Sponsors Link

8 Cara Menggunakan Scarf untuk ke Kantor

Sponsors Link

Seorang wanita pasti selalu ingin tampil cantik dan menarik setiap saat. Salah satu cara yang mungkin mereka lakukan adalah menggunakan aksesoris sebagai pelengkap pakaian yang dikenakan. Hal ini dikarenakan, aksesoris yang tepat bisa membuat efek penampilan berubah drastis dan menjadikanmu lebih bergaya secara instan.

ads

Tidak hanya wanita, para pria pun kini juga mulai sadar akan pentingnya aksesoris sebagai pelengkap gaya berpakaiannya. Aksesoris seperti dasi, ikat pinggang, hingga syal dan scarf sering menjadi pilihan. Dari semua pilihan itu, mungkin syal dan scarf lah yang menjadi favorit semua orang, karena keduanya bersifat universal dan bisa dikenakan oleh siapa saja. (Baca juga: Perbedaan Scarf dan Syal)

Selain bersifat universal, scarf maupun syal bisa dikenakan dalam segala suasana. Kamu hanya perlu memilih model scarf yang cocok dan bahan yang sesuai untuk menjadikannya teman setia di hari-harimu.  Oleh karena itu, mungkin kamu perlu mengetahui lebih lanjut bagaimana cara memilih dan memakai scarf untuk kegiatan sehari-hari, terutama sebagai pelengkap gaya ke kantor. Berikut ini akan dibahas serba-serbi memilih dan menggunakan scarf agar kamu tidak bingung lagi saat ingin tampil beda dengan pakaian kerjamu. Simak terus, ya!

Pilihan Style ke Kantor

Pakaian ke kantor, biasanya menuntutmu untuk tampil profesional dan elegan. Kamu tidak boleh tampil terlalu berlebihan, misalnya memakai terlalu banyak aksesoris, memakai pakaian yang terlalu terbuka, dan lain sebagainya. Kamu harus bisa menyesuaikan model pakaian sekaligus aksesoris yang melengkapinya agar sesuai dengan tata cara berpakaian di kantor.

Berikut ini adalah beberapa gaya berpakaian yang simple yang bisa kamu coba untuk pergi ke kantor:

  1. Membawa syal atau scarf

Kamu mungkin terbiasa memakai kemeja formal bersama jas dan dasi untuk pergi ke kantor. Gaya ini mungkin gaya paling sempurna dan paling formal yang bisa kamu pilih sebagai eksekutif muda. Namun, jika kamu selalu bergaya seperti ini, penampilanmu tentu akan menjadi membosankan. Nah, syal atau scarf bisa menjadi ‘selingan’ yang bisa kamu coba. (Baca juga: Dasi untuk Wanita Berhijab)

Scarf maupun syal bisa kamu padankan dengan kaos dan celana jeans saat pergi ke kantor. Alih-alih kamu terlihat terlalu kasual, scarf bisa membuat penampilanmu tampak rapi seketika. Sebagai catatan, kamu memilih scarf yang sifatnya ‘formal’ dengan gaya yang tepat, ya!

  1. Menggunakan rompi

Rompi juga merupakan aksesoris yang bisa melengkapi gayamu untuk ke kantor. Rompi ini bisa kamu padankan dengan kaos, kemeja hingga dress dan akan tetap membuat penampilanmu oke saat ke kantor. (Baca juga: Tips Memilih Dasi untuk Pernikahan)

  1. Oversized shirt

Oversized shirt juga bisa lho membuat penampilanmu tampak manis saat ke kantor. Kamu bisa memadukannya dengan celana kantor berpotongan slim, atau bahkan memakainya sebagai dress. Tapi, gaya ini akan lebih cocok untuk wanita, ya!

  1. Sepatu kets/kasual

Kantor memang tempat yang formal, namun bukan berarti kamu harus memakai high heels atau pantofel setiap hari. Dengan memakai sepatu kets atau sepatu kasual, kamu akan merasa lebih nyaman sekaligus tampil beda saat ke kantor. (Baca juga: Cara Memilih Dasi agar Serasi dengan Kemeja)

Menurut Hesty Halim, seorang General Manager ‘Minimal’, memilih pakaian ke kantor sebaiknya model yang simple sehingga tidak tampak berlebihan. Dia juga menyarankan kepada para wanita untuk memilih scarf sebagai aksesoris. Menurutnya, scarf bisa dipakai dengan berbagai fungsi dan model, tergantung kreativitas pemakainya.

Cara memakai scarf yang paling mainstream, adalah dengan mengikatnya di leher. Cara ini juga bisa diikuti oleh para pria yang ingin memakai scarf untuk ke kantor. Kamu bisa mengikat scarf dengan berbagai simpul dan bentuk, sesuai selera kamu dan tema pakaianmu saat ke kantor. (Baca juga: Cara Memilih Model Dasi Wanita)

Bagi wanita, cara menggunakan scarf untuk ke kantor bahkan lebih bervariasi lagi. Kamu bisa membuatnya menjadi ikat pinggang atau sekedar hiasan untuk pegangan tas tanganmu. Maka, seketika penampilanmu akan berbeda dan eyecatching.

Memilih Bahan Scarf untuk ke Kantor

Memilih bahan scarf yang nyaman untuk ke kantor merupakan hal yang sangat penting. Bagaimanapun, kamu harus bisa merasa nyaman seharian saat memakai scarf tersebut. Karena jika tidak, bisa jadi aktivitasmu di kantor justru terganggu hanya gara-gara kamu merasa tidak nyaman dengan scarf yang kamu pakai.

Pertama-tama, hal yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana suasana kantor atau lingkungan tempatmu bekerja. Apakah kamu bekerja di ruangan ber-AC? Apakah kamu menghabiskan banyak atau hampir seluruh waktu kerjamu di dalam ruangan? Atau justru sebaliknya, apakah kamu bekerja di luar ruangan dan membutuhkan banyak aktivitas fisik? Dengan mempertimbangkan lingkungan tempat kamu bekerja, selanjutnya kamu bisa mengira-ngira scarf berbahan apa yang akan paling nyaman kamu pakai. (Baca juga: Aneka Jenis Bahan Dasi)

Berikutnya, kamu pun harus mempertimbangkan gaya berpakaian seperti apa yang kamu suka saat ke kantor. Apakah kamu lebih suka berpakaian formal? Atau bergaya santai? Atau justru kantor tempatmu bekerja memberlakukan peraturan pakaian seragam untuk ke kantor? Meskipun scarf cukup mudah untuk dipadu padankan dengan berbagai style atau gaya berpakaian, akan lebih baik jika kamu mengetahui lebih dahulu gaya pakaian yang kamu kenakan sebelum memilih bahan scarf tertentu.

Berikut ini adalah beberapa bahan scarf yang akan cocok kamu pakai saat ke kantor:

  1. Kasmir

Bahan ini cukup umum ada di sekitar kita. Scarf bahan kasmir cukup tebal, sedikit menghangatkan, namun tidak terasa terlalu panas. Scarf berbahan kasmir akan cocok kamu gunakan jika kamu bekerja di dalam ruangan, khususnya di ruangan yang ber-AC. Scarf ini akan cukup membantumu menghangatkan tubuh dengan tetap mempertahankan gaya fashionable.

  1. Katun

Scarf berbahan katun akan terasa sejuk dan nyaman kamu gunakan sehari-hari, bahkan untuk pergi ke kantor. Kamu yang beraktivitas di luar ruangan, apalagi pada saat cuaca sedang panas, akan merasa nyaman jika memilih scarf berbahan katun ini. Bahan ini akan membuatmu tetap merasa sejuk, sekaligus juga menyerap keringat.

  1. Linen

Dikenal dengan bahannya yang bersifat sejuk, linen merupakan pilihan scarf yang nyaman untuk kamu pakai tanpa merasa kepanasan. Scarf berbahan linen juga cocok untuk kamu pilih sebagai opsi jika kamu bosan dengan scarf berbahan katun yang itu-itu saja.

  1. Sutera

Scarf berbahan sutera sangat lembut dan halus. Bahan ini sejuk, namun akan lebih cocok dan elegan untuk kamu pakai jika kamu bekerja di dalam ruangan. Meski tidak membantu menghangatkan tubuhmu di ruangan ber-AC, scarf berbahan sutera akan membuatmu tampak manis dan feminin di kantor.

  1. Satin

Bahan ini hampir sama dengan sutera, sedikit mengkilap, namun sedikit tebal dan sedikit panas. Akan tidak nyaman jika kamu bekerja di bawah sinar matahari dan memilih bahan satin sebagai scarf, karena bahan ini tidak bisa menyerap keringat dengan baik.

Sponsors Link

Cara Menggunakan Scarf untuk ke Kantor

  1. Simpul Palsu

Jika kamu suka bergaya santai dan kasual saat pergi ke kantor, simpul palsu merupakan pilihan yang tepat. Untuk membuat gaya ini juga sangat mudah dan bisa kamu buat dalam sekejap. (Baca juga: Memadukan Scarf dengan Kemeja Pria)

Kamu hanya perlu memilih scarf yang cukup panjang. Buat simpul longgar di salah satu sisinya dan masukkan sisi yang lainnya ke dalam simpul yang dibuat tersebut. Tarik kedua ujung scarf secara bersamaan dan kamu tinggal merapikannya agar terlihat sama panjang.

  1. Scarf Lilit

Gaya yang kedua ini tidak kalah mudah dengan gaya sebelumnya. Kamu hanya perlu melipat scarf sehingga berbentuk segitiga. Lipat lagi scarf yang berbentuk segitiga tadi hingga hanya tersisa sedikit bentuk segitiga. Lalu, ikatlah scarf tersebut di leher, buat simpul dua kali supaya scarf tersebut terikat lebih sempurna di leher. Gaya ini akan sangat cocok jika dibuat dari scarf berbahan sutera atau satin yang ukurannya tidak terlalu besar.

  1. Gaya Parisian

Untuk membuat gaya ini, akan lebih cocok jika kamu menggunakan scarf yang berbentuk persegi panjang. Kamu hanya perlu melipat scarf persegi panjang itu menjadi dua, tepat di bagian tengahnya. Setelah itu, letakkan scarf tersebut di leher dan bawa salah satu ujungnya melalui lubang yang terbentuk saat melipat scarf sebelumnya. Tarik hingga scarf cukup kencang dan nyaman terikat di lehermu. (Baca juga: Cara Memakai Syal)

  1. Rectangle Knot

Kamu bisa memanfaatkan scarf persegi untuk gaya yang satu ini. Kamu bisa melipat scarf persegi tersebut menjadi dua sehingga akan membentuk persegi panjang. Letakkan scarf tersebut melewati leher, lalu buat ikatan yang longgar dengan ujung satunya. Lalu, kamu bisa membawa simpul yang terbentuk ke salah satu bahumu. Biarkan kedua ujung kain menjuntai. (Baca juga: Cara Memakai Dasi Segitiga)

  1. Basic Scarf

Membuat gaya basic scarf ini pun cukup mudah. Kamu cukup melipat scarf agar menjadi segitiga. Lalu, letakkan sepertiga bagian scarf tersebut di bahu dan bawa sisanya melalui leher belakangmu. Lanjutkan membawa sisi scarf yang panjang melewati dada depan dan akhiri dengan meletakkan ujung scarf di bahu yang satunya.

Gaya ini akan sangat cocok jika kamu memakai scarf persegi dengan ukuran cukup besar. Gaya basic scarf ini akan menutup bagian dadamu sehingga akan cukup melindungi dirimu di dalam ruangan ber-AC. Kamu bisa tampil sangat stylish jika memadukan scarf bermotif dengan pakaian polos di bawahnya.

  1. The French Twist

Gaya ini akan sangat terlihat elegan untuk kamu pakai saat ke kantor. Kamu cukup melipat scarf menjagi segitiga, lalu gulung hingga dia menjadi berbentuk panjang dan tidak terlalu lebar. Lalu, letakkan scarf dari arah depan lehermu, bawa kedua ujungnya ke belakang. Silangkan kedua ujungnya dan bawa ke depan. Buat simpul yang rapi dan cukup kuat, lalu biarkan kedua ujungnya menjuntai natural. (Baca juga: Cara Mengikat Syal menjadi Dasi)

Untuk membuat gaya scarf ini, akan sangat cocok jika kamu memilih scarf berukuran medium dengan bahan satin atau sutera. Jangan pilih bahan yang tebal karena akan membuatnya sulit untuk diikat.

  1. Sebagai Hiasan Tas

Siapa bilang kamu hanya bisa memakai scarf di leher? Scarf cantikmu juga bisa lho dimanfaatkan sebagai hiasan tas. Kamu bisa memilih scarf dengan ukuran kecil. Bahannya pun bisa berbahan satin ataupun sutera, akan lebih cantik jika kamu memilih scarf yang bermotif. Kamu cukup mengikatnya di pegangan tasmu dan penampilanmu akan terlihat lebih stylish seketika. Cara ini akan lebih cocok digunakan jika kamu memakai tas tangan.

  1. Ikat Pinggang

Bosan dengan ikat pinggang yang itu-itu saja? Jika ya, kamu bisa mencoba bereksperimen memakai scarf sebagai pengganti ikat pinggangmu. Cukup bentuk scarf menjadi segitiga dan gulung beberapa kali hingga menjadi panjang, lalu ikatkan di pinggangmu. Untuk mencoba gaya ini, kamu bisa memakai kemeja berwarna netral dan memasukkan ujung kemejamu agar ikat pinggang terlihat.

Tips Tampil Profesional dengan Scarf

Saat ke kantor, tentu kamu ingin tampak profesional dan tidak asal-asalan. Terutama jika kamu bekerja di bidang yang mengharuskan untuk sering bertemu dengan klien yang menuntutmu tampak fresh dan profesional sepanjang waktu. Berikut ini ada tips singkat yang bisa kamu gunakan saat ingin tampil profesional dengan scarf untuk ke kantor:

Sponsors Link

  • Pilih scarf yang tipis

Pastikan kamu memilih scarf yang ringan dan tipis untuk ke kantor. Kamu tentu tidak ingin terlihat mengenakan scarf tebal dan besar di leher saat ke kantor. Selain tidak enak dilihat, kamu pun bisa merasa kurang nyaman karena kepanasan, gerah, atau gatal dengan scarf tebal di leher seharian. Maka, scarf berbahan linen, sutera, atau katun sangat cocok untuk menjadi teman setiamu untuk ke kantor. (Baca juga: Aneka Jenis Bahan Dasi)

Scarf yang tipis dan ringan juga cukup mudah untuk dibentuk melingkari lehermu. Dia akan membuatmu tampak elegan dan classy serta bisa menarik perhatian klien ke arah leher sehingga mereka akan cenderung melihat wajahmu saat berinteraksi.

  • Hindari Infinity Scarf

Infinity scarf mungkin merupakan pilihan yang sangat simple dan mudah diaplikasikan ketika kamu ingin memakai scarf ke luar rumah. Namun scarf dengan gaya ini dianggap terlalu kasual untuk dipakai ke kantor. Maka, jika scarf dengan model infinity scarf merupakan favoritmu, simpan saja untuk acara hang out saat akhir minggu, ya! (Baca juga: Gaya dan Model Syal untuk Pria dan Wanita)

  • Scarf bermotif lebih menarik

Scarf yang kamu gunakan untuk ke kantor berfungsi untuk menarik perhatian orang-orang di sekitarmu, sama seperti ketika kamu memakai dasi. Jika kamu memilih sxarf yang tepat, kamu akan sangat terbantu ketika bertemu dengan klien. Klienmu akan bisa lebih fokus melihat ke bagian atas tubuhmu, khususnya ke arah wajah.

Baca juga:

Oleh karena itu, scarf dengan motif menarik akan sangat cocok untuk kamu pilih sebagai teman ke kantor. Kamu bisa memilih kemeja dan setelah berwarna netral tanpa motif, lalu padukan dengan scarf bermotif dan berwarna cerah. Cara ini akan membuatmu terlihat stylish seketika, lho!

  • Kenakan tepat di leher

Memang ada banyak cara untuk memakai scarf. Namun, jika kamu ingin memakai scarf di leher pada saat ke kantor, akan lebih cocok jika kamu memilih scarf dengan ukuran medium, yang tidak terlalu panjang dan bisa diikat tepat di bagian leher atau kerah pakaian. Memilih ukuran yang terlalu panjang akan membuat scarf menjuntai dan justru membuat penampilanmu kurang profesional. Kalaupun kamu memaksa untuk mengikatnya dekat di leher, scarf akan terlihat terlalu penuh. (Baca juga: Ukuran Dasi yang Ideal)

  • Padukan dengan jaket atau blazer

Jika kamu lebih memilih scarf yang ukurannya lebih panjang, kamu bisa memadukan scarf ini dengan blazer atau jas. Kamu bisa memilih antara scarf gaya pita, sebagai cara lain tampil modis dengan dasi kupu-kupu, atau melilit scarf seperti biasa dan menyembunyikan ujungnya di dalam blazer yang kamu kenakan. Cara ini juga bisa kamu coba ketika kamu mengenakan scarf berukuran medium namun tidak ingin melilitkannya pas di leher. (Baca juga: Mengkombinasikan Warna Jas, Kemeja dan Dasi)

  • Scarf bukan hanya hiasan leher

Jika kamu memiliki scarf favorit bermotif cerah namun bosan mengenakannya sebagai hiasan leher, kamu bisa juga, lho memakainya sebagai aksesoris lain. Seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya, scarf favoritmu juga bisa kamu manfaatkan sebagai hiasan tas, bahkan kamu bisa mengganti tali tasmu dengan scarf yang sudah kamu lilit, lho!

Kini kamu tahu bagaimana cara menggunakan scarf untuk ke kantor beserta aneka tips dan trik lainnya untuk kamu bisa tampil profesional dengan scarf. Nah, apakah kamu sudah siap tampil aksi dengan scarf? Selamat mencoba, ya!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, October 2017 / 14:46 Oleh :
Kategori : Tutorial