Sponsors Link

Cara Memilih Model Dasi Wanita Lengkap

Sponsors Link

Dasi, memang identik dipakai oleh para pria. Namun, ternyata ada juga lho dasi yang bisa dikenakan oleh para wanita. Bagaimana tidak, jika ternyata tidak semua wanita suka dengan gaya feminin. Ada banyak wanita di luar sana yang lebih menyukai gaya sedikit boyish atau gaya lainnya yang tidak terlalu manis. Salah satu item yang bisa digunakan oleh wanita sebagai aksen boyish adalah dasi. Ternyata, jika kamu bisa memilih model dasi wanita yang akan mengubah penampilanmu dari ‘biasa saja’ menjadi lebih stylish dan eye-catching.

ads

Jika selama ini sangat umum bagi para wanita mengenakan item fashion pria, maka mengenakan dasi juga bisa sama umumnya dengan mengenakan celana, sneakers, atau bahkan jas yang jauh dari kesan feminin. Padahal, jika kamu pandai memadu-padankan item fashion tersebut dengan bagian pakaianmu yang lain, bukan tidak mungkin kamu bisa menciptakan kesan penampilan yang sama sekali berbeda.

Kamu bahkan bisa menciptakan kesan penampilan yang imut dan segar melalui paduan dasi dan rok mini yang tepat. Kesan seksi juga bisa kamu dapatkan dengan memadukan dasi dengan fashion item tertentu yang sesuai. Hal yang perlu kamu pahami pertama kali adalah tujuan awal kamu mengenakan dasi untuk apa. Jika kamu sudah mengetahui penampilan seperti apa yang ingin kamu dapatkan, maka akan lebih mudah untuk kamu memilih dan memadukan pakaian secara keseluruhan.

Memilih Dasi untuk Wanita

Seorang wanita yang ingin mengenakan dasi untuk penampilannya, sebenarnya tidak perlu mencari dasi khusus yang memang diperuntukkan untuk wanita. Sangat mungkin bagi kamu untuk memilih dasi yang dibuat untuk para pria, namun dengan memperhatikan beberapa hal.

Hal pertama yang harus diperhatikan bagi para wanita dalam memilih dasi adalah menyesuaikan panjang dasi dengan bentuk tubuh. Pastikan panjang dasi yang dikenakan oleh wanta lebih pendek daripada dasi yang dikenakan para pria. Hal ini bisa diakali dengan membuat simpul yang lebih besar sehingga panjang dasi yang dihasilkan bisa menjadi lebih pendek.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini panduan memilih dari untuk kamu para wanita yang ingin tampil beda:

  1. Sesuaikan dengan tren – Hal yang pertama yang harus kamu perhatikan adalah tren. Tren ini mencakup tren warna, tren motif, hingga tren bahan dasi yang sedang hits di musim ini atau musim mendatang. Tidak hanya melalui majalah atau acara fashion show, kamu juga bisa mencontek gaya berpakaian saudara hingga rekan kerja sebagai referensi. Cara ini akan membantu kamu mendapatkan inspirasi berpakaian yang stylish sesuai dengan musim yang ada. Tapi ingat, pilihlah tren yang memang cocok dengan gaya dan karakter kamu, ya!
  2. Cocokkan dengan koleksi pakaian yang kamu miliki – Hati-hati, jangan sampai dasi yang kamu beli tidak memiliki ‘teman’. Ada baiknya jika sebelum kamu membeli dasi, kamu memperhatikan terlebih dahulu pakaian mana yang kamu rasa cocok untuk dipasangkan dengan dasi. Tidak hanya jenis pakaian, sesuaikan juga dasi yang kamu pilih dengan motif dan warna pakaian yang kamu miliki. Hal ini untuk menghindari kamu membeli dasi yang tidak memiliki ‘teman’ untuk dipasangkan. Dengan begitu, kamu bisa memastikan membeli dasi yang cocok dan pas untuk menunjang penampilanmu secara keseluruhan, tanpa bingung lagi untuk membeli pakaian baru.
  3. Perhatikan ukuran dan bentuk dasi – Seperti yang sudah dibahas secara singkat sebelumnya, sesuaikan juga ukuran dan bentuk dasi yang akan kamu kenakan dengan bentuk tubuhmu. Setiap bentuk dasi yang berbeda akan memberi kesan berbeda pula pada penampilanmu. Misalnya, dasi yang bertumpuk akan memberi kesan lebih berisi, sementara itu dasi kecil dan lebih simple akan memberi kesan sedikit lebih ramping. Maka, kenali dahulu bentuk tubuhmu sebelum memilih dasi seperti apa yang akan kamu kenakan.
  4. Perhatikan bahan dasi – Seperti yang sudah kita ketahui, di pasaran ada banyak sekali jenis dan bahan dasi. Setiap bahan dasi akan memberi kesan yang berbeda. Tidak hanya itu, kenyamanan saat memakai dasi juga sangat dipengaruhi oleh bahan pembuatan dasi itu sendiri. Tentu saja, kualitas dan harga setiap bahan dasi juga akan bervariasi. (Baca juga: Aneka Jenis Bahan Dasi). Bahan dasi yang paling bagus adalah dasi berbahan alami. Misalnya, saat ini sudah tersedia dasi dengan bahan dasar wol, sutera atau kasmir. Namun, sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilih bahan dasi. Seringkali bahan dasi tersebut sudah dicampur dengan bahan buatan. Tidak jarang juga, bahan alami yang digunakan memiliki tingkat kualitas yang rendah sehingga dasi yang dihasilkan pun tidak terlalu berkualitas. Pastikan kamu memilih dasi yang berbahan nyaman untuk kamu gunakan.
  5. Pilih warna polos – Dasi yang berwarna polos bisa menjadi pertimbangan bagus untuk kamu yang ingin menambahkan dasi pada gaya berpakaianmu. Dasi yang berwarna polos, atau yang memiliki motif minimal, akan memberi kesan penampilan yang lebih hidup dan enak dilihat. Pilihlah warna dasi yang cocok dengan bawahan yang kamu pakai. Ada baiknya jika kamu memilih baju yang juga polos dan memilih dasi yang warnanya kontras dibandingkan warna pakaian kamu. Sebagai contoh, kamu mengenakan kemeja berwarna pink muda, maka kamu bisa memadukannya dengan dasi berwarna pink tua. Bahkan, dasi berwarna biru gelap juga akan cocok dengan kemeja merah mudamu.
  6. Pertimbangkan struktur dasi – Saat memilih dasi, kamu juga harus memperhatikan jahitan dan potongan dasi tersebut. Hal ini bisa dilakukan, misalnya, dengan membentangkan dasi di permukaan meja yang datar. Perhatikan apakah dasi tersebut simetris di setiap bagiannya ataukah ada bagian yang bergelombang atau miring. Dengan cara ini kamu dapat dengan mudah melihat jika ada kecacatan atau jahitan yang kurang rapi pada dasi yang akan kamu pilih. Dari sini, mungkin kamu berpikir bahwa membeli dasi dari took online bukan merupakan ide bagus, eh?

Gaya Wanita dengan Dasi

Pada zaman sekarang begitu banyak penata gaya yang menawarkan paduan pakaian dengan dasi. Aneka pilihan tersebut dikemas dengan aneka gaya yang bisa menonjolkan sisi kepribadian tertentu seorang wanita, seperti kesan elegan, manis, hingga seksi.

Sponsors Link

Kamu pun bisa memilih gaya penampilan tertentu, tanpa membutuhkan penata gaya profesional. Untuk itu, kamu mungkin membutuhkan beberapa inspirasi berikut ini tentang gaya penampilan dengan dasi yang bisa kamu coba:

  • Elegant Business Woman

Gaya ini mungkin merupakan gaya paling mainstream untuk penggunaan dasi pada wanita. Tidak hanya para pria, wanita juga bisa mengenakan dasi sebagai pelengkap setelan bisnis mereka. Pastikan kamu memilih dasi yang tidak terlalu berkilau dan tidak berwarna terlalu cerah. Pilihlah dasi berwarna agak gelap dan senada dengan kemeja yang kamu kenakan. Dengan begitu, kamu bisa memastikan penampilanmu elegan dan tampak profesional.

Gunakan dasi segitiga yang tidak terlalu panjang. Pastikan ujung dasi berakhir tepat di pinggang atau tidak terlalu melebihi pusar. Untuk gaya ini, kamu bisa memadukan kemeja berdasi itu dengan celana panjang yang berpotongan sedikit formal. Jangan lupa untuk memastikan bagian belakang dasi tersembunyi sempurna.

  • Country Style

Gaya ini mungkin akan tampak sedikit rebel atau mendobrak gaya dasar memakai dasi. Salah satu atribut yang tidak terpisahkan dari Country Style adalah tie bolo, yaitu sejenis tali yang diikatkan di leher. Tali ini bisa dihiasi dengan aneka liontin. Selain mengikatkan tali ini di leher, kamu juga bisa menambahkan syal atau dasi biasa di atasnya untuk menegaskan country style yang kamu pilih.

  • Dandy Style

Kalau kamu ingin bergaya dandy, kamu bisa memilih dasi berwarna cerah dan memiliki corak pola berukuran besar atau garis-garis. Dengan gaya ini tentu saja kamu bisa menjadi pusat perhatian dengan dasi cerah yang kamu gunakan. Untuk memakai gaya ini, padukan dasi pilihanmu dengan rompi berbahan bulu, rajut atau kulit.

  • Gaya Militer

Dasi memang identik dengan kesan formal dan profesional. Namun, bagi wanita yang ingin tampil beda, dasi bisa dijadikan sebagai pelengkap untuk bergaya militer. Pilihlah dasi polos dan kombinasikan dengan mengenakan rok mini berpotongan lurus. Kamu bisa memilih rok berbahan tebal dan agak kaku.

Sebaiknya kamu mengikatkan dasi dengan ketat di leher. Jangan buat ikatan yang loose atau longgar. Buat simpul ketat yang sederhana pada dasi, maka dasi yang kamu kenakan akan memberi kesan kuat pada penampilanmu.

  • Gaya Seksi

Mungkin kamu cukup sering melihat model di majalah yang mengenakan dasi untuk menimbulkan kesan seksi dan misterius pada penampilannya. Cara ini merupakan salah satu gaya wanita memakai dasi untuk memanfaatkan kesan maskulin dan misterius yang dibawa oleh dasi.

Kamu bisa memilih dasi satin atau sutera berwarna hitam dan padukan dengan kemeja polos kamu yang pas badan. Biarkan satu atau dua kancing atas kemeja terbuka dan jangan buat simpul dasi menempel ketat pada lehermu. Alih-alih mengikat dasi dengan ketat, buat ikatan yang loose dan biarkan dasi menjuntai di dada.

Model Dasi Wanita

Setelah membahas gaya wanita dengan dasi seperti di atas, mungkin kamu penasaran dasi seperti apa saja yang akan cocok dikenakan wanita. Apakah ada model dasi wanita yang khusus? Mungkin kamu sudah cukup sering melihat para pramugari di pesawat yang mengenakan dasi sebagai pelengkap baju seragamnya. Nah, gaya pramugari tersebut bisa menjadi inspirasi untuk kamu memilih model dasi yang cocok. Yuk, simak pilihan dasi berikut ini:

  1. Dasi Segitiga

Bentuk dasi yang paling umum ditemukan di pasar adalah dasi bentuk segitiga. Dasi segitiga ini biasa dikenakan oleh para pria, yang ternyata juga bisa dikenakan juga oleh wanita. Dasi segitiga ini bersifat universal dan mudah dibentuk menjadi berbagai gaya. (Baca juga: Cara Memakai Dasi Segitiga)

Namun, jika kamu memilih dasi segitiga untuk kamu pakai, pilihlah dasi segitiga yang tidak terlalu besar atau lebar. Hindari juga dasi segitiga yang terlalu panjang. Sebaiknya, kamu memilih dasi yang lebih kecil dan pendek untuk meninggalkan kesan feminin pada penampilanmu.

  1. Dasi Kupu-kupu

Dasi kupu-kupu mungkin terkesan jadul, namun kesan yang bisa ditimbulkan oleh dasi kupu-kupu akan sangat luar biasa. Dasi kupu-kupu benar-benar akan mengambil seluruh perhatian pada dirimu. Kalau kamu masih kurang percaya diri mengenakan dasi kupu-kupu, kamu bisa memulainya dengan memilih dasi kupu-kupu berwarna netral dan berukuran kecil. Hal ini akan memberi kesan imut dan lucu pada penampilanmu. Opsi lain, kamu bisa memadankan dasi kupu-kupu dengan kalung yang menjuntai untuk menambah efek penuh pada kemeja polos yang kamu pakai. Tapi hati-hati, jika kamu bertubuh kurus, gaya ini munggkin akan tampak sedikit berlebihan dan terlalu ramai. (Baca juga: Tips Tampil Modis dengan Dasi Kupu-Kupu)

Sponsors Link

  1. Dasi Kupu-Kupu beraksen Tumpuk

Jika sebelumnya adalah dasi kupu-kupu yang bentuknya seperti yang biasa digunakan oleh pria, kamu juga bisa memilih dasi kupu-kupu yang bergaya tumpuk. Bentuk dasi yang bertumpuk ini jauh dari kesan maskulin. Maka tidak heran, jika bentuk dasi seperti ini sering dikenakan oleh para pramugari sebagai aksesoris wajib pada seragamnya. Dengan memakai dasi kupu-kupu bertumpuk ini, kamu akan mendapatkan penampilan yang lebih elegan dan feminin. Bahkan, dasi kupu-kupu beraksen tumpuk ini akan menimbulkan kesan lebih berisi untuk kamu yang bertubuh kurus.

  1. Dasi X

Dasi XSatu lagi bentuk dasi yang cukup unik yang bisa kamu pilih, yaitu dasi berbentuk X. Bentuk dasi ini cukup sederhana dan bisa kamu gunakan dalam berbagai kesempatan. Perpaduannya pun cukup mudah, bisa dengan kemeja polos, blazer formal hingga sweater kasual. Bahkan, kamu bisa menambahkan bros favoritmu di atas dasi ini untuk menambah kesan glamor. Namun, jika kamu ingin tampil lebih simple, cukup gunakan pin sederhana untuk menahan dasi agar tetap berada di tempatnya.

Dasi X ini akan memberi tampilan berbeda padamu sekaligus simple dan tidak berlebihan. Pilihan warnanya pun bisa bermacam-macam. Kamu cukup memilih warna yang paling sesuai dengan outfit yang kamu pakai saat itu. Hal yang paling harus kamu perhatikan adalah pasangan kemeja yang digunakan bersama dasi X haruslah sederhana dan tidak penuh hiasan agar penampilanmu tidak terlalu ramai.

  1. Dasi Pita

Kalau kamu sering menonton drama Jepang atau Korea, pasti kamu sering melihat anak-anak sekolahnya mengenakan dasi berbentuk pita yang manis. Dasi ini sangat feminin dan cocok untuk kamu kenakan sehari-hari. Dengan dasi pita kamu bisa tampak imut dan feminin dengan dasi. Untuk membuat dasi ini, kamu bisa memanfaatkan kain sifon panjang atau bahkan scarf tipis. Mudah, bukan?

  1. Syal atau Scarf

Dasi untuk kaum wanita tidak melulu terbuat dari kain sutera panjang atau bahan dasi lainnya. Wanita bisa memanfaatkan syal atau scarf tipis untuk dililikan ke leher sebagai pemanis penampilan. Bentuknya pun bisa beragam, tergantung pada kreativitas kamu dalam membentuk scarf tersebut.

Pelengkap Lainnya

Jika dasi akan memberi kesan tertentu pada penampilanmu, maka kamu harus memastikan bahwa penampilanmu secara keseluruhan tampak sempurna. Jangan sampai dasi yang kamu kenakan membuatmu tampak terlalu maskulin, atau terlalu kaku, apalagi terlalu nerd.

Meskipun dasi identik dengan kaum adam, bukan tidak mungkin buat kamu menciptakan kecocokan antara dasi dengan sisi femininmu. Untuk itu, kamu perlu menambahkan aksesori atau item fashion lainnya sebagai penyeimbang dasi yang kamu gunakan. Berikut ini beberapa item yang bisa kamu coba:

  • Tas tangan – tas tangan akan membuat tampilanmu lebih feminine dan seimbang. Kamu bisa memilih tas tangan yang memiliki model elegan agar penampilanmu terkesan mewah dan anggun. Sebisa mungkin hindari menggunakan ransel, karena hanya akan membuatmu tampak seperti akan berangkat ke sekolah.
  • Rompi – menggunakan rompi bersama dasi kupu-kupu ataupun dasi segitiga akan membuat penampilanmu makin kece. Kamu akan tampil keren dan bergaya ala Country Style dengan paduan ini. Gunakan celana bahan sebagai bawahan untuk membuat penampilanmu semakin sempurna.
  • Blazer hitam – jika kamu wanita karir dan ingin bergaya profesional, maka blazer hitam merupakan paduan yang cocok. Kamu bisa menggunakan gaya ini untuk pergi ke kantor. Kenakan kemeja putih dan blazer hitam sebagai luarannya. Cara ini akan membuat kamu tampak strong dan berani menghadapi hari yang melelahkan.
  • Rok tartan – seperti gaya anak-anak sekolahan yang kasual namun trendi, rok tartan bisa menjadi pasangan yang pas untuk dasimu. Gunakan dasi secara longgar dan tidak terikat kerat ke leher untuk menimbulkan kesan kasual. Pastikan kemeja yang kamu kenakan berwarna netral agar cocok dengan motif tartan yang kamu pakai. Padukan dengan sepasang kaus kaki dan sepatu yang berwarna senada, maka kamu akan bisa tampil trendi dan lebih muda.
  • Dasi berwarna pink – untuk memberi kesan feminine dan manis, kamu bisa menggunakan dasi berwarna pink. Padukan dengan rok mini, clutch dan sepatu girly untuk membuat penampilanmu dengan dasi jauh dari kesan boyish. Bahkan, kamu akan tampak sangat menggemaskan dengan paduan seperti ini.

Maka, sekarang kamu tahu bahwa dasi tidak hanya bisa dipakai oleh para pria saja. Kamu pun bisa tampil fashionable dengan dasi tanpa meninggalkan sisi wanitamu. Tidak hanya itu, dasi yang kamu pakai juga bisa menjadikanmu pusat perhatian dan tampak keren. Hal yang paling utama adalah tetap kreatif dalam memadupadankan setiap item fashion yang kamu miliki. Selamat berkreasi, ya!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 01st, March 2017 / 15:05 Oleh :
Kategori : Panduan