Sponsors Link

4 Cara Memilih Dasi agar Serasi dengan Kemeja Pria

Sponsors Link

Dasi dan kemeja, ditambah dengan setelan jas, mungkin memang merupakan pasangan yang pas. Ketiga item fashion tersebut akan bisa memberi kesan formal dan professional kepada pemakainya. Namun, jika diminta untuk memilih, inti dari gaya formal tersebut adalah kemeja dan dasi. Hal ini dikarenakan kemeja dan dasi tidak mungkin bisa dipisahkan, sementara jas masih mungkin untuk tidak dikenakan. Oleh karena itu, jika Anda ingin tampil gaya dengan setelan formal, prioritaskan pada pemilihan dasi dan kemeja yang Anda kenakan.

ads

Namun, sayangnya pria seringkali merasa kesulitan dalam memilih perpaduan yang cocok. Tidak jarang para pria memilih perpaduan warna dasi dan kemeja yang kurang pas sehingga penampilan pun menjadi kurang maksimal. Bahkan, bisa jadi penampilan Anda menjadi fashion disaster akibat salah memilih pasangan dasi dan kemeja.

Jadi, bagaimana supaya hal tersebut tidak terjadi? Yuk, simak terus pembahasan tentang cara memilih dasi agar serasi dengan kemeja berikut ini.

Kenali The Colour Wheel

Colour WheelColor Wheel atau bisa juga kita sebut sebagai roda atau lingkaran warna merupakan dasar untuk teori warna. Warna-warna yang ada pada pakaian, berasal dari roda warna tersebut dengan tambahan tint atau warna putih, serta hue untuk warna lebih gelap. Anda perlu memahami terlebih dahulu lingkaran warna ini untuk mengetahui warna apa yang terlihat enak di pandang dan warna mana yang terlalu membosankan, atau sebaliknya, terlalu mencolok.

Dengan mengetahui teori warna tersebut, Anda bisa mengaplikasikannya dalam memilih perpaduan warna untuk dasi dan kemeja Anda. Trik untuk memilih warna dasi dan kemeja tentu sangat bervariasi dan bergantung pada selera Anda. Tapi setidaknya, jika Anda telah memahami teori lingkaran warna, Anda bisa memilih warna yang bisa saling melengkapi, meski warna-warna tersebut tampak kontras satu sama lain.

Pemilihan warna dasi dan kemeja ini sangat penting untuk menunjang penampilan Anda. Jika Anda salah memilih paduan warna, tidak mustahil penampilan Anda tampak membosankan. Misalnya, Anda memasangkan kemeja cokelat gelap dengan dasi berwarna hitam. Atau sebaliknya, Anda menjadi konyol dan terlalu mencolok dengan kemeja biru elektrik dan dasi merah muda.

Jika Anda sudah mulai memahami tentang konsep teori lingkaran warna, mari kita mulai memilih pasangan dasi dan kemeja yang serasi.

Memilih Kemeja

Sebelum kita memilih dasi yang cocok, ada baiknya kita memilih dahulu kemeja apa yang mudah untuk dipasangkan dengan dasi pilihan Anda. Bagi Anda yang baru ingin mencoba menggunakan dasi sebagai tambahan aksesori Anda, mungkin Anda perlu memilih kemeja yang paling netral dan paling aman. Hal ini berguna untuk Anda yang memulai menggunakan dasi sambil Anda terus menggali gaya formal seperti apa yang paling cocok untuk Anda. Berikut ini adalah pilihan kemeja yang netral dan aman untuk Anda pasangkan dengan dasi favorit Anda:

  • Kemeja Putih

Kemeja putih adalah warna kemeja yang paling dasar dan mudah untuk dipasangkan dengan fashion item apapun. Tidak heran, banyak sekali pria yang memilih warna kemeja putih sebagai warna kemeja favoritnya.

Kemeja putih akan mudah untuk dipadukan dengan warna dasi apapun. Bahkan, dasi bermotif pun akan cocok dipadukan dengan kemeja putih. Anda bisa memilih warna bold, motif garis, motif batik, dengan bahan dasi apapun untuk dipasangkan dengan kemeja putih. Tidak hanya itu, kemeja putih juga akan memberi kesan bersih dan segar pada penampilan Anda.

  • Kemeja Biru

Biru adalah pilihan lain selain warna putih sebagai opsi kemeja yang paling netral. Kemeja biru akan memberi kesan hangat pada kulit Anda. Kemeja biru, khususnya biru muda, akan cocok dengan dasi yang penuh motif. Dasi polos tanpa motif juga akan cocok dipadukan dengan kemeja biru. Tidak heran, kemeja biru merupakan kemeja wajib yang harus ada di lemari Anda.

  • Kemeja Merah Muda

Meski warna merah muda identik dengan kesan feminin, pada pria juga akan tampak bagus mengenakan kemeja merah muda. Warna merah muda yang lembut akan memberi kesan segar bagi pria. Bahkan, ternyata kemeja warna merah muda akan mudah dipasangkan dengan dasi berbagai warna. Anda bisa memadukannya dengan dasi warna biru, biru tua, ungu, ataupun dasi bermotif. Tentu dasi kontras yang Anda kenakan bersama kemeja merah muda akan membuang jauh kesan feminin, namun akan memberikan kesan kuat pada diri Anda.

  • Kemeja berwarna solid dan netral

Jika Anda bosan dengan warna muda, Anda juga bisa memilih warna solid lainnya, namun pastikan untuk tetap netral. Misalnya, kemeja berwarna hitam akan menjadi pilihan lain untuk Anda selain warna putih yang netral. Kemeja berwarna hitam juga akan mudah dipadukan dengan dasi-dasi berwarna cerah maupun bermotif. Warna hitam pada kemeja akan menonjolkan dasi yang Anda gunakan sebagai highlight penampilan Anda. Tidak hanya itu, warna hitam akan menonjolkan kesan maskulin Anda.

  • Kemeja Bermotif

Siapa bilang untuk menggunakan dasi, Anda harus memilih kemeja polos tanpa motif? Anda juga bisa, kok, menggunakan kemeja bermotif bersama dasi Anda. Namun, paduan ini akan membutuhkan effort ekstra untuk memilih paduan yang pas. Anda dituntut untuk lebih berani memilih dan percaya diri memakainya. Hal ini dikarenakan, jika Anda salah memilih paduan, penampilan Anda akan terkesan berlebihan dan terlalu mencolok.

Jika Anda ingin memilih kemeja bermotif bersama dasi Anda, mungkin Anda harus menghindari sementara kemeja dengan corak atau motif yang kompleks dan penuh. Semakin kompleks dan besar motif kemeja, akan semakin sulit kemeja tersebut untuk dipasangkan dengan dasi. Alih-alih tampil keren, bisa-bisa Anda justru tampak terlalu mencolok.

Untuk acara formal atau semiformal pada umumnya, Anda bisa memilih kemeja dengan corak sederhana. Misalnya, kemeja dengan garis tipis dan berwarna netral. Pilihan lain, misalnya, motif titik atau polkadot kecil juga masih bisa diterima bersama dasi.

Sponsors Link

Tips Memilih Dasi yang Serasi

Setelah Anda memutuskan kemeja seperti apa yang ingin Anda kenakan, maka kini saatnya Anda memilih dasi yang cocok. Tentu, pemilihan dasi ini harus memperhatikan corak dan warna kemeja yang Anda gunakan, seperti yang telah dibahas sebelumnya. Tidak hanya itu, Anda juga harus memilih bahan dan bentuk dasi yang akan Anda gunakan agar sesuai dengan tema acara yang Anda hadiri.

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara memilih dasi agar serasi dengan kemeja yang Anda kenakan:

  1. Pilih tone warna dasi yang sesuai

Dasi merupakan aksesoris yang dikenakan untuk menunjang penampilan Anda. Untuk menjalankan fungsinya, maka Anda harus memastikan dasi yang Anda kenakan akan menarik perhatian orang-orang di sekitar Anda. Bukan berarti Anda tampil mencolok atau norak, melainkan penampilan Anda menarik perhatian secara positif.

Untuk itu, Anda bisa memilih dasi dengan tone warna lebih gelap daripada warna kemeja Anda. Dengan memilih warna dasi yang lebih gelap, akan ada perbedaan warna yang kontras antara kemeja dan dasi yang Anda pakai. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan efek penarik perhatian dengan dasi yang Anda pakai. Biasanya untuk kemeja berwarna putih, biru muda atau warna-warna pastel dan netral lain, cara diatas pasti akan berhasil. Namun, jika yang Anda pakai adalah kemeja berwarna gelap, dan juga memilih dasi lebih gelap sebagai padanan mungkin akan lebih sulit.

Seharusnya, jika yang Anda kenakan adalah kemeja berwarna gelap, seperti hitam, merah marun, atau biru navy, Anda bisa memilih tone warna sebaliknya, yaitu warna yang lebih cerah. Dengan memilih warna yang lebih muda saat Anda mengenakan kemeja gelap, dasi akan tetap terlihat mencolok. Misalnya Anda mengenakan dasi berwarna krem bersama kemeja berwarna merah marun atau dasi berwarna hijau muda dipadukan dengan kemeja berwarna hijau lumut dan masih banyak kombinasi warna lainnya.

  1. Memadukan corak atau motif dasi

Jika Anda memilih dasi berwarna polos, pilihlah warna dasi sesuai dengan acara dan suasana yang ingin Anda bawa. Jadikan dasi tersebut sebagai penegas penampilan Anda. Selain itu, dasi polos merupakan pilihan paling aman untuk Anda. Hampir semua warna dasi polos akan cocok dengan kemeja berwarna netral seperti putih. Sedangkan dasi berwarna navy atau hitam akan lebih cocok dengan kemeja berwarna lebih berani.

Jangan pernah memasangkan dasi polos dengan warna yang mencolok bersama kemeja berwarna yang mencolok juga. Hindari warna kontras yang terlalu ekstrim. Alih-alih akan membuat penampilan Anda lebih menarik, warna yang terlalu bertabrakan antara dasi dan kemeja justru bisa membuat Anda seperti lampu merah berjalan. Anda hanya boleh menabrakkan warna mencolok jika Anda yakin warna-warna tersebut cocok satu sama lain.

  1. Padankan corak dasi dengan motif kemeja

eApakah Anda tertarik mengenakan dasi dengan motif? Jika demikian, pastikan Anda memadankan corak dasi dengan motif kemeja secara tepat. Anda bisa melakukannya, misalnya dengan memilih dasi yang mengandung unsur warna yang sama. Artinya, ada warna pada motif dasi yang serasi dengan unsur warna kemeja yang Anda kenakan. Jangan sampai unsur warna dasi dan kemeja bertentangan satu sama lain. Jangan pula memilih dasi yang memiliki warna dasar sama dengan kemeja. Hal ini akan menjadikan dasi kurang bisa menarik perhatian secara maksimal karena tampak kurang kontras.

  1. Hindari motif dasi yang sama dengan motif kemeja

Sebaiknya Anda memilih motif dasi yang tidak sama dengan motif kemeja. Misalnya, jika Anda memilih kemeja garis-garis, maka hindarilah memakai dasi yang bermotif garis juga. Hal ini akan kurang cocok dan dasi yang Anda kenakan menjadi kurang stand out. Apalagi, kemeja bermotif batik tidak akan pernah cocok dengan dasi bermotif batik juga.

Bahkan, disarankan untuk Anda tidak memasangkan dasi bercorak bersama kemeja bermotif. Memasangkan keduanya akan tampak memaksa dan aneh. Melakukan hal ini justru akan merusak penampilan Anda secara keseluruhan.

Memilih Warna Dasi

Tidak berbeda dengan pakaian yang Anda kenakan, warna dasi juga akan menyampaikan pesan tertentu pada orang lain. Dengan memilih dasi berwarna tertentu, Anda bisa menyampaikan isi hati, bahkan menonjolkan karakter diri Anda pada orang lain yang melihat. Tentu hal ini akan berguna untuk menciptakan image diri Anda dan mengesankan orang lain yang bertemu dengan Anda.

Untuk itu, pastikan Anda memilih warna dasi yang sesuai dengan acara dan karakter Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengfungsikan dasi tidak hanya sebagai fashion item, melainkan juga sebagai senjata Anda dalam membangun persepsi orang lain. Berikut ini adalah beberapa arti warna dasi yang dapat Anda ketahui :

Sponsors Link

  • Warna merah – Dasi berwarna merah akan membawa pesan kekuasaan, hasrat, dapat dipercaya serta kreatif. Tidak hanya itu, warna merah akan mengesankan bahwa Anda merupakan sosok yang dapat diandalkan oleh orang di sekitar Anda. Mungkin inilah alasan di balik banyaknya pejabat dan politisi yang mengenakan dasi berwarna merah. Biasanya, dasi berwarna merah akan dipadukan dengan kemeja berwarna putih dan jas hitam. Setelan ini akan menegaskan warna dasi yang merah sehingga tampak kontras di penampilan Anda keseluruhan.
  • Warna ungu – Meski warna ungu seringkali dikonotasikan tidak cukup baik di masyarakat kita, ternyata warna ungu pada dasi memberikan arti yang positif. Seseorang yang mengenakan dasi berwarna ungu akan terkesan sebagai sosok yang memiliki kepercayaan diri yang kuat, sekaligus bisa meninggalkan kesan yang sangat positif kepada orang lain yang bertemu dengannya. Tidak hanya itu, warna ungu merupakan lambang kekayaan dan kekuasaan.
  • Warna hitam – Warna hitam mungkin sering dianggap sebagai warna yang misterius dan cenderung membosankan. Namun, ternyata ada makna di balik dasi berwarna hitam. Seseorang yang mengenakan dasi berwarna hitam akan terkesan sebagai seseorang yang sophisticated dan sedikit angkuh. Dasi berwarna hitam akan bisa dipasangkan dengan aksesoris lain, seperti penjepit dasi, untuk menegaskan penampilan yang profesional.
  • Warna hijau – Dasi dengan warna hijau mungkin tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan dasi berwarna merah. Padahal, dasi berwarna hijau ini akan sangat cocok untuk dikenakan oleh para pelaku bisnis atau seseorang yang sering melakukan negosiasi dengan orang lain. Warna hijau ini melambangkan uang atau kekayaan, serta kelahiran kembali sehingga akan sangat cocok digunakan oleh para pelaku bisnis. Dasi berwarna hijau bisa dipadukan dengan banyak kemeja berwarna terang, terutama kemeja putih.
  • Warna biru – Jika Anda merasa ragu memilih warna dasi, maka dasi berwarna biru merupakan solusi termudah untuk Anda. Dasi dengan warna biru dikenal sangat aman untuk dipadukan dengan berbagai kemeja untuk segala acara. Maka, Anda tidak akan pernah salah jika mengenakan dasi biru. Tidak hanya itu, dasi berwarna biru akan mengesankan bahwa Anda merupakan seseorang yang tenang dan merupakan simbol untuk kekuasaan.
  • Warna alam atau warna tanah – Warna alam, misalnya cokelat, merah bata, atau warna lainnya bisa memberi kesan santai, hangat, bersahabat dan sederhana. Maka, dasi ini akan dicocok untuk dikenakan dalam acara formal sehari-hari, bukan acara formal yang terlalu penting. Tapi sebaiknya Anda menghindari mengenakan kemeja dengan warna yang serupa untuk mencegah Anda tampak terlalu santai. Tidak hanya itu, dasi berwarna alam akan kurang cocok untuk dikenakan sebagai alat mengesankan atasan untuk mendapat promosi jabatan.

Namun, yang terpenting dalam memilih warna dasi adalah dengan memilih sesuai warna kulit Anda. Bagi Anda yang memiliki warna kulit gelap, sebaiknya Anda memilih warna dasi yang berwarna ringan dan netral. Sementara itu, jika Anda memiliki warna kulit pucat, dasi dengan warna gelap akan sangat cocok. Dengan begitu, Anda pun bisa mengkoreksi warna kulit Anda agar terlihat lebih menarik dengan dasi yang Anda gunakan.

Aksesoris Lainnya

Selain dasi sebagai aksesoris yang bisa dikenakan pria, mungkin Anda juga perlu mengetahui aksesoris lainnya yang bisa dipadankan dengan kemeja Anda. Meski terlihat sederhana, beberapa aksesoris ini akan membuat Anda tampil beda dan lebih menarik di dalam kemeja Anda. Hal ini tentu akan bisa semakin menunjang penampilan Anda. Yuk, simak beberapa aksesoris tambahan berikut ini:

Collar pin

Contoh Aksesoris Collar Pin/Bar

  • Tie Pin/Clip, atau yang sering disebut sebagai penjepit dasi ini berguna untuk menjaga dasi agar berada tetap rapi. Penjepit dasi, meski terlihat sederhana, akan memberi kesan lebih profesional kepada pemakainya.
  • Collar Stays, merupakan aksesori kemeja yang berfungsi untuk menjaga bentuk kerah agar tetap tegak dan rapi. Aksesori ini ada yang terbuat dasi logam maupun plastic.
  • Cufflinks, merupakan aksesoris yang berfungsi menggantikan kancing di bagian pergelangan tangan kemeja pria.
  • Collar Pin/Bar, merupakan aksesori yang kurang populer untuk digunakan tapi bisa menambah kesan fashionable sekaligus rapi kepada penggunanya. Aksesori ini berfungsi untuk menjaga ujung kerah kemeja agar tetap rapi dan simetris. Namun, fungsi aksesoris ini sekarang digantikan dengan keberadaan kancing kecil di ujung kerah kemeja.

Dengan mengetahui beberapa aksesori kemeja di atas, Anda memiliki opsi lainnya untuk semakin tampil keren dengan kemeja. Tentu hal ini dapat menunjang karir Anda dan menciptakan persepsi profesional pada diri Anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 18th, January 2017 / 15:20 Oleh :
Kategori : Panduan