Sponsors Link

Warna Dasi Menunjukkan Karakter Pemakainya

Sponsors Link

Pepatah lama mengatakan “don’t judge books by its cover”, yang berarti jangan menilai buku hanya dari sampulnya. Hal ini juga bisa berlaku pada manusia, jangan menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya. Sikap, perbuatan dan kebaikan hati seseorang lah yang seharusnya menjadi tolak ukur penilaian kualitas diri seseorang.

ads

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan luar adalah satu hal yang pertama kali terlihat oleh orang lain dan meninggalkan kesan tersendiri. Maka, bagaimanapun juga cara kita berpakaian dan berpenampilan bisa menjadi langkah awal untuk membuat seseorang lebih tertarik untuk mengenal kita lebih lanjut. Bukan berarti penampilan harus dilengkapi dengan pakaian dan aksesoris mahal atau bermerek, tapi pemilihan item yang sesuai dengan karakter lah yang akan lebih berkesan bagi orang lain.

Memilih pakaian beserta aksesorisnya memang memerlukan keahlian khusus yang harus kita semua pelajari. Menyesuaikan apa yang kita pakai dengan karakter kita menjadi kunci utama agar penampilan kita terlihat baik. Dengan memakai pakaian yang sesuai dengan karakter, akan membuat kita merasa nyaman dan lebih percaya diri sehingga secara tidak langsung juga akan mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan orang lain. Tentu hal ini akan membuat kesan yang kita timbulkan terhadap penilaian orang lain tentang kita menjadi lebih baik. Salah satu aksesoris pakaian yang wajib kita sesuaikan dengan karakter adalah dasi.

Meskipun kecil, dasi akan bisa memberi makna yang penting atas penampilanmu, lho! Bagi sebagian pria, mungkin dasi hanya dianggap sebagai selembar kain yang diikat di leher dan tidak bermakna apa-apa. Namun, sebagian pria yang lain yang lebih memahami dunia fashion, menganggap dasi bisa memberi dampak besar kepada penampilanmu secara keseluruhan. Oleh karena itu, memilih warnanya pun tidak boleh sembarangan. Percaya atau tidak, warna ataupun motif dasi yang kamu pakai bisa membuat orang lain bosan, atau sebaliknya, lebih tertarik dengan dirimu. Maka, pastikan kamu memilih dasi yang tepat untuk menunjang penampilanmu. Hal ini tentu untuk bisa meninggalkan kesan yang baik pada orang lain. Bingung bagaimana caranya? Yuk, simak terus pembahasan kali ini!

Makna Warna Dasi sesuai Karakter Pemakainya

Apakah kamu masih berpikir bahwa warna dasi yang kamu pakai tidak berarti apa-apa? Masihkah kamu memilih warna dasi hanya berdasarkan warna kemeja yang kamu pakai pada hari itu? Jika hal inilah yang masih kamu lakukan, kamu wajib memikirkan kembali anggapanmu selama ini. Ternyata, warna dasi yang kamu pakai akan sangat berpengaruh pada kesan orang lain terhadapmu. Warna dasi bisa menunjukkan karaktermu yang memakai dasi tersebut.

Tidak hanya menunjukkan karaktermu, warna dasi juga bisa membantumu menyampaikan pesan tertentu kepada orang yang berinteraksi denganmu. Apakah  kamu adalah seorang politisi yang akan melakukan kampanye pada massa pendukung, ataukah kamu adalah pengusaha yang akan bertemu dengan klien, setiap audien akan menentukan dasi warna apa yang sebaiknya digunakan. Maka, memilih warna dasi yang tepat akan sangat membantumu menyampaikan pesan tersirat kepada mereka.

Secara garis besar, pembagian warna dasi bisa dibagi menjadi dua, yaitu warna pastel dan warna bold yang menyala. Dasi yang berwarna pastel atau muda, seperti warna merah muda atau hijau muda sering dianggap sebagai warna dengan karakter hangat dan bersahabat. Biasanya warna-warna ini sering dipakai pada musim semi atau musim panas di negara-negara yang memiliki empat musim. Sementara itu, gradasi warna yang bold akan menegaskan semangat atau mood seseorang yang sedang baik. Biasanya dasi berwarna bold dipakai bersama kemeja yang berwarna lebih muda.

Menurut David Zyla, seorang penulis tentang gaya hidup, menyampaikan bahwa warna mengeluarkan sinyal atau kode yang sangat spesifik, yang berarti mengubah warna dasi juga bisa berarti mengubah pesan yang akan disampaikan. Untuk itu, berikut ini akan dibahas beberapa makna warna dasi yang bisa kamu pelajari:

  1. Dasi berwarna merah menunjukkan kekuatan

Apakah kamu sering mengamati para politisi di televisi yang sering mengenakan dasi berwarna merah? Hal ini mungkin bukan sekedar kebetulan belaka. Menurut Mark Woodman, seorang analis trend yang berdomisili di Maryland, Amerika Serikat, warna merah pada dasi menunjukkan arti kekuasaan. Jika dasi berwarna merah dipadukan dengan pakaian berwarna gelap, maka dasi merah ini akan menegaskan bahwa pemakainya memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi.

Meski sering kita lihat bahwa paduan dasi warna merah tidak hanya dengan warna gelap, dasi warna merah rupanya tetap bisa menggambarkan pemakainya yang penuh kekuatan dan gairah. Misalnya saja dasi merah yang dipadukan dengan kemeja warna putih. Warna merah yang mencolok akan tetap terlihat tegas.

Maka, jika kamu adalah seorang pengusaha atau pemimpin proyek yang sangat penting, maka dasi berwarna merah ini akan sangat cocok digunakan untuk menegaskan ambisi yang kamu miliki. Akan lebih baik jika warna merah yang digunakan adalah merah mengkilap dan berbahan tebal sehingga karakter ambisius kamu bisa lebih terpancar.

  1. Warna pink pada dasi menunjukkan solidaritas perempuan

Tidak berhenti pada dasi berwarna merah di atas, menurut Mark Woodman dasi berwarna pink atau merah muda akan menunjukkan karakter pria yang peduli pada wanita. Seorang pria yang memakai dasi berwarna pink akan terlihat lebih care pada kepentingan wanita.

Meski jarang digunakan, kamu bisa, lho, sekali-sekali memakai dasi berwarna pink ini. Kamu bisa memadukannya dengan kemeja hitam, yang memang netral dan bisa dipadukan dengan warna apapun, ataupun dengan kemeja putih atau abu-abu untuk kesan yang lebih bersih dan cerah.

  1. Dasi berwarna ungu untuk bekerja

Menurut Eve Roth Lindsay, seorang konsultan yang bedomisili di Hongkong, makna dari warna ungu adalah kesetiaan dan kekayaan. Maka, warna ini akan sangat cocok untuk dipakai bekerja sehari-hari. Dengan memakai warna ini, seorang pekerja akan terlihat loyal pada perusahaan dan bersungguh-sungguh dalam bekerja.

Banyak pengusaha dan para eksekutif di perusahaan memilih dasi berwarna ungu saat pertemuan bisnis. Hal ini dikarenakan dasi berwarna ungu ini bisa memberi kesan bersahabat dan tetap percaya diri.

  1. Dasi hitam yang misterius

Seorang penulis asal New York yang juga merupakan pemerhati style warna, David Zyla, menyebutkan bahwa dasi hitam pada waktu tertentu perlu untuk dipilih saat menghadiri cocktail party atau acara-acara makan kelas atas. Menurutnya, warna hitam pada dasi bisa memberi getaran atau kesan tersendiri. Namun, ada kalanya juga dasi berwarna hitam dihindari karena pada beberapa situasi dasi berwarna hitam dianggap identik dengan kesombongan atau rasa terlalu percaya diri. (Baca juga: Dasi Hitam Identik dengan Duka Cita)

Sponsors Link

  1. Warna abu-abu yang elegan

Dasi berwarna abu-abu juga merupakan dasi yang paling sering menjadi pilihan para pria. Menurut Mark Woodman, dasi berwarna abu-abu akan memperkuat kesan elegan, sophisticated, dan modern pada seseorang. Maka, jika kamu ingin tampil keren dan tampak kekinian, dasi berwarna abu-abu bisa menjadi pilihan. Warna abu-abu yang bisa dipilih pun beragam, dari warna abu-abu doff yang gelap, hingga warna abu-abu muda metalik yang sedikit mengkilap. (Baca juga: Cara Memadukan Dasi dengan Kemeja Ungu)

Dasi berwarna abu-abu akan sangat cocok jika dipadukan dengan kemeja berwarna hitam ataupun ungu. Meski begitu, tidak menutp kemungkinan lain untuk kamu memadukan dasi berwarna abu-abu ini dengan kemeja warna lainnya.

  1. Hijau yang berarti kerja keras

Dasi berwarna hijau ternyata memiliki arti yang positif. Meskipun warna ini cukup jarang dipilih untuk digunakan sebagai dasi, ternyata memakai dasi berwarna hijau di tempat kerja akan memberi kesan kerja keras dan kesungguhan dalam bekerja.

Berbeda dengan warna dasi lainnya, dasi berwarna hijau mungkin tidak terlalu mudah untuk dipadukan dengan kemeja. Mungkin karena alasan inilah kita cukup jarang menemukan pria yang menjadikan dasi berwarna hijau sebagai favoritnya. Namun, jika kamu ingin memakai dasi berwarna hijau, kamu bisa memilih dasi berwarna hijau pucat untuk dipadukan dengan kemeja berwarna netral.

  1. Dasi berwarna kuning untuk menunjukkan keyakinan

Kuning merupakan salah satu warna primer yang sangat cerah dan mencolok. Warna ini sering disimbolisasikan dengan warna matahari yang cerah dan hangat. Selain itu, warna kuning merupakan warna yang sering menjadi warna dasi tradisional di banyak negara, salah satunya adalah Inggris. Warna ini merupakan symbol keyakinan.

Warna kuning yang cerah seperti warna matahari ini akan membuatmu lebih mudah mendekati rekan kerja. Dasi warna kuning juga menunjukkan pemakainya merupakan seseorang yang optimis dan memiliki pandangan yang positif pada kehidupan. Hal ini akan membuat orang lain merasa nyaman dan welcome dengan keberadaanmu yang menggunakan dasi warna kuning.

  1. Dasi biru yang menenangkan

Dasi berarna biru akan selalu bisa menjadi pilihan saat kamu bingung harus memilih dasi warna apa. Warna biru yang merepresentasikan warna langit ini akan bisa memberi efek menenangkan dan sangat aman untuk dipakai di saat apapun. Dasi berwarna biru akan memberi kesan profesional yang klasik dan bisa dipakai di tempat kerja tanpa khawatir terlihat aneh atau salah. Maka, dasi warna biru akan membuatmu tampil keren dan tetap netral dengan tidak memberi pesan-pesan tertentu pada orang di sekitarmu.

Memilih Warna Dasi sesuai Acara dan Mood

Setelah kamu mengetahui warna-warna dasi ternyata bisa menciptakan karakter tertentu pada penampilanmu, maka kamu harus mulai lebih hati-hati dalam memilih warna dasi yang cocok. Warna dasi pria memang akan menunjukkan mood seseorang yang memakainya. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara memilih dasi disesuaikan dengan acara dan mood yang sedang kamu rasakan:

  • Warna yang menunjukkan semangat – kamu bisa memilih dasi berwarna merah untuk menunjukkan kamu sedang bersemangat dan dalam mood yang baik.
  • Mood serius – kamu bisa memilih dasi berwarna biru untuk menegaskan bahwa kamu sedang serius dan bersungguh-sungguh dalam menyampaikan pesan yang kamu bawa. Biasanya, warna dasi biru ini akan sangat cocok digunakan saat kamu akan melakukan presentasi bisnis.
  • Menunjukkan kemewahan – dasi warna hitam dan putih akan cocok untuk hal ini. Kamu bisa memakai dasi hitam atau putih saat akan menghadiri acara-acara resmi yang sifatnya mewah. Misalnya acara makan malam di ballroom, pesta pernikahan atau acara-acara penting lainnya.

Untuk pemilihan motif sendiri disebutkan bahwa motif bergaris akan menjadi motif yang paling aman dalam kesempatan apapun. Meski motif garis ini termasuk dalam motif yang klasik dan mainstream, namun gaya apapun akan tetap cocok dengan dasi bermotif garis ini. Kamu bisa memadukan dasi bermotif garis dengan aneka jenis kemeja, baik kemeja polos maupun kemeja bermotif. Asalkan, kemeja bermotif yang kamu pilih tidak terlalu mencolok. (Baca juga: Mengkombinasikan Warna Jas, Kemeja dan Dasi)

Sementara itu, selain memilih motif yang cocok, kamu juga perlu menentukan bahan dari dasi itu sendiri. Bahan dasi juga akan berpengaruh pada kesan yang kamu timbulkan pada penampilanmu. Misalnya, ketika kamu akan menghadiri acara penting yang menuntutmu tampil elegan, dasi berbahan satin mungkin akan menjadi pilihan yang tepat. Efek mengkilap yang ditimbulkan oleh bahan satin akan sangat elegan tanpa terlihat berlebihan. Selain itu, dasi berbahan sutera yang halus juga merupakan pilihan yang tepat untuk memaksimalkan penampilan formal kamu sebagai pebisnis.

Sponsors Link

Tips Lain saat Memilih Dasi

Selain dengan memilih warna dasi di atas, ada juga tips-tips lain yang perlu kamu ketahui saat memilih dasi. Seringkali orang-orang meremehkan pentingnya memilih dasi yang tepat. Padahal, bagus atau tidaknya dasi yang kamu pilih benar-benar akan memberi pengaruh besar pada penampilanmu. Yuk, kita simak apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih dasi.

  • Dasi Polos atau Bermotif

Biasanya, seseorang akan memilih dasi polos untuk menjaga zona amannya saat memakai dasi. Padahal tidak selamanya kamu bisa memakai dasi polos. Ada juga saat dimana kamu harus berani untuk memilih dasi yang bermotif.

Jika kamu masih ragu untuk memakai dasi bermotif dan bingung motif apa yang paling aman untuk digunakan, dasi bermotif garis dengan warna cerah selalu bisa menjadi pilihan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dasi bermotif garis akan cocok untuk dikenakan bersama gaya apapun di saat apapun.

Bagi kamu yang lebih berani, mungkin bisa mencoba dasi bermotif kotak-kotak, polkadot, bahkan bunga! Meski dasi bermotif bunga akan tampak kurang formal, kamu bisa mencoba dasi bermotif bunga kecil-kecil dengan warna yang soft atau tidak terlalu terang. (Baca juga: Arti dari Motif dan Corak Dasi Unik)

  • Dasi Segitiga atau Kupu-kupu

Dasi segitiga mungkin merupakan bentuk dasi yang paling wajar dan umum digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Namun, ada kalanya kamu bisa mencoba menggunakan dasi kupu-kupu atau bow tie. Misalnya saat ke acara-acara formal seperti pesta makan malam ataupun pernikahan.

Dasi kupu-kupu, meski termasuk gaya yang klasik, cukup mudah untuk dipadupadankan, biasanya padu padan yang umum dengan dasi kupu-kupu adalah dengan tuksedo. Untuk acara malam hari, kamu bisa menggunakan dasi kupu-kupu berwarna hitam. Sementara itu, untuk acara siang hari dasi kupu-kupu berwarna putih atau perak akan sangat cocok digunakan. (Baca juga: Tips Tampil Modis dengan Dasi Kupu-Kupu)

Warna Pastel atau Bold

Untuk memilih dasi berwarna pastel atau bold, sebenarnya tergantung selera masing-masing orang. Selain itu, kamu juga bisa menentukannya sesuai kemeja dan acara yang kamu hadiri. Namun, satu hal yang harus menjadi prinsip adalah hindari warna dasi yang bertabrakan dengan warna kemeja. Kamu bisa memilih warna dasi dengan gradasi yang lebih cerah atau lebih gelap daripada warna kemeja yang kamu pakai. Pastikan warna dasi yang kamu pilih serasi dengan warna kemejanya. (Baca juga: Warna Dasi yang Cocok untuk Kemeja Biru Tua)

Sesuaikan dengan Warna Kulit

Selain mempertimbangkan acara dan warna kemeja yang menjadi padanannya, memilih warna dasi juga harus kamu sesuaikan dengan warna kulitmu. Jika kamu memiliki warna kulit yang gelap, maka kamu bisa memilih dasi yang berwarna ringan atau pastel. Contohnya, kamu bisa memilih dasi berwarna kuning muda, biru muda ataupun hijau muda.

Namun, jika kamu memiliki warna kulit putih atau cenderung pucat, kamu bisa memilih dasi yang berwarna lebih gelap.

Dengan mengikuti panduan memilih dasi sesuai dengan warna kulit di atas, kamu bisa membuat dasi yang kamu pakai tampak menonjol dan membuat penampilanmu terlihat maksimal. Kamu akan bisa menciptakan kontras warna antara dasi dengan warna kulitmu. Warna dasi yang gelap akan menonjolkan warna kulitmu dan warna dasinya pun akan tampak menonjol. Sebaliknya, warna dasi yang soft akan membuat penampilanmu tampak lebih cerah, terlepas dari warna kulitmu yang cenderung gelap.

Nah, apakah sekarang kamu sudah mendapat ide dasi seperti apa yang akan melengkapi karaktermu? Pastikan kamu bisa memilih dasi yang tepat, ya, agar karaktermu lebih menonjol dan kuat sehingga akan meninggalkan kesan yang positif pada orang-orang di sekitarmu. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 18th, July 2017 / 15:31 Oleh :
Kategori : Info Dasi