas ataupun di bawah syal yang kamu pakai. Jaket kulit akan sangat cocok untuk kesan sophisticated dan elegan jika dipakai bersama syal. Memakai jas di luar syal dan membuat syal sedikit diselipkan di bawah jas juga menambah kesan formal dan elegan yang menarik. (Baca juga: Cara Memakai Dasi Segitiga)

Nah, kini kamu sudah tahu bukan aneka gaya memakai syal agar terkesan elegan? Tidak hanya itu, kamu sudah mempelajari juga beberapa tips tambahan dalam memakai syal untuk memastikan kamu tampil stylish dengan syal pilihanmu. Selamat mencoba, ya!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 26th, August 2017 / 15:39 Oleh :
Kategori : Tutorial