Sponsors Link

Memilih Dasi untuk Menghadiri Acara Pemakaman

Sponsors Link

Pemakaman adalah salah satu acara yang sacral dan harus dihadiri dengan penuh hormat. Upacara pemakaman dianggap sebagai penghormatan terakhir kita terhadap jasad orang yang telah meninggal dunia. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa untuk mengadakan dan menghadiri acara pemakaman, ada banyak sekali adat, kepercayaan dan tradisi yang mengaturnya.

ads

Tidak hanya ritual dan acaranya saja yang diatur, untuk pakaian yang harus dikenakan pun terdapat aturan-aturan khusus. Meski hal ini tidak diatur secara tertulis, namun sebenarnya ada kode etik yang berlaku di masyarakat mengenai pakaian seperti apa yang pantas untuk dipakai untuk menghadiri pemakaman. Misalnya, pakaian berwarna gelap, berpotongan formal dan rapi, serta sopan dan sederhana. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dibahas cara berpakaian yang sesuai untuk menghadiri acara pemakaman, untuk nantinya mempermudah kamu memilih dasi yang sesuai.

Pakaian yang Cocok untuk Menghadiri Acara Pemakaman

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, acara pemakaman adalah acara yang sakral dan dianggap sebagai bentuk penghormatan terakhir pada orang yang sudah meninggal. Oleh karena itu, untuk menghadiri acara seperti ini kamu perlu memilih pakaian yang sesuai dan tidak seenaknya sendiri. jangan sampai tuan rumah yang sedang berduka merasa tidak dihormati dan dihargai dengan cara berpakaianmu yang salah.

  1. Pilih pakaian berwarna gelap – Warna yang paling umum digunakan oleh para pelayat saat menghadiri acara pemakaman adalah warna-warna yang gelap. Misalnya saja kamu bisa memilih warna biru gelap, ungu gelap, merah gelap atau warna-warna gelap dan tua yang lain. Begitu pula dengan celana ataupun jas yang mungkin ingin kamu kenakan, pastikan celana dan jas tersebut juga memiliki warna yang gelap.
  2. Warna hitam bisa menjadi pilihan termudah – Jika kamu bingung harus memilih warna apa, baju berwarna hitam bisa menjadi jalan keluar yang mudah. Baju berwarna hitam merupakan warna yang paling aman untuk dipakai untuk menghadiri acara pemakaman. Warna ini tidak akan pernah salah untuk kamu kenakan sebagai senjata andalanmu.
  3. Hindari warna-warna terang – Warna terang cenderung membawa pesan ceria, gembira atau playful. Maka, warna ini tidak akan pernah cocok untuk kamu kenakan saat menghadiri acara pemakaman. Kecuali jika tuan rumah memang memberi dresscode warna terang dan cerah, jangan pernah kenakan pakaian warna ini ke pemakaman. Warna putih mungkin bisa menjadi pengecualian. Khususnya bagi keluarga muslim, menghadiri acara pemakaman dengan pakaian warna putih masih dianggap umum. Hal ini dikarenakan warna putih membawa pesan kesucian sehingga akan cukup netral dan aman untuk menghadiri pemakaman.
  4. Pilih jenis pakaian formal – Untuk menghadiri acara pemakaman, maka pastikan kamu memilih jenis pakaian yang formal. Misalnya, bagi pria, kamu memakai kemeja dan celana kain. Kamu bisa melengkapinya dengan jas resmi yang pas di badan. Wanita pun demikian, pilihlah dress terusan atau setelan yang formal. Jenis pakaian formal ini akan menunjukkan bahwa kamu sangat menghormati acara tersebut sehingga tuan rumah juga merasa dihargai olehmu. Jangan sampai kamu memakai jenis pakaian yang terlalu santai, seperti kaos, celana jeans ataupun celana pendek. Jenis pakaian ini akan terlalu santai dan membuatmu terlihat asal-asalan saat menghadiri acara pemakaman tersebut. Tuan rumah pun akan merasa tidak dihargai olehmu.
  5. Tetap jaga pakaian agar tetap sopan – Sopan, berarti pakaian tersebut tidak terlalu terbuka atau terlalu minim. Bagi pria, hal ini mungkin cukup mudah, karena kamu tidak mungkin kan memakai celana super pendek untuk ke pemakaman? Namun, bagi wanita hal ini cukup tricky. Tidak ada aturan tertulis yang menentukan pakaian apa yang ‘cukup sopan’ atau ‘cukup tertutup’ bagi seorang wanita. Setiap orang pasti memiliki pandangan sendiri. Namun, sebagai tips aman, pilihlah pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat membalut tubuhmu. Panjang pakaian pun usahakan di bawah lutut. Jika acara pemakaman berlangsung di luar ruangan, sebaiknya kamu memilih pakaian berlengan dan berkerah agar lebih sopan.
  6. Warna polos akan lebih aman dibandingkan pakaian bermotif – Sebenarnya tidak ada salahnya jika kamu memilih pakaian yang bermotif. Namun, pakaian bermotif cenderung memberi kesan ceria dan bersemangat sehingga akan kurang cocok untuk dikenakan untuk menghadiri acara pemakaman. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih pakaian yang berwarna polos dibandingkan pakaian bermotif.

Aksesoris untuk Menghadiri Acara Pemakaman

Aksesoris merupakan pelengkap dalam berpakaian. Bergaya dengan pakaian keren terkadang masih kurang lengkap jika tanpa ada hiasan aksesoris. Kamu mungkin biasa menambahkan jam tangan, kalung, bracelet atau aksesoris lainnya untuk membuat penampilanmu tidak terlihat monoton.

Namun, akan lain halnya jika kamu menghadiri pemakaman. Akan lebih baik jika kamu meminimalisir penggunaan aksesoris saat menghadiri acara pemakaman. Kalaupun kamu ingin memakai aksesoris agar terlihat tidak terlalu polos, kamu bisa mencoba menggunakan aksesoris berikut ini:

  • Kalung minimalis – untuk para wanita yang mengenakan dress hitam saat menghadiri pemakaman, mungkin penampilan kamu akan tampak sangat polos jika tidak menambahkan aksesoris. Supaya tidak tampak berlebihan, kamu bisa mengenakan kalung yang pas di leher ataupun kalung yang menjuntai hingga ke dada. Namun, pastikan kalung yang kamu kenakan tidak terlalu berkilau dan mengkilap. Kalung yang berkilauan dan mengkilap akan tampak terlalu mencolok dan tidak sesuai jika dipakai untuk menghadiri pemakaman.
  • Dasi – jika para wanita bisa mengenakan kalung, kamu para pria bisa memakai dasi sebagai pelengkap kemejaa formal yang kamu kenakan. Dasi segitiga adalah model dasi yang paling cocok untuk dipakai untuk menghadiri pemakaman.
  • Sarung tangan – menggunakan sarung tangan akan cocok untuk kamu, khususnya jika acara pemakaman berlangsung di luar ruangan. Pilih sarung tangan berwarna gelap, namun warna hitam akan lebih utama.

Nah, aksesoris di atas merupakan beberapa aksesoris yang bisa kamu pilih saat akan menghadiri pemakaman. Lalu, aksesoris mana yang ingin kamu pakai? Apakah dasi merupakan aksesoris pilihanmu? Apa kamu masih bingung dasi seperti apa yang harus kamu pilih untuk menghadiri pemakaman? Terus simak pembahasan berikut, ya!

Dasi untuk Menghadiri Acara Pemakaman

Dasi memang merupakan aksesoris yang paling cocok untuk digunakan saat menghadiri acara pemakaman. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan dasi bisa menjadikan penampilanmu secara keseluruhan lebih menari tanpa membuatnya tampak terlalu berlebihan. Dengan demikian, kamu bisa menonjolkan kesan formal dan menghormati acara pemakaman yang terbilang sakral.

Untuk bisa tampil oke dengan dasi saat menghadiri acara pemakaman, kamu akan perlu mengetahui cara memilih dasi yang tepat. Lalu, seperti apakah dasi yang tepat untuk menghadiri acara pemakaman itu? Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap dasi untuk menghadiri acara pemakaman:

Sponsors Link

  1. Model dasi yang sesuai

Hal yang pertama yang harus kamu perhatikan saat ingin memakai dasi untuk acara pemakaman adalah model dasi yang kamu pakai. Dasi model kupu-kupu, misalnya, akan tampak cukup formal namun akan kurang cocok digunakan untuk menghadiri acara pemakaman. Mengapa demikian?

Dasi kupu-kupu biasanya akan sangat cocok dikenakan Bersama tuksedo saat acara pernikahan, atau Bersama suspender untuk acara party yang lebih santai. Dengan demikian, dasi model kupu-kupu cenderung erat dengan image santai, kegembiraan dan perayaan. Oleh karena itu, jika kamu memilih dasi kupu-kupu saat akan menghadiri acara pemakaman, penampilanmu akan cukup formal namun kurang menggambarkan suasana berbelasungkawa.

Oleh karena itu, model dasi segitiga adalah model yang paling sesuai untuk menghadiri acara pemakaman. Model dasi segitiga merupakan model yang paling konservatif dan sederhana sehingga tidak akan tampak berlebihan. Tuan rumah juga akan mendapat pesan yang ingin kamu sampaikan bahwa kamu menghormati acara tersebut da turut berempati dalam kedukaan yang mereka alami.

  1. Pilih warna dasi yang tepat

Selanjutnya adalah tentukan warna dasi yang ingin kamu pakai. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, upacara pemakaman akan identik dengan warna-warna gelap. Tuan rumah dan para tamu yang hadir pada umumnya akan memakai pakaian berwarna gelap seperti hitam, biru gelap, ataupun warna-warna bergradasi gelap lainnya. Oleh karena itu, untuk memilih warna dasi pun sangat dianjurkan untuk kamu memilih gradasi warna yang gelap.

Dasi berwarna hitam akan cukup cocok digunakan, meskipun di saat yang sama kamu juga memakai kemeja berwarna hitam. Namun, untuk membuat dasimu lebih terlihat kontras, kamu mungkin bisa memilih dasi berbahan satin sehingga sedikit memiliki kilap yang akan menciptakan kontras dengan kemeja.

Dasi berwarna merah gelap, biru gelap, ungu gelap, atau warna lainnya juga akan cukup cocok digunakan. Warna-warna ini bisa menjadi alternatif jika kamu merasa bosan mengenakan dasi yang berwarna hitam juga.

  1. Sesuaikan motif dasi

Selanjutnya, kamu juga harus menentukan motif dasi seperti apakah yang akan cocok untuk kamu pakai saat menghadiri acara pemakaman. Dasi yang bermotif biasanya cenderung akan memberi kesan playful dan lebih menonjol. Kesan ini sebaiknya dihindari saat kamu akan menghadiri acara pemakaman. Akan lebih baik kamu merendahkan dirimu dan tidak terlalu mencolok saat menghadiri acara pemakaman.

Namun, jika kamu tetap ingin memakai dasi yang bermotif untuk menghadiri acara pemakaman, bukan berarti kamu harus membatalkannya. Kamu tetap bisa, kok, memakai dasi bermotif tanpa menjadi terlalu menonjol. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba saat ingin memilih motif yang cocok saat ingin memakai dasi bermotif ke pemakaman:

  • Motif dasi simple dan tidak terlalu unik, misalnya motif garis-garis yang merupakan motif umum pada dasi pria. Sebisa mungkin hindarri dasi yang bermotif ceria, seperti polkadot, bintang, ataupun icon-icon tertentu.
  • Pilih warna motif yang cukup netral, jangan pilih motif berwarna neon seperti kuning, orange, atau merah muda menyala. Warna abu-abu, merah tua atau biru navy bisa mnejadi pilihan warna yang cukup aman untuk kamu pakai.

Setelah membaca pembahasan di atas tentang memilih dasi untuk menghadiri acara pemakaman, mungkin kamu sudah menentukan dasi apa yang paling cocok untuk kamu pilih untuk menemanimu menghadiri acara pemakaman. Tentu saja, kamu akan memilih dasi yang paling cocok untuk dipasangkan Bersama pakaian bernuansa gelap. Maka dari itu, berikut ini akan dibahas juga pilihan warna dasi yang cocok untuk kemeja bergradasi gelap.

Warna Dasi untuk Mneghadiri Acara Pemakaman

Sudah dibahas sebelumnya bahwa warna pakaian yang paling cocok untuk dipakai saat menghadiri acara pemakaman adalah pakaian yang berwarna hitam, atau warna-warna lain yang memiliki tone warna gelap. Sebagai contoh warna ungu gelap, biru donker, atau merah marun. Warna abu-abu yang klasik juga akan cukup cocok untuk dipakai saat menghadiri acara pemakaman.

Jika demikian, dasi seperti apa sih yang akan cocok sebagai pasangan pakaian-pakaian tersebut? Yuk, simak pembahasan berikut:

  1. Kemeja warna hitam

Warna hitam termasuk warna yang sangat netral dan sangat mudah untuk dipadu-padankan dengan dasi warna apapun. Namun, mengingat acara yang akan kamu hadiri adalah acara pemakaman, tentu kamu tidak bisa memadukan kemeja hitam tersebut dengan warna-warna cerah seperti kuning, ungu, atau biru elektrik. Apalagi, jika dasi-dasi tersebut memiliki motif yang akan menambah kesan ‘ramai’.

Maka, sebagai gantinya kamu bisa memilih dasi satin berwarna hitam, yang akan tetap sedikit ‘menonjol’ karena aksen kilapnya. Dasi berwarna abu-abu tua juga bisa kamu pilih sebagai alternatif lain. Jika kamu ingin mengenakan dasi bermotif, kamu bisa memilih dasi hitam dengan sedikit motif abu-abu yang cukup elegan dan sederhana untuk kamu kenakan saat enghadiri acara pemakaman.

Sponsors Link

  1. Kemeja abu-abu gelap

Pilihan warna kemeja selanjutnya yang akan cukup cocok untuk dikenakan ke acara pemakaman adalah warna abu-abu tua. Warna ini termasuk warna yang cukup gelap, namun tidak semonoton warna hitam. Warna abu-abu tua ini juga cenderung mudah untuk kamu padu-padankan dengan warna-warni dasi.

Kamu bisa memadukan kemeja abu-abu tuamu ini dengan dasi berwarna hitam, yang akan mempertegas suasana berduka cita yang kamu rasakan. Dasi berwarna abu-abu yang satu tingkat lebih muda dibanding warna kemeja juga akan serasi bersama kemeja abu-abu tua yang kamu kenakan. Sekali lagi, kamu harus ingat untuk tidak memilih dasi yang terlalu cerah dan terlalu mecolok untuk menjaga suasana acara pemakaman yang cenderung tenang dan sakral.

  1. Kemeja biru donker

Siapa bilang kemeja berwarna selain hitam tidak cocok untuk dikenakan ke acara pemakaman? Kemeja biru donker ternyata cukup gelap dan aman untuk kamu pakai saat menghadiri acara pemakaman. Lalu, bagaimana cara memilih pasangan dasi yang tepat?

Memilih warna dasi yang cocok untuk kemeja berwarna biru donker ini mungkin tidak semudah saat kamu memilih dasi untuk kemeja hitam maupun abu-abumu. Maka, dasi berwarna hitam lagi-lagi bisa menjadi senjata pamungkas untukmu. Tapi jika kamu merasa warna hitam terlalu biasa untuk kamu pakai dan kamu ingin merasakan tantangan dalam memilih dasi, kamu masih boleh memakai dasi berwarna silver.

Meski berwarna cukup muda, dasi berwarna silver tidak akan tampak terlalu ceria atau terlalu mecolok untuk kamu pakai menghadiri acara pemakaman. Sebisa mungkin kamu memiilh dasi berwarna silver yang sedikit slim sehingga warna biru donker di kemejamu tetap mendominasi penampilanmu secara keseluruhan.

  1. Kemeja merah marun

Warna merah mungkin merupakan pilihan yang sedikit terlalu ‘berwarna’ namun tetap cukup aman untuk kamu pilih saat menghadiri acara pemakaman. Namun, pastikan kemeja merah yang kamu pilih memiliki gradasi yang sangat gelap sehingga tidak akan tampak mencolok di acara tersebut.

Sebagai padanannya, lagi-lagi kamu bisa memilih dasi yang berwarna hitam. Dasi berwarna abu-abu juga bisa menjadi opsi lainnya sebagai padanan netral dengan kemeja merah marunmu. Jika kamu merasa penampilanmu dengan kemeja merah tersebut masih terlalu mencolok, kamu bisa memakai jas untuk menutupi kemeja merahmu dan tetap akan tampil oke di tengah tamu yang datang.

  1. Kemeja putih

Satu warna ini mungkin cukup melawan aturan yang dibahas sebelumnya mengenai pakaian gelap yang harus dikenakan saat menghadiri acara pemakaman. Namun, tahukah kamu bahwa warna putih yang identic dengan kesucian ini menjadi kode etik saat menghadiri acara pemakaman dengan adat tertentu? Misalnya saja di Timur Tengah, warna putih merupakan warna standar yang harus dipakai tamu saat menghadiri acara pemakaman.

Untuk itu, kamu pun bisa memakai kemeja putih yang cukup konservatif dan cocok untuk dikenakan dalam acara apapun. Dasi yang bisa kamu pilih juga beragam. Tapi, sebagai saran yang paling aman, kamu bisa memadukan kemeja putihmu dengan dasi berwarna hitam atau biru tua. Jas hitam juga bisa kamu pakai untuk menambah formal. Warna hitam pada dasi dan jas ini akan ‘menyeimbangkan’ warna putih yang sangat terang sehingga kamu masih akan serasi berada di antara tamu yang menghadiri acara pemakaman.

Nah, jika kamu sudah mengetahui tips di atas tentang dasi untuk menghadiri acara pemakaman, kamu bisa langsung mencobanya saja, ya! Hal yang paling penting untuk kamu ingat adalah ketahui dahulu adat istiadat tuan rumah, karena siapa tahu pihak keluarga memiliki color code tertentu yang juga wajib kamu patuhi. Selain itu, jangan lupa niatkan kedatanganmu untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan, ya!

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 12th, June 2017 / 14:51 Oleh :
Kategori : Panduan