Sponsors Link

9 Model-Model Syal Pramugari yang Menarik

Sponsors Link

Syal adalah selembar kain yang biasa dipakai di bahu, dada, leher, lengan dan terkadang dipakai di kepala sebagai hiasan. Syal seringkali dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh, menggantikan fungsi jaket atau sweater. Tapi ternyata kini fungsi syal tidak hanya itu. Banyak pria dan wanita yang kini memakai syal untuk alasan fashion. Kini syal banyak dipakai sebagai penghias pakaian dan pelengkap gaya berpakaian seseorang.

ads

Tidak hanya sebagai aksesoris pakaian, syal juga cukup sering dimanfaatkan sebagai salah satu atribut seragam. Hal ini tentu tidak mengherankan, karena model syal yang tepat bisa meningkatkan daya tarik seseorang dan menambah keanggunannya. Salah satu profesi yang sering memasukkan atribut syal sebagai bagian seragamnya adalah profesi pramugari.

Jika kamu memerhatikan saat melakukan perjalanan udara, kamu akan melihat begitu banyak pramugari dari berbagai maskapai yang menggunakan syal di atas seragamnya. Kamu akan meliihat mereka terlihat begitu anggun, profesional, namun tetap simple dengan syal yang mereka pakai tersebut. Mungkin hal ini akan membuat kamu bertanya-tanya apa hal yang special pada syal hingga membuatnya menjadi item favorit para pramugari. Maka, kali ini akan dibahas model-model syal pramugari yang mungkin akan membuatmu tertarik untuk mencobanya juga. Simak terus, ya!

Fungsi Syal Pramugari

Awak pesawat, baik itu pramugari maupun pilot, merupakan salah satu profesi yang mengharuskan mereka tampak terawat, rapi dan elegan. Hal ini dikarenakan mereka banyak berinteraksi langsung dengan pelanggan dan menuntut mereka bisa berkomunikasi dengan baik dengan para pelanggan maskapai. Sementara itu, penampilan yang baik dengan well-mannered akan lebih mudah mendapat respon yang baik dari para pelanggan dan mempermudah mereka berinteraksi.

Senyuman, sikap ramah dan helpful, ternyata tidak cukup. Pakaian yang rapi dan menarik akan sangat membantu untuk mendapat perhatian para pelanggan maskapai sehingga lebih mudah untuk mendapat respon positif dari mereka. Tidak bisa dipungkiri, bahwa aksesoris pakaian pun akan sangat membantu mereka tampil lebih menarik, dimana syal menjadi salah satu aksesoris yang paling cocok.

Syal merupakan aksesoris yang sangat praktis. Dia mudah untuk untuk dipadu-padankan, tidak akan tersangkut kursi, mudah dilepas-pasang, dan tidak akan mudah berkerut. Hal ini tentu memberi nilai plus untuk syal sebagai alternative pilihan aksesoris untuk pramugari. Berikut ini beberapa fungsi syal bagi para pramugari:

  • Sebagai aksesoris – syal tidak mudah berkerut, aman karena tidak memiliki ujung tajam seperti yang ada pada bros atau pin.
  • Sebagai identitas perusahaan – tidak bisa dipungkiri bahwa segala atribut yang dipakai di seragam merupakan identitas perusahaan. Begitu pula dengan syal yang dipakai oleh pramugari juga pasti memiliki fungsi sebagai identitas perusahaan maskapai penerbangan tempatnya bekerja. (Baca juga: Cara Menggunakan Scarf untuk ke Kantor)
  • Menarik perhatian – pramugari seringkali membutuhkan para penumpang untuk memperhatikannya, misalnya pada saat mereka melakukan demo keselamatan penumpang. Untuk itu, para pramugari memerlukan atribut yang menarik, terutama di bagian atas tubuhnya, agar lebih mudah menarik perhatian para penumpang pesawat.
  • Menambah kesan elegan – syal bisa dengan mudah menambah kesan elegan dan menonjolkan sisi fashionable pada seorang pramugari.
  • Mudah digunakan – syal pramugari tidak sulit digunakan seperti dasi atau aksesoris lainnya. Seorang pramugari cukup mengikatnya di leher dan dia pun akan segera siap berangkat.
  • Menghangatkan tubuh – udara di dalam kabin seringkali sangat dingin. Hal ini tentu membuat syal menjadi item favorit untuk digunakan oleh para pramugari selama bekerja. (Baca juga: Perbedaan Scarf dan Syal)

Dari beberapa fungsi syal pramugari di atas, kini mungkin kamu telah paham alasan mengapa syal menjadi atribut aksesoris yang sering dipakai di seragam pramugari. Hal ini dikarenakan syal memiliki beberapa fungsi bermanfaat, juga karena syal praktis dana man untuk dipakai selama penerbangan.

Kilas Sejarah Seragam Pramugari

Jika kita melihat ke sejarah, mungkin kita akan semakin yakin bahwa pramugari merupakan profesi yang sangat dekat dengan dunia fashion karena seragam dan segala pernak-perniknya yang selalu up to date. Hal ini tidak mengherankan karena pramugari merupakan garda terdepan yang dimiliki oleh maskapai penerbangan, dimana mereka akan secara langsung berinteraksi dengan para penumpang. Maka, para pramugari harus bisa membawakan identitas perusahaan hingga bisa meninggalkan kesan mendalam pada para penumpangnya.

Hal ini diterjemahkan oleh para maskapai dengan berlomba-lomba menciptakan desain seragam yang unik dan menarik untuk para pramugarinya. Setelah Perang Dunia II, semakin banyak maskapai penerbangan yang bersaing dan mulai memikirkan cara untuk membedakan dirinya dengan maskapai lain. Hingga akhirnya mereka menyewa desainer ternama untuk membuat seragam yang mencolok dan menggambarkan brand image perusahaan.

Pada tahun 1930-1940, tren pakaian pramugari berubah dari model seperti perawat menjadi model yang lebih terkesan militer. Tren ini mengikuti masa Perang Dunia II pada saat itu, hingga para pramugari terlihat lebih serasi dengan kru penerbangan lainnya dan lebih fungsional mengingat saat itu sedang dalam kondisi peperangan. (Baca juga: Dasi Hitam Identik dengan Duka Cita)

Pada tahun 1960-an, tren seragam pramugari kembali berganti. Perjalanan udara yang makin meningkat pamornya, membuat perusahaan semakin melihat pentingnya seragam pramugari yang menarik. Pada masa ini, item seragam pramugari yang menjadi highlight adalah topi. Sampai-sampai pernah seorang desainer membuat helm yang menyerupai helm astronot untuk dipakai oleh para pramugari saat mereka dalam perjalanan dari hotel hingga pesawat, dengan tujuan melindungi tatanan rambutnya. Meskipun helm ini tidak bertahan lama karena dinilai tidak praktis untuk penerbangan.

Beralih ke tahun 1970-an, tren seragam pramugari berubah menjadi pakaian yang berlapis, seperti gaun terusan dengan jaket. Sementara itu, sedikit berbeda lagi pada tahun 1980-an dimana tren seragam pramugari berfokus pada bantalan di bahu dan blazer dengan kerah yang lebar. Gaya pada 1980-an ini seakan menonjolkan sisi kuat yang dimiliki oleh para pramugari wanita.

Hingga kini, seragam pramugari masih banyak berkaitan dengan dunia fashion. Seakan banyak maskapai yang semakin berlomba-lomba mendesain seragam pramugarinya untuk terlihat lebih fashionable dengan bantuan label desainer ternama. Seperti Delta Airlines yang menggunakan desain label Kate Spade atau Etihad yang menggunakan jasa desainer ternama asal Italia, Ettore Bilotta.

Sponsors Link

Model-Model Syal Pramugari

Setelah mengetahui aneka fungsi dan kelebihan syal yang dipakai pramugari, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jika kamu tertarik, berikut ini akan dibahas model-model syal pramugari dari berbagai maskapai penerbangan yang menarik dan mungkin bisa kamu coba sebagai pelengkap pakaian keseharianmu.

  1. All Nippon Airways

ANAAll Nippon Airways adalah maskapai penerbangan terbesar di Jepang. Maskapai ini melayani penerbangan domestic dan internasional. Seperti maskapai penerbangan pada umumnya, All Nippon Airways yang juga sering dikenal dengan nama ANA, juga mewajibkan pramugarinya memakai seragam yang rapi dan menarik.

Salah satu atribut seragam wajib yang dipakai oleh pramugari ANA adalah syal yang diikat di leher. Syal yang dipakai cukup stunning karena memberi detail lipatan seperti pita besar dan dipadukan dengan kemeja serta blazer berwarna netral. (Baca juga: Mengkombinasikan Warna Jas, Kemeja dan Dasi)

Untuk mencoba membuat syal seperti ini, kamu hanya perlu menyiapkan selembar syal bermotif berbentuk segiempat. Lipat kecil-kecil syal tersebut hingga menjadi kecil memanjang dan menyerupai kipas. Kemudian, lingkarkan di leher dan ikat agar membentuk pita.

  1. Air Cana Rouge

Air Cana RougeJika pramugari biasanya kental dengan kesan feminin dan manis, lain halnya dengan pramugari dari maskapai Air Cana Rouge. Maskapai ini memberlakukan seragam pramugari dengan setelah celana. Atasannya berwarna merah dan pas badan dengan celana abu-abu yang juga pas badan, membuat pramugari terkesan santai dan kasual. Namun, syal yang terikat di leher mampu mempertahankan kesan elegan yang biasa ada pada pramugari. (Baca juga: Warna Dasi Menunjukkan Karakter Pemakainya)

Syal yang dipakai oleh pramugari maskapai Air Cana Rouge ini seakan menjadi fashion statement di penampilan secara keseluruhannya. Bagaimana tidak, ukuran syal yang cukup besar dipadukan dengan setelan yang pas badan, tentu akan merebut perhatian semua penumpang pesawat.

Untuk bisa meniru gaya penampilan pramugari Air Cana Rouge ini, kamu membutuhkan selembar syal segiempat berukuran medium. Lipat syal tersebut dan lingkarkan syal di leher kamu. Pastikan kamu melipat syal dengan rapid an mengikatkan menjadi simpul yang rapi juga. Biarkan ikatan syal di depan lehermu dan kedua ujung syal menjuntai di dada. Gaya syal ini seakan memperkuat kesan kasual, namun tetap elegan terikat di leher jenjang para pramugari. (Baca juga: Cara Memilih Model Dasi Wanita)

  1. China Eastern Airlines

China EasternUntuk gaya pramugari maskapai yang satu ini mungkin termasuk gaya yang paling sering kita lihat dipakai oleh pramugari di seluruh dunia. Gaya seragam pramugari China Eatern Airlines benar-benar menonjolkan kesan feminin, manis, dan anggun. Dipadukan dengan topi dan pakaian terusan selutut menunjukkan pramugarinya yang feminin, namun elegan secara simple. (Baca juga: Cara Memakai Syal agar Terkesan Elegan)

Kalau kamu merasa tertarik ingin mencoba juga gaya pramugari maskapai China Eastern Airlines ini, kamu bisa dengan mudah mencobanya. Cukup ambil secarik syal segiempat berukuran medium, lalu lipat secara diagonal. Lipat kembali syal tersebut hingga menjadi cukup lebar di leher kamu. Lingkarkan syal di leher beberapa kali, hingga menyisakan ujung yang tidak terlalu panjang. Kemudian, ikat kedua ujungnya menjadi simpul sederhana di salah satu sisi leher kamu. Biarkan ujung syal terulur natural.

  1. China Southern Airlines

Tidak jauh berbeda dengan gaya maskapai China Eastern Airlines yang sangat manis dan feminine, gaya seragam pramugari China Southern Airlines juga tampak menawan dan elegan. Satu hal yang membedakannya dengan seragam pramugari China Eastern Airlines adalah seragam pramugari China Southern Airlines tidak semanis dan se-feminin seragam ‘tetangganya’.

Meski gaya pakaian dan topi yang dipakai pramugari China Southern Airlines tidak jauh berbeda dengan maskapai sebelumnya, ternyata model syal yang berbeda bisa menciptakan kesan yang berbeda pula. Kamu pun bisa dengan mudah mencoba model syal pramugari yang satu ini karena cara memakainya sangat mudah. (Baca juga: Gaya dan Model Syal untuk Pria dan Wanita)

Kamu hanya akan memerlukan selembar syal berukuran medium dan berbentuk segiempat. Lipat syal tersebut memanjang, lalu lingkarkan di leher. Silangkan kedua ujung syal tersebut dan masukkan di dalam kemeja yang kamu pakai. Rapikan, dan kamu pun siap bergaya dengan syal ala pramugari. (Baca juga: Cara Memakai Scarf Pramugari)

Sebagai saran, untuk gaya ini sebaiknya kamu memilih syal berbahan satin lembut dan tidak terlalu tebal. Hal ini bertujuan supaya syal tidak menggembung saat dimasukkan ke dalam pakaian kamu dan kamu juga tetap merasa nyaman memakai syal model ini.

Sponsors Link

  1. Emirates Airlines

EmiratesModel syal pramugari yang digunakan oleh maskapai Emirates Airlines mungkin merupakan model yang paling berbeda dibandingkan model-model sebelumnya. Alih-alih dikenakan di leher, para pramugari maskapai Emirates Airlines memakai syal di kepala hingga bahu. Syal dililit sedemikian rupa bersama topi yang dipakai, kemudian dibiarkan menjuntai dan menggantung di bahu. (Baca juga: Cara Memakai Scarf di Kepala)

Model syal seperti ini tapak sangat anggun dan elegan dipakai oleh para pramugari. Selain itu, model syal yang menutup kepala hingga bahu terlihat sangat sopan dan manis. Sayangnya, model syal seperti ini mungkin tidak akan cocok untuk kita coba pakai untuk kegiatan sehari-hari.

  1. Saudia Airlines

SaudiaTidak jauh berbeda dengan model syal yang dipakai oleh pramugari Emirates Airlines, model syal pramugari yang dipakai di Saudia Airlines juga menutup sebagian kepala. Hal yang membedakan dengan model syal Emirates adalah model syal di Saudia Airlines menutup kedua sisi kepada sehingga terlihat lebih tertutup dibandingkan model syal di Emirates yang hanya menutup salah satu sisi kepala saja. (Baca juga: Dasi untuk Wanita Berhijab)

Model syal pramugari yang satu ini cenderung lebih tertutup dan lebih sopan, namun tetap elegan. Dipadukan dengan blazer berwarna senada, para pramugari tampil cantic dan sopan selama melayani penumpang.

  1. Turkish Airlines

Turkish AirlinesTurkish Airlines lebih mengikuti model syal konvensional yang mengikat leher para pramugarinya. Namun, syal diikat hingga menyerupai dasi kupu-kupu atau dasi pita di leher. Maka, alih-alih mengikat langsung di leher, Turkish Airlines memberlakukan model syal yang terikat di bawah kerah pakaian seragam. (Baca juga: Cara Mengikat Syal menjadi Dasi)

Model syal ini sangat manis dan sangat bisa kamu tiru, bahkan untuk pergi ke kantor. Kamu hanya perlu mengambil sehelai syal panjang yang tidak terlalu tebal. Letakkan syal tersebut di bawah kerah pakaian dan ikat membentuk pita di leher. Kamu bisa memadukan model syal ini dengan blazer atau rompi untuk memperoleh gaya formal yang tetap feminin. (Baca juga: Tips Tampil Modis dengan Dasi Kupu-Kupu)

  1. Thai Airways

Thai AirwaysTidak kalah unik dengan model syal yang dipakai oleh pramugari Emirates dan Saudia, pramugari maskapai Thai Airways juga memiliki gaya unik dalam memakai syal. Mungkin syal di sini bisa lebih tepat disebut sebagai selendang karena bentuk dan bahan yang digunakan sepertinya tidak seperti syal pada umumnya.

Alih-alih memakai syal di leher, Thai Airways justru memberlakukan pemakaian syal di dada seperti layaknya memakai selempang. Cara memakai syal ini terkesan tradisional, yang mungkin merupakan tema seragam yang ingin diangkat oleh Thai Airways. Meski mungkin agak sulit untuk kita contoh di kehidupan sehari-hari, para pramugari Thai Airways tampak cantik dan percaya diri dalam balutan seragamnya tersebut.

  1. Asiana Airlines

Asiana AirlinesUntuk model syal pramugari yang satu ini, sekilas mungkin tidak terlihat jauh berbeda dengan model-model syal yang telah dibahas sebelumnya. Namun, jika kita perhatikan dengan seksama, ternyata ada cukup perbedaan model yang dipakai oleh pramugari maskapai penerbangan Asiana. Perbedaannya terletak pada cara melipat dan mengikat syal tersebut di leher.

Para pramugari maskapai Asiana Airlines melipat syal dengan tidak terlalu kecil dan tidak terlalu banyak lipatan. Lalu, mereka mengikatnya tidak terlalu erat dan sangat rapi hingga kain syal bisa menjuntai lembut di salah satu bahu mereka. Cara ini bisa kamu tiru untuk menciptakan kesan simple dan elegan dalam balutan pakaian kerja kamu.

Kini kamu tinggal menyesuaikan model syal yang tepat dengan kepribadian yang kamu miliki. Bagaimanapun, gaya berpakaian haruslah sesuai dengan kepribadianmu hingga kamu akan tampil lebih percaya diri.

Baca juga:

Nah, dari banyaknya model-model syal pramugari yang dibahas di atas, apakah kamu telah mendapatkan inspirasi model syal mana yang paling sesuai dengan gaya kamu? Jika ya, jangan menunda-nunda lagi, ya! Lekas siapkan syal kesukaanmu dan coba model syal yang kamu suka. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 14th, November 2017 / 14:58 Oleh :
Kategori : Panduan