Sponsors Link

Memadukan Dasi dengan Kemeja Kotak-Kotak

Sponsors Link

Bagi para pria mungkin merupakan tantangan tersendiri saat harus memilih pakaian untuk acara formal. Berbeda dengan wanita yang memiliki sangat banyak pilihan pakaian formal, pria hanya memiliki pilihan terbatas untuk penampilannya berbusana formal. Wanita mungkin memiliki gaun malam, cocktail dress hingga setelan blazer bersama aneka aksesoris sebagai pelengkap busana formal. Sementara pria hanya memiliki dasi, jas, sepatu vantofel dan beberapa aksesoris pelengkap saja untuk bergaya formal.

ads

Ya, dasi merupakan satu item penting untuk mengusung tema formal yang ingin kamu tonjolkan. Maka, jika kamu ingin tampil formal untuk sebuah acara, memakai dasi tidak boleh dilewatkan. Dasi akan memberi kesan formal secara instan! Meskipun pilihannya terbatas, kamu tetap bisa bereksperimen, kok, dengan pilah-pilih dasi dan kemeja beserta jas yang akan kamu pakai. Dengan kombinasi yang pas, kamu akan bisa tampil stylish saat bergaya formal.

Oleh karena itu, kamu harus tahu tips dan trik untuk bisa bergaya formal dengan pilihan pakaian yang terbatas. Justru hal ini bisa kamu jadikan sebagai tantangan untuk menguji kreativitasmu dalam memadupadankan pakaian dengan dasi atau aksesoris lainnya. Hal ini tampaknya akan membosankan, namun jika kamu berhasil membuat padu padan yang pas, pasti kamu akan merasakan kepuasan tersendiri saat tampak keren di depan rekan-rekanmu.

Memilih Dasi untuk Kemeja Bermotif

Apakah mungkin kamu merupakan penggemar kemeja bermotif? Nah, jika memang demikian, maka memilih dasi yang cocok akan menjadi tantangan tersendiri untuk kamu. Jika kamu memilih dasi yang salah, bukan tidak mungkin pilihan dasimu akan justru merusak penampilanmu secara keseluruhan. Bisa kamu bayangkan perpaduan kemeja polkadot biru dengan dasi bunga-bunga?

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara memilih dasi yang tepat untuk kamu pakai bersama kemeja bermotif. Bukan hanya akan membantumu saat memilih dasi untuk kemeja bermotif favoritmu, tapi akan membuat penampilan formalmu dengan kemeja bermotif tampak makin aksi. Namun, sebelumnya kamu harus mengenali dulu kemeja bermotif yang seperti apa yang akan cocok digunakan dengan dasi untuk tampilan formal, seperti berikut ini:

  • Motif sederhana akan lebih cocok untuk kamu gunakan saat akan menghadiri acara formal maupun semiformal. Misalnya, kamu memilih kemeja bermotif garis vertikal tipis dan berwarna netral. Kemeja bermotif garis merupakan jenis yang paling fleksibel dan mudah untuk dipadukan dengan tema apapun. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa memilih kemeja bermotif polkadot maupun kotak-kotak, asalkan tetap sederhana.
  • Hindari penggunaan dasi dengan aksen yang lebih rumit, seperti border ataupun motif yang besar dan ramai. Penggunaan dasi untuk kemeja yang sudah menonjol akan membuat penampilan kamu terlihat berlebihan.
  • Pilih motif kemeja dengan menyesuaikan ukuran tubuhmu. Jika kamu memiliki tubuh yang kecil, maka hindari kemeja bermotif besar dan ramai. Salah memilih motif kemeja bisa membuat kekurangan tubuhmu makin tampak menonjol.

Setelah kamu mengetahui kemeja bermotif seperti apa yang akan cocok dengan dirimu dan acara yang akan kamu hadiri, maka kini saatnya memilih paduan dasi yang sesuai dengan kemeja tersebut. Untuk memilih dasi yang cocok, kamu juga perlu mengetahui tips dan trik tertentu. Jangan sampai kamu salah memilih dasi, karena seperti yang telah dibahas sebelumnya, dasi yang salah akan justru merusak penampilanmu. (Baca juga: Arti dari Motif dan Corak Dasi)

  • Proporsi motif

Hal paling utama yang harus kamu perhatikan saat akan memadukan dasi dengan kemeja bermotif adalah proporsi motif yang kamu pilih. Kamu bisa memilih dasi bermotif yang sama dengan kemeja atau sama sekali berbeda dengan motif kemejamu. Jika kamu memilih dasi dengan motif yang sama dengan kemeja, pastikan ukuran atau ada suatu perbedaan yang tampak antara motif dasi dan kemeja. Hal ini untuk menjaga agar dasimu tetap tampak menonjol di atas kemejamu yang juga memiliki motif. Sebagai contoh, jika kamu memilih kemeja dengan motif polkadot kecil, maka kamu bisa memilih dasi dengan motif polkadot yang sedikit atau jauh lebih besar. (Baca juga: Cara Memadukan Dasi dengan Kemeja Bermotif)

Selain memilih dasi dengan motif yang sama, kamu juga bisa memilih motif yang sama sekali berbeda dengan motif kemejamu. Misalnya, kamu memilih dasi kotak-kotak sebagai pasangan kemeja bergaris. Namun, pastikan motif pada kemejamu berwarna netral dan tidak terlalu ramai sementara motif di dasimu lebih kuat dan mendominasi penampilanmu.

  • Atur kontras antara dasi dan kemeja

Jika kamu memang ingin memilih dasi bermotif untuk kemeja bermotif juga, pastikan motif dan warna dasimu tampak cukup kontras di atas kemejamu. Hindari motif yang persis sama antara dasi dan kemeja karena akan membuat dasimu ‘tenggelam’ dan sia-sia. Misalnya kamu memakai dasi polkadot dengan kemeja poolkadot dengan ukuran polkadot yang sama. Gaya ini akan membuat motif dasimu membaur sehingga tidak terlihat sama sekali.

Kamu bisa mengakali hal ini dengan memilih motif dasi yang sama namun dengan bentuk yang sedikit berbeda. Misalnya memakai kemeja bergaris vertical tipis dengan dasi bergaris miring yang lebih lebar. Dengan cara ini, kamu bisa mempertahankan kontras antara dasi dan kemeja sehingga membuat penampilanmu secara keseluruhan tampak oke.

  • Pilih warna yang cocok

Selain memilih motif yang cocok, kamu juga harus memilih warna dasi yang cocok dengan kemeja bermotifmu. Pastikan warna yang ada pada motif kemeja yang kamu pakai tidak bertabrakan dengan warna dasi yang kamu pakai. Sesuaikan warna dasi, baik warna dasar maupun warna motifnya, dengan gradasi warna yang ada pada kemejamu. Sebaiknya kamu menghindari memakai dasi dengan motif berwarna-warni saat memakai kemeja bermotif. Hal ini untuk menghindari kesan berlebihan dan terlalu ramai pada penampilanmu. (Baca juga: Warna Dasi Menunjukkan Karakter Pemakainya)

  • Tentukan highlight penampilanmu

Terlepas dari pemilihan motif dan kontras warna, kamu juga harus menentukan item fashion mana yang ingin kamu jadikan highlight dari penampilanmu secara keseluruhan. Hal ini akan menjadi pegangan untukmu ketika memilih perpaduan warna dan motif untuk kemeja dan dasimu. Dengan mengetahui item mana yang ingin kamu tonjolkan, kamu bisa memilih motif dan warna yang lebih menonjol pada item pakaian yang kamu pilih, baik itu dasi atapun kemeja.

Setelah mengetahui tips-tips di atas, apakah kamu sudah siap tampil kece dengan kemeja dan dasi bermotif? Lalu, motif apa yang kamu senangi? Bagi pria, mungkin tidak terlalu banyak motif pakaian dan dasi yang popular. Motif yang paling umum untuk dikenakan oleh para pria adalah motif garis, kotak-kotak dan polkadot. Meski tidak menutup kemungkinan ada motif lain seperti motif floral dan batik, namun sangat jarang para pria memadukan kemeja floral atau batik dengan dasi.

Kemeja kotak-kotak sebagai salah satu kemeja paling populer di kalangan para pria, ternyata bisa digunakan untuk acara formal Bersama dasi, lho! Hampir dipastikan kamu pun punya koleksi dasi kotak-kotak. Maka, apakah kamu tertarik memadukan dasi dengan kemeja kotak-kotak yang kamu miliki?

Sponsors Link

Dasi untuk Kemeja Kotak-Kotak

Memadukan dasi dengan kemeja kotak-kotak mungkin susah-susah gampang. Kamu harus bisa memilih dasi yang cocok dengan motif kotak-kotak di kemejamu. Tetap memegang panduan yang dibahas sebelumnya, yaitu memilih proporsi dan menjaga kontras motif, kamu bisa lho tampil keren dengan dasi bersama kemeja kotak-kotak.

  1. Dasi bermotif besar dan tegas

Apakah kamu memilih kemeja kotak-kotak kecil sebagai favoritmu? Kemeja dengan kotak-kotak kecil, atau bisa juga disebut motif gingham, merupakan satu jenis motif kemeja yang paling sering dipakai pria untuk pergi ke kantor. Kamu bisa memadukan kemeja bermotif gingham ini dengan dasi bermotid besar dan tegas. Misalnya kamu memilih dasi bermotif garis-garis besar atau polkadot yang cukup besar untuk membuat dasi yang kamu pakai terlihat menonjol dan jelas. Selain memastikan ukuran motif yang besar dan jelas, pilihlah juga warna dasi yang serasi dengan warna kemeja untuk menjaga keharmonisan penampilanmu. Dengan begitu, kamu bisa tampil menarik perhatian dengan dasi dan tetap enak dilihat.

  1. Dasi bertekstur

Dasi dengan bahan bertekstur akan lebih serasi jika dipasangkan dengan kemeja bermotif kotak-kotak. Kamu bisa memilih dasi berbahan tweed, wol, flannel atau rajut sebagai pasangan kemeja kotak-kotakmu. Tekstur bahan dasi ini akan membantu menambah volume pakaianmu. Kain yang berbahan ‘berat’ sangat cocok dengan kemeja bermotif kotak-kotak sedang atau plaid. Sementara itu, kain yang lebih ‘ringan’ seperti bahan seersucker akan lebih cocok jika dipadukan bersama kemeja bermotif kotak-kotak kecil atau gingham.

  1. Bow Tie

Siapa bilang bow tie atau dasi kupu-kupu hanya cocok dipadukan bersama tuksedo? Ternyata, dasi kupu-kupu juga bisa, lho, kamu gunakan sebagai paduan kemeja kotak-kotakmu! Bow tie ini akan memberi kesan muda dan unik pada dirimu sekaligus sedikit kesan formal. Modelnya yang unik dan tidak biasa juga dipastikan akan menarik perhatian pada dirimu secara instan. Ambil salah satu warna motif yang ada pada kemeja kotak-kotakmu sebagai warna pilihan untuk bow tie yang kamu gunakan. Jadi, sudah siap tampil kece dengan bow tie? (Baca juga: Tips Tampil Modis dengan Dasi Kupu-Kupu)

  1. Dasi polos

Cara ini merupakan cara paling aman saat kamu akan memadukan dasi dengan kemeja bermotif. Meski terkesan membosankan dan menampakkan karaktermu yang bermain aman, kamu bisa tampil oke dengan dasi polos saat memakai kemeja kotak-kotak. Kemeja kotak-kotak biasanya memiliki dua warna atau lebih. Untuk itu, kamu bisa memilih salah satu warna pada motif di kemejamu sebagai warna yang kamu ambil untuk dasimu. Namun, sebagai cara termudah, kamu sebaiknya memilih warna yang paling gelap ada pada kemejamu. Hal ini akan membantu dasi yang kamu pakai tampak menonjol dan kontras di atas kemeja kotak-kotakmu.

  1. Dasi Garis-Garis

Dasi bermotif garis akan sangat cocok untuk kamu padukan dengan kemeja kotak-kotak kecil atau gingham favoritmu. Pastikan kamu memilih dasi bergaris besar dan lebar untuk membuatnya tampak kontras dengan kemeja kotak-kotakmu. Untuk pilihan bentuk garisnya pun beragam. Kamu bisa memilih dasi bergaris vertikal maupun bergaris miring. Namun kamu harus pandai memilih bentuk garis yang paling tepat. Dasi bermotif garis dengan jarak garis yang renggang akan lebih cocok untuk dipadukan dengan kemeja gingham ini dibandingkan dasi bemrotif garis yang rapat.

  1. Dasi Polkadot

Tidak hanya dasi bermotif garis, dasi yang memiliki motif polkadot juga akan cocok untuk kamu padukan dengan kemeja bermotif gingham atau kotak-kotak kecil. Namun, kamu harus memastikan memilih motif polkadot yang tepat. Dasi dengan motif polkadot yang besar dan berjarak tidak terlalu rapat akan lebih cocok untuk dipadukan dengan kemeja kotak-kotak ini. Maka, mungkin kamu harus menghindari dasi polkaot kecil-kecil yang rapat karena hanya akan membuat penampilanmu sedikit terlihat aneh.

  1. Dasi dengan warna komplementer

Jika kamu merasa tidak yakin dengan warna dasi seperti apa yang akan cocok dengan kemeja kotak-kotakmu, kamu bisa memilih dasi dengan warna komplementer di roda warna. Sebagai contoh jika kamu memakai kemeja kotak-kotak dengan dasar warna biru maka kamu bisa memilih dasi berwarna jingga, atau kemeja kotak-kotak ungu maka kamu padankan dengan dasi berwarna kuning. (Baca juga: Warna Dasi yang Cocok untuk Kemeja Biru Tua)

Sponsors Link

  1. Dasi bermotif kecil dan rapat

Jika kamu memilih kemeja dengan motif kotak-kotak ukuran medium, atau bisa disebut juga motif checkered, maka kamu bisa menyeimbangkan penampilanmu dengan memilih dasi bermotif sebaliknya. Misalnya, kamu memilih dasi bermotif kecil dan rapat agar terlihat kontras dengan kemeja kotak-kotak yang kamu pakai. Sebagai contoh kamu memilih checkered shirt dengan dasi polkadot kecil-kecil dan rapat yang berwarna lebih gelap. Dengan proporsi ini, penampilanmu pun akan makin aksi bersama kemeja kotak-kotak dan dasi.

Namun, ada kalanya kamu harus meninggalkan dahulu dasi favoritmu saat memakai kemeja kotak-kotak. Jika kamu memakai kemeja kotak-kotak besar, maka dasi apapun tampaknya tidak akan cocok. Kemeja dengan motif kotak-kotak berukuran besar akan memberi kesan kasual dengan sendirinya sehingga cara apapun akan sulit untuk membuatnya tampak formal. Justru jika kamu memaksakan untuk memakai dasi, penampilanmu akan tampak aneh dan terlalu dipaksa. Maka, biarkan kemeja kotak-kotakmu sendiri yang menonjol dan mendominasi penampilanmu.

Aksesoris Lain untuk Tampil Formal dengan Kemeja Kotak-Kotak

Selain menambahkan dasi dengan kemeja kotak-kotak favoritmu, ada aksesoris lain yang bisa kamu tambahkan juga untuk menegaskan kesan formal yang ingin kamu bawa. Lalu, apakah aksesoris tersebut? Apakah tambahan aksesoris tidak akan menambah ‘ramai’ kemeja kotak-kotakmu yang sudah menonjol? Yuk, simak terus ya!

  • Penjepit Dasi

Penjepit DasiPenjepit dasi, meski cukup jarang digunakan dalam berbagai kesempatan, namun ternyata bisa membantumu untuk menambah kesan formal saat memakai kemeja kotak-kotak. Penjepit dasi ini berfungsi untuk menjaga agar dasimu tetap rapi. Selain itu, dengan penjepit dasi, gaya berpakaianmu dengan dasi akan tampak semakin profesional dan stylish karena tidak semua pria memakai penjepit dasi ini. Tentu hal ini akan menjadi nilai tambah dalam gayamu, bukan?

  • Vest

Vest atau rompi juga akan sangat cocok untuk kamu pakai dengan kemeja kotak-kotak dan dasi. Vest ini memberi kesan formal namun tetap menjaga gayamu yang muda dan fresh! Pastikan kamu memilih vest dengan warna netral dan senada dengan celana kain yang kamu kenakan. Hal ini akan membantu membuat penampilanmu terlihat harmonis. Selain itu, warna vest yang netral dan senada dengan celana juga bisa menjaga agar dasi dan kemeja kotak-kotak yang kamu pakai tetap menjadi highlight pada gaya berpakaianmu saat itu.

  • Jas

Jas dengan kemeja kotakUntuk kesan yang lebih profesional dan serius, kamu juga bisa mengenakan jas untuk dipadukan dengan kemeja kotak-kotak dan dasi. Pilihlah jas yang berwarna netral dan masih harmonis dengan kemeja serta dasimu. Usahakan kamu tidak memasukkan tiga warna sekaligus dalam padua kemeja kotak-kotak, jas dan dasi, kecuali kamu sudah sangat ahli dalam padu padan pakaian. Hal ini untuk menjaga agar penampilanmu tidak terlihat terlalu ‘ramai’ dan berlebihan. Sebagai contoh, kamu memilih kemeja gingham biru muda dipadukan dengan dasi polkadot berwarna dasar biru navy dan jas berwarna biru navy. Cara ini akan menciptakan perpaduan warna yang serasi dan tetap menonjolkan dasi yang kamu pakai. (Baca juga: Mengkombinasikan Warna Jas, Kemeja dan Dasi)

  • Suspender

Suspender dengan kemeja kotakSuspender mungkin merupakan fashion item yang tidak bisa dikenakan setiap saat. Kesannya yang unik dan eye catching membuat tidak banyak orang yang memakai suspender di kegiatannya sehari-hari. Biasanya, suspender dikenakan pada acara-acara tertentu, khususnya yang memberlakukan dress code tertentu pula, seperti acara ulang tahun, pernikahan dan lain-lain. Tapi ternyata suspender cukup cocok lho untuk dijadikan sebagai aksesoris tambahan saat kamu memakai kemeja kotak-kotak juga dasi!

Nah, apakah sekarang kamu sudah memiliki ide dengan dasi apa kemeja kotak-kotakmu dipadukan? Setelah ini kamu tidak akan bingung lagi dala memilih dasi yang cocok saat ingin tampil formal dengan kemeja kotak-kotak. Semoga bermanfaat, ya!

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 25th, July 2017 / 14:35 Oleh :
Kategori : Panduan