Sponsors Link

12 Warna Dasi yang Cocok untuk Kemeja Biru Tua

Sponsors Link

Bagi pria, kemeja merupakan salah satu must have item yang bisa menjadi senjata untuk acara apapun. Kemeja bisa kamu gunakan ke kantor, hang out, hingga kencan dengan kekasih. Maka, tidak heran jika para pria pasti memiliki banyak koleksi kemeja di lemarinya.

ads

Kemeja berwarna biru merupakan kemeja yang wajib dimiliki oleh para pria. Kemeja berwarna biru akan memberi kesan berwibawa dan profesional kepada pemakainya. Berdasarkan psikologi warna, warna biru berarti kesetiaan, ketenangan, sensitif dan bisa diandalkan. Oleh karena itu, seorang pria yang memakai kemeja warna biru akan membawa kesan positif dan terpercaya. Maka, tidak heran bahwa banyak pria yang memilih kemeja warna biru di hari-hari penting, seperti saat wawancara, presentasi bisnis, dan lain-lain.

Seperti kemeja warna putih, kemeja biru pun merupakan kemeja yang mudah dipadupadankan dengan aneka warna dan corak dasi. Bahkan, kemeja biru memiliki keunggulan dibandingkan kemeja putih. Jika kemeja kutih cenderung mudah terlihat kotor, tidak demikian halnya dengan kemeja biru. Kemeja biru lebih tahan terhadap noda sehingga bisa lebih tahan lama.

Sebenarnya, jika kita bicara kemeja berwarna biru, ada banyak jenis atau tingkatan warna biru. Mulai dari biru muda, biru tua hingga biru navy yang lebih gelap. Lalu, apakah kamu bingung harus memilih warna biru yang seperti apa untuk mendukung penampilanmu? Maka, sebelumnya kita akan membahas tingkatan warna biru dan bagaimana memilih kemeja biru yang tepat.

  1. Biru muda pucat

Warna biru pertama yang akan dibahas adalah warna biru pucat hingga hampir terlihat putih atau abu-abu. Warna kemeja ini sangat netral dan mudah dipadu-padankan dengan aneka warna dan corak dasi. Kamu pun tidak perlu terlihat terlalu gelap atau terlalu pucat saat memakai kemeja warna ini. Warna biru muda pucat ini cukup netral dipakai oleh semua jenis warna kulit.

  1. Biru muda pastel

Untuk warna biru satu ini, tingkatannya satu tingkat lebih ‘gelap’ dibandingkan warna biru pucat sebelumnya. Warna biru muda pastel ini masih cukup matching untuk dikenakan kamu yang berkulit agak gelap. Padu padan dasinya pun cukup mudah, karena warna biru pastel masih cukup netral dipasangkan dengan warna-warni dasi maupun motif yang beraneka ragam.

  1. Biru tua

Kemeja berwarna biru tua termasuk warna kemeja yang cukup berani dan solid. Warna biru tua ini memang tidak terlalu gelap, tapi akan kurang cocok untuk dikenakan oleh kamu yang berkulit gelap. Warna biru yang tua akan membuat kulitmu semakin terlihat gelap dan itu bukan merupakan hal yang bagus buatmu. Padu padan dasinya pun cukup mudah, meski tidak semudah perpaduan untuk kemeja berwarna biru muda ataupun pastel.

  1. Biru navy

Warna yang paling gelap dari warna biru adalah warna biru navy. Warna biru navy ini termasuk biru tua, dengan komposisi warna yang lebih gelap. Kemeja berwarna biru gelap ini masih cukup cocok untuk dikenakan oleh kamu berkulit gelap. Walaupun begitu, kamu disarankan memilih kemeja yang bermotif untuk membuatnya lebih hidup. Sementara itu, untuk pilihan dasi yang cocok dipasangkan dengan kemeja berwarna biru navy sedikit terbatas dan tidak sebanyak pilihan dasi untuk warna biru muda.

Jika kamu sudah memilih kemeja berwarna biru seperti apa yang cocok untuk warna kulitmu, maka kini saatnya memilih warna dasi apa yang cocok untuk kemeja biru yang kamu pilih. Untuk bisa memilih warna apa yang akan cocok dengan kemeja warna biru yang kamu pilih, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu komposisi warna yang semuanya berasal dari warna dasar biru, merah dan kuning.

Memilih Warna dengan Color Wheel

Color wheelSebenarnya, semua warna berasal dari tiga warna dasar saja, yaitu biru, merah dan kuning. Warna-warna tersebut akan menciptakan warna lainnya jika dicampur satu sama lain. Misalnya, warna hijau sebagai hasil perpaduan warna biru dan kuning. Atau warna orange sebagai perpaduan warna merah dan kuning. Warna-warna tersebut akan semakin bervariasi jika diturunkan dan dicampur terus dengan warna lainnya. Tidak hanya itu, dengan menambahkan warna hitam atau putih, aneka warna yang ada itu akan menciptakan gradasi warna sendiri-sendiri. Semuanya tergantung seberapa banyak komposisi warna hitam atau putih yang ditambahkan.

Warna biru, sebagai salah satu warna dasar akan menciptakan warna lainnya jika dicampur dengan warna dasar lain atau dicampur warna hitam dan putih. Begitu pula dengan warna merah dan kuning yang juga bisa diturunkan menjadi aneka warna lainnya. Dengan mengenali warna dasar dan turunannya ini, kita akan bisa lebih memahami warna apa yang akan cocok satu sama lainnya.

Untuk mempermudahnya, kita bisa mempelajari color wheel atau lingkaran warna. Warna-warna yang digunakan pada pakaian berasal dari lingkaran warna ini dengan tambahan tint atau putih untuk membuatnya lebih muda, atau hue atau warna hitam untuk membuatnya lebih gelap. Dengan mengenal color wheel ini, kita bisa tahu warna apa yang akan enak dipasangkan dengan warna lainnya.

Penggunaan color wheel ini sangat luas, mulai dari memilih dekorasi rumah, mendesain warna dan model pakaian, hingga yang paling simple adalah memilih warna aksesoris untuk pakaian yang dipakai. Bagi pria, color wheel ini akan sangat membantu salam menentukan warna dasi yang cocok dengan kemeja. Dalam hal ini, jika kamu memilih kemeja berwarna biru tua, color wheel akan membantu untuk mencari warna dasi yang cocok untuk kemeja biru tua.

Dengan mempelajari color wheel, kita bisa memadupadankan warna dengan lebih mudah. Berikut ini beberapa cara memilih warna dasi yang cocok untuk kemeja biru tua menggunakan color wheel:

Sponsors Link

  1. Tema Monokrom untuk bermain aman

monokromWarna monokrom berarti kamu bermain dengan warna yang sama dan hanya bereksperimen dengan gradasi yang berbeda. Jika dilihat di color wheel, kamu hanya akan menggunakan satu warna dan memainkan hues, tints maupun shades untuk menciptakan warna yang bergradasi. Jika kamu ingin memakai tema monokrom ini pada kemejamu yang berwarna biru tua, maka ada beberapa pilihan warna dasi yang cocok seperti berikut:

  • Warna biru pucat – warna ini hamper keabu-abuan atau terkadang bisa disebut sebagai warna icy blue. Warnanya yang pucat akan sangat menonjol di atas kemeja biru tua yang kamu pakai. Akan lebih baik jika kamu memilih bahan dasi yang sedikit mengkilap untuk semakin menonjolkan warnanya yang pucat. Kemeja warna biru navy juga akan sangat cocok dengan dasi warna ini.
  • Biru muda – warna ini juga akan masuk dengan mudah dengan kemeja biru tuamu. Karena warna biru muda polos akan terlalu plain dan membuat tampilanmu sedikit membosankan, kamu bisa bermain dengan motif. Dasi biru muda kotak-kotak yang bergaris putih, misalnya, akan membuat penampilanmu makin aksi.
  • Biru gelap atau navy – warna ini akan cukup cocok dipasangkan dengan kemeja berwarna biru tua elektrik. Akan lebih sempurna jika dasi biru navy yang kamu pilih memiliki motif berwarna cerah yang akan membuat penampilanmu makin menawan.

Dengan memilih warna-warna dasi seperti di atas, dasi yang kamu kenakan akan tampak hidup di atas kemeja biru tua yang kamu pakai. Sebagai catatan, jangan pilih dasi berwarna biru navy jika kamu memakai kemeja berwarna biru navy juga karena dasinya hanya akan ‘tenggelam’ di atas kemejamu.

  1. Warna analog untuk eksperimen yang lebih berani

analogTema selanjutnya adalah warna analog. Mengkombinasikan dengan warna analog berarti kamu memadukan kemeja berwarna biru tua yang kamu pakai dengan warna lain yang berada di sebelahnya.

Untuk mendapatkan tema analog ini dengan kemeja biru tua yang kamu pakai, kamu bisa memilih perpaduan warna dasi seperti berikut:

  • Dasi berwarna biru-ungu – perpaduan ini akan sedikit terlihat lembut, namun akan sangat harmonis untuk kamu pakai.
  • Dasi berwarna biru kehijauan – warna ini adalah warna diantara biru dan hijau sehingga akan cocok untuk kamu kenakan bersama dasi biru tua yang kamu pakai.

Perlu kamu ketahui, ternyata dengan memadukan warna-warna analog, penampilanmu akan terlihat harmonis. Dengan gaya penampilan ini, biasanya pemakainya akan merasa tentram dan nyaman dari efek match yang ditimbulkannya.

  1. Warna komplementer juga oke untuk tampil maksimal

komplementerApakah kamu sudah siap dengan perpaduan yang lebih menantang? Nah, jika ya, maka warna komplementer ini mungkin akan cocok buat kamu! Warna komplementer adalah perpaduan warna yang berseberangan dengan warna yang kamu pilih. Warna ini akan sangat kontras, namun akan menimbulkan kesan berenergi dan semangat.

Berdasarkan color wheel, kamu bisa memilih warna komplementer dengan memilih warna yang berada di seberangnya. Jika kamu ingin memilih dasi yang memiliki warna komplementer dengan kemeja biru tua yang kamu pilih, maka kamu bisa menggunakan pilihan warna dasi seperti berikut ini:

  • Dasi berwarna orange – perpaduan warna ini tentu akan sangat menantang. Kamu wajib untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi jika ingin memilih warna ini. Namun, dasi berwarna orange akan tampak sangat cocok dan menonjol di atas kemejamu yang berwarna biru tua.
  • Dasi berwarna merah bata – warna merah bata juga akan cocok untuk kamu pasangkan dengan kemejamu yang berwarna biru tua. Warna dasi merah bata akan bisa menjadi highlight untuk penampilanmu sehingga kamu akan tampil menonjol dan menarik.

Sebagai tambahan, saat kamu ingin mengenakan warna dasi yang komplementer dengan warna kemejamu, akan lebih baik jika dasi tersebut memiliki sedikit motif yang simple. Motif atau corak pada dasi tersebut akan sedikit mengurangi kekontrasan warna yang ekstrim sehingga penampilanmu bisa tampak lebih seimbang.

  1. Coba juga warna triadic agar tampil unik

triadicPilihan warna selanjutnya jika didasarkan pada teori warna color wheel, adalah warna triadic. Warna triadic adalah paduan warna yang didapat dengan membuat segitiga sama sisi di lingkaran warna. Warna-warna tersebut tidak bersebelahan atau berurutan, namun memiliki jarak yang sama satu sama lain.

Salah satu perpaduan warna triadic yang popular adalah kombinasi warna biru, kuning dan merah. Namun, sebagai catatan bahwa kamu tidak disarankan untuk memakai paduan tiga warna ini secara bersamaan. Jika kamu paksakan, penampilanmu hanya akan tampak berlebihan dan terlalu ‘ramai’. Maka, alih-alih memilih ketiganya, kamu bisa memilih salah satu kombinasi saja, seperti berikut:

  • Dasi warna kuning – dengan kemeja biru tuamu yang agak gelap, warna kuning akan bisa membantu membuatnya lebih cerah dan berwarna. Kamu bisa memilih dasi berwarna kuning polos maupun bermotif untuk membuatnya tampak menonjol dan menarik perhatian.
  • Dasi warna merah – ternyata tidak hanya warna merah bata yang akan cocok dengan kemeja biru tua. Warna merah tua pun akan cocok dipadankan dengan kemejamu, tapi akan lebih bagus jika dasi merah tersebut memiliki motif untuk membuatnya lebih ‘hidup’.

Warna triadic ini akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian enerjik, ceria dan percaya diri. Dengan pemilihan warna triadic ini, kamu akan bisa tampil colorful namun tetap seimbang.

Sponsors Link

  1. Warna split complementary juga bisa kamu coba

split komplementerSelanjutnya, untuk kombinasi yang lebih cerah, kamu juga bisa mencoba warna yang berada di sisi kanan dan kiri warna komplementer. Untuk kasus ini, dimana warna biru tua adalah warna yang kamu pilih, maka kamu bisa memilih warna yang berada di sebelah warna orange di seberangnya.

Kesan yang akan ditimbulkan dari perpaduan ini mungkin sama dengan warna komplementer dan triadic di atas, yaitu kesan enerjik dan ceria. Maka, untuk gaya warna ini, kamu bisa memilih dasi berwarna orange muda yang segar dan cerah. Dasi ini akan terlihat kontras dengan kemeja biru tuamu yang sedikit gelap. Kamu bisa memilih dasi orange muda yang bermotif untuk membuatnya semakin stylish.

  1. Warna split analogues

Jika sebelumnya kita telah membahas warna analog, pemilihan warna split analogues juga hampir sama. Hanya saja, kamu memberi jarak satu warna di color wheel. Jadi, jika kamu memilih warna biru, kamu akan mendapatkan warna ungu atau hijau sebagai pasangannya.

  • Dasi berwarna ungu – warna ungu juga akan cocok dengan kemeja biru tua yang kamu pakai. Untuk membuatnya tampak lebih menarik dan menonjol, pilihkan warna ungu muda alih-alih ungu tua. Warna dasi ungu tua hanya akan terlihat tenggelam di dalam warna kemeja biru tua yang juga gelap. Sedangkan warna dasi ungu muda akan terlihat kontras dan menjadi warna dasi yang cocok untuk kemeja biru tua yang kamu pakai.
  • Warna Hijau – siapa bilang dasi berwarna hijau tidak akan cocok dengan kemeja biru tua? Kamu bisa memilih dasi berwarna hijau tosca atau hijau muda yang akan tampak serasi dengan kemeja biru tua yang kamu pakai.

Warna split analogues ini cenderung cukup mudah untuk diaplikasikan pada pemilihan warna berpakaianmu, asalkan kamu pandai memilih gradasi warna yang tepat untuk menciptakan efek yang tepat.

Memilih Motif yang Tepat

Tidak hanya warna, kamu juga harus mempertimbangkan apakah harus mengenakan dasi polos ataukah dasi bermotif. Semua ini tentu saja tergantung pada motif kemeja yang kamu kenakan dan seberapa mencolok dasi yang kamu pasangkan. Agar kamu tidak salah memilih dasi, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk memilih motif dasi yang tepat.

  • Dasi polos akan sangat cocok jika warna dasi tersebut sudah cukup stand out di atas kemeja yang kamu kenakan. Tidak hanya warna, pemilihan bahan pun akan menentukan mencolok tidaknya dasi yang kamu pakai. Sebagai contoh, jika kamu memilih dasi berbahan satin warna biru pucat, maka dasi tersebut akan sedikit tampak mengkilap dan akan lebih elegan jika kamu memilih yang tanpa motif.
  • Dasi bermotif untuk warna yang plain, misalnya kamu memilih dasi berwarna ungu muda atau merah untuk kemeja biru tua yang kamu pakai. Warna yang dipilih memang cukup kontras, namun akan tampak plain di atas warna biru tua yang lebih kuat. Untuk itu, kamu disarankan untuk memilih dasi yang memiliki motif simple.
  • Usahakan untuk tidak mengenakan lebih dari tiga warna dalam satu penampilan. Jika kamu memaksakan untuk memilih lebih dari tiga warna, kamu hanya akan tampak terlalu norak dan terlalu berlebihan. Sebagai contoh, kamu memilih memakai dasi berwarna merah dengan motif warna hijau dan putih di atasnya. Memang dasimu akan tampak kontras, namun bukan dalam artian yang baik. Terkadang, yang minimalis lebih terlihat maksimal.

Perlu kamu ketahui bahwa teori warna menggunakan color wheel seperti di atas bisa kamu aplikasikan untuk warna apapun dan jenis pakaian apapun. Jika kamu memilih kemeja berwarna lain, kamu cukup melihat kembali color wheel di atas untuk menemukan perpaduan yang paling tepat dan menunjukkan kepribadianmu. Satu hal yang terpenting adalah kepercayaan diri dan karaktermu merupakan kunci utama untuk tampil menarik. Selamat mencoba, ya!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, May 2017 / 14:17 Oleh :
Kategori : Panduan